Keuangan

Ayo Gunakan Kartu Kredit Dengan Tepat

Kepemilikan kartu kredit memang menjadi dilema tersendiri bagi masing-masing orang. Kartu kredit menjadi salah satu alat pembayaran yang praktis dan simpel sehingga banyak orang ingin memilikinya. Namun untuk menghindari hal-hal buruk seperti ketidakmampuan membayar tagihan hingga terjerat hutang, sebaiknya Anda menggunakan kartu kredit dengan tepat dan bijak.

kartu-kredit

Nah berikut ini adalah beberapa waktu yang tepat untuk menggunakan kartu kredit agar Anda terbebas dari berbagai masalah :

Sebagai Pembayaran Darurat

Bagi Anda yang ingin mengambil langkah aman dalam menggunakan kartu kredit sebaiknya gunakan kartu kredit sebagai pembayaran darurat. Misalkan saat tiba-tiba ada anggota keluarga yang sakit dan butuh untuk membayar tagihan rumah sakit maka Anda dapat menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayarannya. Hindarilah untuk membeli produk yang tidak diperlukan dengan kartu kredit. Saat tersedia uang tunai yang cukup pun jangan terlalu bernafsu untuk menghabiskannya dengan berbelanja hal-hal yang kurang diperlukan. Hal ini penting karena meskipun si kartu ajaib bisa menjadi penyelamat namun disisi lain kartu kredit bisa mendorong Anda masuk ke jerat hutang.

Manfaatkan Fasilitas Cicilan

Beberapa barang kebutuhan manusia seperti gadget, furniture hingga produk elektronik dijual dengan harga yang tidak murah. Demi memenuhi kebutuhan akan produk-produk tersebut, banyak orang yang memilih jalan kredit. Namun sayangnya, pilihan untuk kredit ini berimbas pada cicilan yang tinggi karena termasuk bunga. Bagi Anda yang memiliki kartu kredit bisa sedikit lebih tenang karena cukup banyak kartu kredit yang memberikan penawaran cicilan 0% dengan jangka waktu 3, 6, 12 atau bahkan 24 bulan. Tentunya tidak ada tambahan bunga cicilan membuat beban Anda lebih ringan bukan?

Manfaatkan Promo dan Diskon

Salah satu keuntungan memiliki kartu kredit adalah adanya banyak promo dan diskon menarik bagi pengguna. Anda bisa mendapatkan potongan harga saat berbelanja di berbagai merchant yang sudah  mengantongi kerja sama dengan provider kartu kredit yang Anda miliki. Ada banyak real store mulai dari departemen store, klinik kecantikan, salon dan spa, hingga penyedia hiburan yang menjalin kerja sama dengan provider kartu kredit. Namun sayangnya cukup banyak orang yang menggunakan kartu kredit secara berlebihan hanya karena ingin mengejar promo atau diskon yang tersedia. Jadi pastikan untuk menggunakan kartu kredit secara bijak ya..

Transaksi Belanja Online

Saat ini belanja online sudah menjadi tren di kalangan masyarakat. kemudahan berbelanja secara online tidak hanya terletak pada pembelian produk atau efisiensi waktu saja. Namun juga adanya pilihan pembayaran menggunakan kartu kredit yang pastinya memmudahkan para konsumen dalam berbelanja. Beberapa toko online akan memberikan promo, diskon hingga penawaran program cicilan 0% untuk pengguna kartu kredit tertentu. Hal ini tentu membuat banyak pengguna kartu kredit lebih memilih untuk berbelanja online dibandingkan belanja secara konvensional. Namun Anda juga harus menyadari bahwa di dunia maya banyak sekali penipuan yang terjadi. Oleh karena itu pastikan bahwa toko online yang Anda pilih terpercaya dan memiliki sistem pembayaran yang aman.

Pembelian Tiket Pesawat

Bagi Anda yang hobi traveling atau sering bepergian untuk bisnis bisa memanfaatkan kartu kredit sebagai alat pembayaran. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda peroleh dari kartu kredit saat membeli tiket pesawat. Beberapa maskapai memberikan reward berupa poin yang dapat ditukar saat membeli tiket penerbangan di lain hari. Reward lain yang biasa diberikan adalah peningkatan jumlah miles saat bertransaksi menggunakan kartu kredit tertentu. Kabar baiknya miles ini dapat ditukarkan dengan diskon atau tiket gratis ke seluruh dunia. Selain itu bagi pemegang kartu kredit tertentu bisa mengakses airport lounge secara bebas, diskon harga hotel hingga mendapat kuota bagasi tambahan.

Ayo manfaatkan kartu kredit Anda dengan tepat!!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: