Keuangan

Gaji Sedikit? Begini Cara Menabung yang Tepat

menabung-meski-gaji-kecil

menabung meski gaji kecil/https://www.thisismoney.co.uk/

Menabung memang menjadi aktivitas yang perlu dilakukan terutama di masa krisis seperti ini. Sayangnya banyak dari para pekerja yang tidak bisa melakukan kegiatan ini dengan alasan sedikitnya gaji yang diterima. Masalah sedikitnya gaji ini memang seharusnya tidak menjadi alasan untuk kemudian tidak menabung. Pasalnya, dengan sedikit trik yang dilakukan akan membuat kegiatan menabung pun bisa dilakukan pekerja dengan gaji yang kecil. Berikut beberapa cara yang dapat diterapkan untuk menabung dengan gaji kecil sekalipun.

  1. Buatlah Tujuan

Cara pertama untuk bisa menabung meski gaji kecil adalah dengan membuat tujuan. Kamu memang perlu membuat tujuan agar bisa fokus menabung dengan sukses. Jadi tetapkan tujuan sejelas mungkin seperti misalnya ingin menabung untuk keperluan menikah, menabung untuk membeli kendaraan atau rumah impian dan lainnya. Dari tujuan yang jelas ini kamu akan termotivasi untuk menabung meski gaji yang didapat tidak terlalu besar.

  1. Menabung di Awal

Bila kamu ingin menabung tanpa ada kesan terpaka, cobalah untuk melakukannya sedari awal. Maksudnya menabung sedari awal adalah menabung ketika gaji sudah cair. Jadi ketika gaji sudah turun pastikan langsung menyisihkannya untuk tabungan. Perihal besaran nominal yang disisihkan untuk tabungan dari gaji ini adalah terserah Anda asalkan konsisten. Dengan menabung di awal gajian maka Anda akan terhindar dari penggunaan uang yang tidak perlu dan tidak penting.

  1. Buat Anggaran

Setelah menyisihkan tabungan di awal setelah gajian, selanjutnya Anda harus membuat anggaran. Pastikan ketika membuat anggaran ini tidak melebihi sisa gaji yang telah dipotong tabungan. Maka dari itu pembuatan anggaran belanja untuk kebutuhan selama sebulan ini perlu hati-hati. Pastikan Anda selalu memprioritaskan kebutuhan utama atau pokok. Jangan lupa juga untuk mencatat anggaran ini dengan rapi. Bila perlu pastikan Anda untuk membagi-bagi anggaran dengan amplop agar setiap kebutuhan utama yang diperlukan tidak tercampur dengan kebutuhan lain.

  1. Hindari Pengeluaran Tidak Penting

Dengan gaji yang kecil, Anda memang perlu berhati-hati dengan pengeluaran yang ada. Pastikan Anda tidak menggunakan uang yang tersisa dari gaji untuk keperluan yang tidak penting. Kemampuan Anda untuk menahan diri pada hal-hal atau pengeluaran yang tidak penting ini memang sangat berarti. Bila Anda mampu menahan diri maka peluangmu untuk konsisten menabung akan sukses. Sebaliknya bila kamu seringkali tidak bisa menahan diri untuk membeli apa yang diinginkan bukan tidak mungkin rencana menabungmu akan gagal.

  1. Berhemat

Untuk gaji yang minim, mau tak mau kamu memang harus berhemat. Cara berhemat ini tidak hanya untuk keperluan di luar kebutuhan pokok, tapi pastikan juga beberapa kebutuhan lain bisa kamu hemat. Mengenai caranya, kamu bisa melakukan banyak hal. Seperti misalnya untuk biaya transportasi, pastikan saja kamu naik transportasi umum agar lebih hemat. Cara lain yaitu makan di tempat makan biasa atau masak sendiri.

  1. Cari Pekerjaan Sampingan

Terakhir, cara untuk bisa menabung dengan gaji yang kecil adalah dengan mencari pekerjaan sampingan. Bila kamu orang yang tidak bisa menahan keinginan untuk membeli, maka pastikan kamu mencari pekerjaan sampingan bila tetap ingin menabung. Untuk menabung dengan mengadalkan gaji kecil dan keinginan yang tidak bisa  memang diperlukan sumber pendapatan lain. Sumber pendapatan lain ini tentu saja bisa kamu dapatkan dari pekerjaan lain. Pastikan saja kamu bisa mengatur waktu ketika akan menjalankan tips ini. Ini karena menjalankan pekerjaan tambahan di luar pekerjaan utama pasti membutuhkan waktu lebih.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top