Tips

Strategi Atasi Kesulitan dalam Keputusan Berkarier di Masa Pandemi

tips-karir-masa-pandemi

tips karir masa pandemi/https://economy.okezone.com/

Di masa pandemi memang banyak hal menjadi sulit dijalankan. Tidak hanya bagi pebisnis, para pencari kerja pun merasakan sulitnya mendapatkan pekerjaan. Perekonomian yang terus menurun memang membuat beberapa perusahaan mau tak mau menghentikan rekrutmen dan bahkan ada yang harus mengurangi karyawan. Dari sinilah beberapa pencari kerja, terutama fresh graduate mengalami kesulitan dalam mengambil keputusan karier.

Penyebab Sulitnya Mengambil Keputusan Karier

Menurut (Gati dan Levin, 2014), sulitnya fresh graduate mengambil keputusan karier ini dikarenakan oleh beberapa hal seperti kurangnya persiapan serta kurangnya informasi dan kesulitan dalam penggunaan informasi. Dari sinilah kemudian perlu dilakukan beberapa langkah agar problem mengenai kesulitan dalam mengambil keputusan berkarier ini bisa segera teratasi. Berikut beberapa strategi yang harus dilakukan.

  1. Eksplorasi Pilihan Karir

Strategi pertama untuk mengatasi kesulitan dalam membuat keputusan berkarir di masa pandemi yaitu dengan mengeksplorasi pilihan karir. Jadi diantara beberapa pilihan karir yang ingin kamu jalani, cobalah untuk mengeksplorasi lebih jauh. Salah satu hal penting yang perlu dieskplorasi bisa berwujud dilema karir. Dilema karir ini memang sering menjadi penghambat. Maka dari itu kamu harus bisa mendeskripsikan setiap dilema yang ada secara jelas dan mencari penyelesaiannya. Jika kamu melakukan trik ini dengan sungguh-sungguh maka akan muncul gambaran karir mana yang tepat untuk dipilih.

  1. Identifikasi Nilai dan Kepribadian

Kamu memang perlu menyesuaikan dengan jenis pekerjaan yang sesuai dengan karakteristik diri, agar bisa menemukan karir terbaik. Nah untuk itu penting sekali dilakukan identifikasi nilai dan kepribadian. Caranya, kamu bisa menggunakan beberapa instrumen tes untuk mengetahui jenis pekerjaan yang cocok dengan tipe kepribadian. Salah satu tes terbaik untuk hal ini adalah Holland’s Personality Types (RIASEC) dan The Myers-Briggs Type Indicators (MBTI). Ketika kamu menjalankan pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian maka tidak akan ada lagi keraguan dari keputusanmu terhadap karir.

  1. Identifikasi Minat dan Keterampilan yang Dimiliki

Berikutnya, strategi atasi kesulitan dalam membuat keputusan dalam berkarir di masa pandemi adalah dengan mengidentifikasi minat dan keterampilan yang dimiliki. Kamu memang akan lebih sulit mencari kerja yang tidak sesuai dengan keterampilan. Maka dari itu pastikan dulu untuk mengetahui dan memahami keterampilan yang dimiliki. Hal ini akan semakin baik bila kamu kombinasikan dengan minat dan passion. Bila kamu merasa masih kurang baik pada beberapa skill, segera update hingga benar-benar menguasainya.

  1. Kumpulkan Berbagai Informasi Mengenai Berbagai Macam Jenis Karier

Perlu diketahui bahwa saat ini ditengah pertumbuhan teknologi yang semakin pesat bermunculan beberapa jenis pekerjaan atau karir baru. Nah dari sinilah kamu harus bisa mengenali bebrapa jenis karir atau pekerjaan baru tersebut. Selain itu pahami apa-apa yang ada dalam karir atau pekerjaan itu. Sebut saja seperti persyaratan masuk, prospek, benefit dan tantangan yang ada pada pekerjaan tersebut. Dari pengetahuanmu mengenai informasi karir terbaru dan hal-hal yang ada di dalamnya, akan membuatmu lebih mudah menentukan pekerjaan terbaik untuk diambil.

  1. Tetap Fokus

Terakhir, strategi untuk mengatasi kesulitan dalam membuat keputusan berkarir adalah dengan tetap fokus. Untuk menetapkan karir yang terbaik, kamu memang membutuhkan fokus yang tepat. Agar bisa tetap fokus kamu dapat memulainya dengan menuliskan tujuan karir yang akan dijalani. Identifikasi tujuanmu tadi dengan beberapa hal seperti benefit, visualisasikan outcomes dan lainnya. Jangan lupakan juga kekuatan diri untuk menghadapi segala rintangan yang ada pada karir tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top