Keuangan

Gaji Dipotong? Tenang Dulu, Hadapi dengan 5 Tips Hidup Nyaman Ini

tips-hadapi-pemotongan-gaji

pemotongan gaji/https://www.thebalancecareers.com/

Dalam perjalanan waktu saat bekerja, bukan tidak mungkin kita kemudian mengalami pemotongan gaji. Pemotongan gaji ini tentu ada penyebabnya, entah itu karena omset perusahaan yang sedang merosot atau karena kesalahan pekerja itu sendiri. Jika pemotongan gaji ini benar-benar terjadi, maka akan menjadi serba sulit untuk pekerja ketika menjalani kehidupannya. Tapi Anda tak perlu terlalu risau, sebab ada beberapa kiat atau tips yang bisa dilakukan untuk tetap hidup nyaman meski gaji dipotong.

  1. Membuat Daftar Prioritas Pengeluaran

Tips pertama yang harus Anda lakukan ketika mengalami pemotongan gaji adalah membuat daftar prioritas pengeluaran. Karena penghasilanmu mengalami penurunan, maka mau tak mau Anda juga harus melakukan perubahan pada daftar pengeluaran. Alih-alih harus menuruti keinginan, Anda harus memprioritaskan pada kebutuhan pokok atau kebutuhan yang paling penting. Jadi cobalah untuk mengorbankan dulu keinginan yang ada, agar Anda tetap bisa menjalankan kehidupan ini dengan nyaman.

  1. Tetap Alokasi Dana Darurat, Tabungan atau Investasi

Meski gaji mengalami penurunan akibat pemotongan, bukan berarti lantas Anda melupakan dana darurat, tabungan atau investasi. Dana darurat, tabungan atau investasi memang harus tetap dijalankan mengingat penting untuk masa depan. Lalu bagaimana cara menyisihkan untuk dana simpanan ini? Lagi-lagi kamu harus rela berkorban dengan mengalokasikan pengeluaran yang tidak penting untuk keperluan dana simpanan. Walau bisa jadi Anda sekarang harus bersusah-susah dulu, tapi nantinya Anda akan menikmati hasil dari dana simpanan ini dengan hati yang gembira.

  1. Lakukan Aktivitas Menyenangkan di Rumah

Berikutnya, tips hidup nyaman meski gaji dipotong adalah dengan melakukan aktivitas menyenangkan di rumah. Gaji yang menurun memang bukan alasan untuk kita tidak bisa bahagia. Sebab, dengan apa yang kita lakukan, kebahagiaan atau kesenangan, bisa kita peroleh walau tanpa kemewahan, seperti berlibur ke luar kota. Jadikan saja rumah sebagai tempat Anda mendapatkan kebahagiaan tersebut. Cara mendapatkan kesenangan dan kebahagiaan di rumah ini bisa dilakukan dengan banyak jalan seperti nonton film favorit, masak masakan kesukaan, bernyanyi, bercanda ria dengan anak dan pasangan, dan lain sebagainya. Dari cara tersebut maka kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk bisa mendapatkan kesenangan dan kebahagiaan.

  1. Kerja Sampingan atau Bisnis Sampingan

Jika memang Anda sangat membutuhkan uang lebih, maka kamu bisa melakukannya dengan cara mencari kerja atau bisnis sampingan. Dengan cara ini maka kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan sehingga bisa menutup gaji yang mengalami pemotongan. Untungnya di era teknologi seperti sekarang ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa didapatkan seperti menjadi freelancer atau dengan jualan online. Dengan keahlian yang kamu miliki, uang bisa kamu dapatkan secara online melalui beberapa cara yang telah disebutkan tadi.

  1. Belanja Barang Murah, Tapi Berkualitas

Terakhir, tips hidup nyaman meski mengalami pemotongn gaji adalah dengan belanja barang murah tapi berkualitas. Tidak semua kepuasan harus didapatkan dari barang-barang mewah. Pasalnya jika Anda lebih cerdik, kamu juga bisa mendapatkan barang berkualitas namun dengan harga murah. Salah satu contohnya adalah Anda membeli barang bekas atau barang KW. Dengan munculnya tren barang preloved atau thrift, membuat peluangmu mendapatkan barang murah dan berkualitas semakin terbuka lebar.

Demikianlah tips mengenai cara hidup tetap nyaman meski mengalami pemotongan gaji. Dari sini maka ketika kita menghadapi situasi sulit seperti pemotongan gaji, kita tidak boleh panik berlebihan. Sebab pasti ada jalan keluar dan solusi bagi Anda yang mau berusaha.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top