Keuangan

Selalu Terbersit Berhutang? Terapkan 5 Cara Ini untuk Menghindarinya

cara-hindari-hutang

cara hindari hutang/https://siwalimanews.com/

Hutang memang merupakan hal yang sebiasa mungkin untuk dihindari. Pasalnya hutang adalah beban yang dapat membuat kondisi finansial jadi kacau balau. Apalagi bila hutang ini Anda gunakan untuk keperluan yang tidak produktif, maka hal tersebut akan membuat beban Anda semakin besar dan akhirnya semakin memperburuk keadaan. Maka dari itu sebisa mungkin hindari berhutang. Tapi bagaimana caranya untuk bisa menghindari hutang? Terapkan saja 5 cara efektif berikut ini.

  1. Tidak Menuruti Keinginan

Cara pertama untuk bisa menghindari hutang adalah tidak selalu menuruti keinginan. Keinginan memang menjadi sumber bagaimana uang bisa keluar dalam jumlah yang banyak. Hal ini dikarenakan keinginan sifatnya tak terbatas sehingga akan selalu ada dan muncul keinginan pada diri seseorang. Menuruti keinginan memang seperti Anda mengikuti hawa nafsu yang bisa membawa Anda pada keterpurukan finansial. Maka dari itu cobalah untuk menahan diri dari segala bentuk keinginan dan hawa nafsu. Alih-alih selalu menuruti hawa nafsu, Anda harus berfokus pada kebutuhan. Kebutuhan memang sesuatu yang urgent atau sangat penting untuk dipenuhi dibanding keinginan. Dari cara ini maka bila pun nantinya ada sisa uang dari penghasilan, Anda bisa tabung. Dari sini Anda pun bisa terhindar dari hutang.

  1. Menjaga Pengeluaran Tetap Pada Batas Minimal

Bagi yang penghasilannya pas-pasan, maka Anda memang mau tak mau harus mengencangkan ikat pinggang untuk bisa menghindari hutang. Anda harus mengatur keuangan dengan sangat berhati-hati agar pengeluaran bulanan tidak melebihi jumlah penghasilan. Sebab bila pengeluaran Anda melebihi penghasilan maka Anda akan dipaksa untuk berhutang. Untuk mengatur keuangan dengan mengecilkan pengeluaran ini bisa jadi sulit dilakukan. Tapi cara ini memang menjadi sebuah pengorbanan yang mau tak mau Anda lakukan untuk bisa menghindari hutang.

  1. Teliti Sebelum Melakukan Pembelian Besar

Berikutnya, cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat menghindari hutang adalah dengan meneliti sebelum melakukan pembelian besar. Pembelian dengan jumlah atau angka besar pastinya akan menyedot keuangan. Nah dari sini maka orang-orang yang seringkali berbelanja dengan total uang yang besar akan lebih berpeluang untuk berhutang. Maka dari itu untuk menghindarinya, ahli keuangan mengatakan bahwa Anda perlu menunda atau menunggu dulu sebelum membeli barang-barang yang mahal tersebut. Tunggulah minimal 1 x 24 jam untuk membuat keputusan. Sebab, biasanya beberapa pembelian yang dilakukan seseorang ini seringkali dilandasi pada keinginan atau nafsu. Ketika kamu menunda atau menunggu pembelian ini lakukan perenungan dan tanyakan pada diri sendiri apakah barang yang akan dibeli ini benar-benar dibutuhkan? Apakah setelah membelinya keuangan Anda masih bisa stabil? Jika jawabannya tidak, lebih baik Anda urungkan niat membeli barang tersebut agar terhindar dari hutang.

  1. Prioritaskan Uang Tunai Daripada Kredit

Metode pembayaran yang Anda pakai memang bisa membuat munculnya risiko berhutang. Seperti misalnya Anda menggunakan metode pembayaran dengan kartu kredit, maka di sini Anda harus berhutang dan melunasinya di masa penagihan. Jangan lupa juga bahwa ada hal buruk lain yang harus Anda terima ketika berbelanja dengan kartu kredit yakni bunga yang tinggi. Jadi dari pada menggunakan kartu kredit para ahli finansial menyarankan untuk Anda memakai uang tunai atau cash saja. Selain bisa menghindari Anda dari hutang dan bunga tinggi, belanja dengan membawa uang tunai juga membuat Anda terhindar dari pemborosan. Caranya saat ke mall bawa saja uang secukupnya dan jangan bawa kartu kredit. Dari sini Anda akan terhindar dari pemborosan karena belanja Anda dibatasi dengan uang tunai yang Anda bawa.

  1. Hindari Gengsi dan Lihatlah Orang-orang Dibawah Anda

Terakhir, cara untuk bisa menghindari hutang adalah dengan menghindari gengsi dan melihat orang-orang dibawah kita. Gengsi memang menjadi racun dalam kehidupan yang bisa membuat siapapun terlilit hutang. Sebab dengan gengsi mereka akan selalu terpacu untuk hidup bermewah-mewahan. Orang-orang yang hidupnya selalu terpengaruh gengsi memang akan mudah terpengaruh ketika melihat orang lain memiliki barang mewah. Dari sini maka mereka pun akan berpotensi untuk berhutang guna memiliki barang mewah tersebut. Hal lain yang sering membuat orang berhutang adalah pandangan hidupnya yang selalu melihat orang-orang di atas mereka yang lebih kaya. Maka untuk bisa terhindar dari hutang, Anda harus menghilangkan gengsi dan juga mengubah pandangan untuk melihat orang-orang yang keadaannya di bawah Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: