Keuangan

Cara Menghemat Uang Biar Tetap Kaya

Cara Menghemat Uang Biar Tetap Kaya – Jika ditanya bagaimana seseorang agar bisa kaya, mungkin kebanyakan jawabannya adalaha mencari uang sebanyak-banyaknya dan menabung. Ya, menabung merupakan salah satu cara yang dikatakan cukup ampuh untuk menangani keinginan berhemat. Kita memiliki mindset jika kita dapat menabung setiap bulan maka uang yang kita miliki akan menggunung. Namun sebenarnya itu hanyalah analisis fatamorgana yang tidak dapat kita percayai sertaus persen keberhasilannya.

Selain tabungan kita juga perlu memprediksi berapa pengeluaran yang kita lakukan setiap bulannya. Kita tidak dapat mengusahakan untuk langsung menabungkan seluruh uang yang kita hasilkan tanpa terlebih dahulu memperhitungkan berapa jumlah kebutuhan yang perlu dibayar. Hal yang perlu diwaspadai adalah ketika kita memutuskan untuk mengambil uang yang telah kita tabung untuk memenuhi kebutuhan. Karena kita bisa saja keterusan dan tidak sadar uang ditabungan telah terkuras. Tabungan tidak boleh disentuh! Jadi urutan yang benar adalah lebih baik anda memenuhi kebutuhan diri terlebih dahulu kemudian sisanya ditabung.

Jika kita memenuhi kebutuhan diri terlebih dahulu apakah tidak takut uang tersebut akan habis tanpa menyisakan untuk ditabung? Disinilah gunanya kita harus melakukan pembukuan pribadi terhadap pendapatan dan pengeluaran yang kita lakukan tiap periodenya.

Menabung bukan satu-satunya cara untuk dapat berhemat. Selain menabung itu perlu, kita juga perlu melihat beberapa tips dibawah ini agar uang yang baru kita hasilkan ketika gajian tidak hanya numpang lewat saja.

# Pemenuhan kebutuhan pokok – Seperti yang dikatakan sebelumny bahwa urutan yang benar adalah terlebih dahulu kita harus memenuhi kebutuhan pokok baru sisanya ditabung. Kebutuhan pokok ini seperti membayar air, listrik dan kebutuhan pokok pangan. Jika tidak didahulukan maka uang yang kita miliki akan habis tanpa bisa memenuhi kebutuhan pokok tersebut. Akhirnya malah akan menimbulkan hutang di belakang.

# Pemenuhan kebutuhan diri – Ketika kita bekerja tentu tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan. Namun tidak ada salahnya jika kita sesekali memanjakan diri dengan membeli barang atau melakukan hal yang kita inginkan. Tentu dengan tetap dalam batas wajar. Hal ini kan menjadi motivasi diri dalam bekerja pada periode berikutnya.

# Jangan malas bergerak – Jika dalam kehidupan sehari-hari mengharuskan kita berpergian seperti ke tempat kerja atau ke sekolah, selama jaraknya masih bisa ditempuh dengan jalan kaki maka lakukan! Uang bensin sebulan jika dikalkulasikan akan dapat digunakan untuk keperluan lain. Sesekali mengendari kendaraan tentu boleh saja, asal jangan sampai keseringan. Jika memang butuh kendaraan, sepeda merupakan salah satu alternative yang bisa dicoba. Sudah hemat, sehat pula.

# Kurangi kebutuhan tersier – Jika anda memang niat berhemat, jangan mengharapkan hal yang berlebihan. Pakaian nyaman tidak harus bermerek dengan harga jutaan, makan enak bukan harus ke barat-baratan, rumah indah tidak harus besar dan mewah, alat transportasi tidak harus ferrari, mau telefon tidak perlu banyak handphone, bahagia tidak perlu clubbing dan shopping. Dengan mengurangi biaya tersier maka biaya tersebut akan dapat dialokasikan kepada hal lainnya.

# Hindari memiliki banyak kartu kredit – Kartu kredit bisa dikatakan adalah hutang yang sedikit lebih mewah. Hidup akan jadi was-was jika kita dililit hutang. Jangan gunakan banyak kartu kredit jika anda tidak ingin terlilit banyak hutang.

# Buat target jumlah tabungan – Menabung adalah hal yang tidak bisa dibilang mudah. Jika anda sulit menabung tapi ingin melakukannya, pertama tentukan dahulu tujuan anda menabung. Ketika tujuan jelas maka kita akan memiliki motivasi yang tinggi dan dapat ‘memaksa’ diri kita untuk konsisten terhadap apa yang dilakukan. Dipaksa, terpaksa akhirnya terbiasa.

# Berbagi – Hemat bukan berarti pelit. Usahakan untuk menyedekahkan beberapa bagian uang yang dimiliki. Percayalah, Tuhan akan mengganti dengan yang lebih banyak dan lebih berkah.

Semua usaha yang kita lakukan akan berhsil ketika kita memulai dari mendisiplinkan diri. Ketika kita dapat mengontrol keinginan dibawah kebutuhan dan kemampuan maka hidup hemat yang anda inginkan akan tercapai. Selamat berhemat !

 

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: