Keuangan

Kamu Fresh Graduate? Inilah Tips Kelola Keuangan yang Perlu Diterapkan

kelola-keuangan-fresh-graduate

kelola keuangan untuk fresh graduate/https://blog.pluang.com/

Sudah lulus dari perguruan tinggi? Apakah kamu sudah puas dan siap mengarungi kehidupan sebenarnya? Setelah lulus, kehidupan sebenarnya memang harus dihadapi oleh para fresh garduate. Bukan hanya soal mencari pekerjaan tapi kamu yang sudah lulus juga perlu mempelajari tata kelola keuangan. Kenapa harus mengelola keuangan? Sebab kamu yang sudah lulus tidak bisa lagi seenaknya lagi meminta uang pada orangtua. Nah berikut ini ada beberapa tips pengelolaan keuangan yang dapat dijalankan oleh para fresh graduate.

  1. Tetapkan Tujuan Keuangan Secepatnya

Tips pertama adalah menetapkan tujuan keuangan. Untuk bisa fokus membuat keuangan sehat, kamu memang perlu menetapkan tujuan. Tetapkan dengan cara menuliskannya pada sebuah kertas tujuanmu tersebut seperti ingin membeli rumah, laptop kerja, motor atau membelikan sesuatu untuk orangtua. Jangan lupa jelaskan secara spesifik agar bisa dicermati lebih mudah ketika membacanya. Nah dari tujuan yang telah ditetapkan inilah kamu bisa menjalankan strategi untuk mencapainya. Tujuan keuangan ini sendiri perlu kamu bagi menjadi tiga yakni tujuan jangka pendek, tujuan jangka menengah dan jangka panjang. Jangan lupa juga jelaskan secara spesifik atau mendetail jumlah uang kamu butuhkan untuk mewujudkan masing-masing dari tujuan keuangan tersebut.

  1. Buat Anggaran dan Mulailah Menabung

Setelah menetapkan tujuan, hal berikutnya yang perlu kamu lakukan yakni membuat anggaran dan mulai menabung. Penganggaran ini memang perlu dilakukan agar kamu bisa mengendalikan keuanganmu. Dalam penganggaran ini kamu juga perlu menabung dengan disiplin. Pastikan tidak ada kata “menunda” atau “malas” untuk melakukan hal ini. Sebab sebagian besar unsur keberhasilan dalam penetapan tujuan keuanganmu ini ditentukan oleh kedisiplinan kamu menabung. Jangan lupa supaya tabunganmu tidak habis,  pastikan kamu bisa mengendalikan pengeluaran untuk hal-hal yang tidak penting.

  1. Pertimbangkan Untuk Membayar Pinjaman Ketika Masih Mahasiswa

Berikutnya, tips mengelola keuangan untuk para fresh graduate adalah dengan mempertimbangkan pembayaran pinjaman sejak masih mahasiswa. Jika kamu memang harus melakukan pinjaman maka saat jadi mahasiswa akan menjadi waktu yang tepat untuk mulai membayarnya. Jangan menunda membayar nanti setelah lulus dan bekerja. Pasalnya ketika kamu menunda membayarnya beban pinjamanmu akan semakin berat karena adanya bunga yang juga harus dibayar.

  1. Tingkatkan Skor Kredit

Kamu juga perlu membangun kredit sesegera mungkin setelah lulus kuliah. Untuk itu mulai saja dengan membuka kartu kredit di bank. Nah dari sini buat catatan atau riwayat pembayaran yang baik atau positif untuk kartu kreditmu. Dari catatan atau riwayat positif inilah kamu akan mendapatkan skor kredit yang baik dan berpotensi untuk memperoleh hadiah besar. Selain itu dengan skor kerdit yang baik kamu bisa mendapatkan kepercayaan dari lembaga keuangan bila suatu saat mengajukan pinjaman. Tapi ketika memiliki kartu kredit ini kamu tetap harus bijak dalam pengeluaran.

  1. Menjadi Investor

Terakhir, tips mengelola keuangan untuk para fresh graduate adalah dengan menjadi investor. Sejak muda kamu memang perlu mulai menjalankan investasi. Sebab dengan berinvestasi kamu memiliki peluang untuk meningkatkan pendapatanmu. Bagaimana dengan risikonya? Kamu tidak perlu khawatir berlebihan karena ada banyak cara untuk meminimalisirnya.

Itulah beberapa tips untuk para fresh graduate dalam mengelola keuangannya. Dari beberapa tips di atas tentu kamu yang ingin memiki masa depan cerah perlu segera menerapkannya. Jadi pastikan saja kamu melakukan beberapa tips tadi dengan sungguh-sungguh dan konsisten.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top