Keuangan

Mencoba Metode Kakebo Untuk Budgeting

Menurut survey milenial merupakan generasi yang memiliki konsumsi paling tinggi dibandingkan generasi lainnya.  Saking borosnya para milenial ini dikabarkan terancam tak mampu membeli asset seperti tempat tinggal untuk masa depannya kelak.  Menabung merupakan salah satu cara untuk menjaga finansial dimasa depan. Hal ini seharusnya berlaku untuk anda yang termasuk milenial. Sayangnya dalam menyimpan uang tak jarang sulit untuk dilakukan.

Untuk itu ada beberapa metode yang bisa anda lakukan dalam menyimpan uang. Salah satunya ialah dengan menerapkan metode kakebo dari Jepang. Metode ini sangat terkenal dalam mengelola pengeluaran. Kakebo sendiri mulai dikenal oleh warga Jepang setelah diperkenalkan oleh jurnalis wanita Motoko Hani pada 1904.

Melalui jurnal berjudul Kakebo : The Japanese Art of Saving Money inilah metode ini dapat dikenal hingga kini di Jepang. Kita wajib berterima kasih kepada Fumiko Chiba yang merilis buku Kakeibo dalam bahasa inggris sehingga mampu dikenal hingga di seluruh dunia.

Ada beberapa tahap yang diberlakukan dalam metode Kakebo. Beberapa tahap tersebut diantaranya ialah sebagai berikut :

Ketahui Dahulu Pemasukan Anda

Kabarnya menerapkan metode Kakebo mampu menghemat hingga 35 %.  Metode ini dimulai dengan mengetahui berapa jumlah pemasukan yang anda miliki.  Catat semua pemasukkan anda dalam satu bulan. Dengan mencatat pemasukan yang pasti akan mampu memprediksi jumlah uang yang ingin ditabung pada bulan bersangkutan.

Catat Daftar Kebutuhan Yang Harus Dibayar

Setelah mengetahui berapa pemasukan anda lanjutkan dengan mencatat daftar kebutuhan. Catat pengeluaran apa saja yang perlu anda bayar pada bulan bersangkutan. Tulislah pengeluaran tetap termasuk tagihan listrik, telepon atau cicilan lainnya yang memang harus dibayar setiap bulan. Anda juga bisa mendistribusikan uang berdasarkan sistem amplop. Dimana amplop diberi nama sesuai kategori pengeluaran dan diisikan sesuai rincian. Uang yang terdapat dalam amplop tidak boleh diambil untuk kebutuhan lainnya.

Fokus Pada Pengeluaran Makan

Salah satu kebutuhan utama setiap orang tentu saja kebutuhan akan makan. Hal ini juga berlaku dalam metode Kakebo. Metode ini juga fokus dalam mengatur pola makanan. Kakebo membagi jenis makanan berdasarkan nutrisinya. Misalnya saja susu dan telur, buah dan sayuran, daging dan ikan hingga karbohidrat.

Dalam metode Kakebo pengeluaran terbai atas empat jenis diantaranya ialah :

  1. Survival menyangkut makanan, transportasi, sekolah, dan kesehatan
  2. Hiburan yang terdiri dari kuota internet, film, majalah, buku, jalan-jalan
  3. Ekstra meliputi perbaikan, keperluan tak terduga hingga perbaikan
  4. Opsional mencakup belanja dan makan di luar

Tentukan Uang Yang Ingin Disimpan

Selanjutnya sisa uang untuk pengeluaranmu bisa menentukan jumlah uang yang ingin anda simpan. Tentukan prosentase tabungan dari sisa uang anda dan jangan sampai salah untuk belanja ya!. Tabungan ini kedepannya bisa dijadikan simpanan untuk bisnis, investasi atau memenuhi kebutuhan mendadak saat anda tak memiliki pemasukan. Menabung tak harus selalu dengan nominal yang besar namun rutin dilakukan.

Bandingkan Dengan Pengeluaran Di Bulan Sebelumnya

Tidak lupa lakukan perbandingan setiap bulannya. Dengan membandingkan pengeluaran anda akan mudah menentukan pos mana yang ingin dihemat. Mengurangi pengeluaran dan menabung sisa uang merupakan tujuan dari metode Kakebo. Penting untuk membedakan mana yang merupakan keinginan dan mana yang termasuk dalam kebutuhan. Ingat juga untuk mencatat pengeluaran dan pemasukanmu dalam tulisan tangan. Metode Kakebo memang lebih fokus pada pencatatan harian tanpa aplikasi. Jadi bagaimana, apakah anda siap untuk menerapkan metode Kakebo ini kedepannya?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top