Lainnya

Passion Adalah Kunci Penentu Kesuksesan Karier, Benarkah?

passion-dan-karir

passion dan karir/https://irdunableworld.wordpress.com/

Banyak anggapan yang mengatakan bahwa bekerja sesuai passion akan mendukung dalam pencapaian sukses. Hal ini dikarenakan saat bekerja sesuai passion maka akan ada rasa semangat besar dan lebih untuk berusaha mencapai sukses. Tapi benarkah demikian? Sebelum membahas pengaruh passion pada kesuksesan karir, kita perlu mengetahui bahwa di lapangan tidak semua orang bisa bekerja sesuai passion. Bila pun ada orang yang bisa berkarir sesuai passion maka itu adalah sebuah keberuntungan. Menariknya mereka yang bisa bekerja sesuai passion juga tidak menjamin mereka bisa mencapai finansial yang baik.

Sukses Berasal dari Kerja Keras

Pendapat mengenai sukses di luar passion disampaikan oleh Daniel Sugiarto selaku Organization Development & Talent Management Manager Kopi Kenangan. Menurut Daniel sukses tidak datang dari passion, namun lebih dari itu karir yang sukses bisa didapatkan dengan effort atau kerja keras.

“Kayak mimpi kalau bisa kerja di tempat yang disukai, kemudian itu bisa menghasilkan finansial yang baik, tentu hal itu idaman banget, tapi dunia enggak seindah itu. Kadang ketika ikuti passion malah merugikan kita karena secara finansial enggak mendukung, bahkan bisa enggak menghasilkan uang sama sekali,” kata Daniel.

Passion Bisa Muncul Belakangan

Lebih lanjut Daniel mengatakan bahwa passion bukan sesuatu yang harus diletakkan di awal ketika memulai karir. Tapi seiring perjalanan merintis karir atau bekerja, seseorang bisa saja bertemu dengan passion. Mencari pekerjaan yang hanya mengedepankan passion ini menurut Daniel tidak bijak. Sebab prinsip yang demikian akan membuat seseorang sulit untuk mendapatkan pengalaman dan hal-hal baru untuk berkembang.

“Jadi passion itu bukan sesuatu yang selalu di rasa di awal, ‘oh saya sukanya bidang A’ atau ‘saya sukanya bidang B’, jangan seperti itu. Karena ketika suka hanya bidang A atau B saja, maka akan membatasi diri anda dengan berbagai kemungkinan yang ada di depan,” ujar Daniel.

Dari sinilah Daniel menyarankan pada seseorang, terutama yang fresh graduate untuk mengambil kesempatan karir yang terbuka meskipun pekerjaan itu terbilang sulit dan tak sesuai passion. Pastikan kamu mencobanya dulu. Dengan semangat untuk belajar terus-menerus maka kamu lama-lama akan terbiasa dan bukan tidak mungkin kamu semakin enjoy dan menemukan passion baru dari pekerjaan tersebut.

Jangan Mudah Menyerah Hingga Menjadi Ahli

Untuk mencapai sukses, seseorang memang perlu bekerja keras. Menurut Daniel ketika mencoba hal baru dalam berkarir perlu ditonjolkan usaha yang kuat. Jika kamu mau dan mampu berjuang terus dalam karir baru tersebut, lama-kelamaan kamu akan merasa enjoy hingga menjadi ahli dalam bidang pekerjaan tersebut.

“Hal yang penting adalah jangan cari passion untuk sukses di tempat kerja, tapi effort. Apapun yang kamu lakukan taruh effort disana, jangan mudah menyerah, coba terus. Sampai akhirnya enjoy bahkan menguasai bidang tersebut. Maka ketika itu, kamu bisa berpikir apakah kamu ternyata memang menyukai bidang itu? Jangan-jangan itu bisa jadi memang passion kamu,” terang Daniel.

Passion Ada Pada Banyak hal

Daniel memang punya pandangan yang berbeda mengenai passion. Menurutnya passion tidak terpaku pada satu hal saja. Namun passion yang merupakan bentuk rasa senang dari dalam diri ini bisa muncul dari banyak bidang. Maka bagi Daniel akan lebih menyenangkan memiliki banyak passion yang didapat dari beberapa pengalaman baru daripada hanya beragantung pada satu passion saja.

Lebih lanjut kembali Daniel menyatakan bahwa hal terpenting dari kesuksesan dalam karir ini sebenarnya adalah kecukupan finansial. Maka bila kamu ingin mengejar passion, maka kamu harus mencari bidang lain yang dapat lebih memperbaiki finansialmu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top