Tips

Tips Sederhana Belanja Furniture Untuk Rumah Baru

Membeli properti seperti rumah tak hanya butuh dana yang besar. Selain nilainya yang tinggi rumah juga butuh diisi dengan berbagai furniture. Furniture ini pelengkap dari  isi rumah anda. fungsinya untuk memenuhi aktivitas sehari-hari. misalnya saja menunjang kualitas tidur, membantu anak-anak belajar dan membuat nyaman para tamu saat berkunjung ke rumah anda.  Furniture walau nilainya tak semahal rumah namun juga butuh dana yang tak sedikit.

Biar anda tak boros dan bisa membeli barang-barang yang sesuai kebutuhan ada baiknya ikuti beberapa tips dibawah ini. Belanja jadi lebih hemat dan tak menguras banyak tenaga dan waktu anda.

Catat Dulu Yang Dibutuh dan Berapa Budget Anda

Langkah paling awal dalam membeli furniture ialah mengetahui apa yang anda butuhkan. Buatlah list barang-barang yang hendak dibeli. Bila ruangan anda tak memiliki banyak tempat maka batasi pembelian furniture. Kebanyakan barang akan membuat ruangan jadi lebih sempit. Banyak furniture yang dibeli juga akan menambah budget yang dikeluarkan. Tentunya budget juga menentukan jenis barang yang hendak dibeli.

Oleh karenanya perlu dipikirkan apa yang dibutuhkan bukan yang diinginkan. Siapkan dana berlebih untuk hal-hal yang tidak diinginkan. Dana pembelian furniture juga harus terpisah dengan dana pengiriman barang. Syukur-syukur bila tokonya bisa memberikan anda penawaran ongkir gratis.

Gunakan Furniture Fungsional

Ada baiknya bila membeli furniture langsung di tokonya. Membeli online memang praktis namun bila anda kurang memahami masalah mebel maka ada baiknya beli ke tokonya langsung. Belilah furniture yang memiliki banyak fungsi. Hal ini bisa membuat anda mengemat membeli barang tambahan dan tidak memakan tempat. Misalnya saja ranjang yang juga memiliki laci dibagian bawah kasur.  Kini banyak pula furniture portable yang bisa dibongkar pasang sesuka hati. Bila tidak anda gunakan bisa anda lipat dan sisihkan sementara waktu.

Pilih Warna Netral

Selanjutnya pilih warna netral untuk furniture anda. warna netral mudah menyatu dengan warna dinding rumah.  Apalagi furniture besar seperti sofa, lemari maupun meja rias. Furniture jenis ini bila anda bosan bisa dijual kembali dan warna biasanya jadi daya tarik pembeli. Furniture dengan warna netral akan lebih mudah terjual ketimbang warna yang terlalu mencolok.

Ingat Kualitas Jangan Hanya Asal Murah

Kualitas barang memang selalu menjadi utama. Membeli barang berkualitas akan menunjang keawetan dari barang itu sendiri. begitu pula dengan furniture bilamana memakai bahan yang bagus tentu tak akan mudah rusak. Anda juga bisa menghemat biaya perawatan di masa depan. Sayang produk berkualitas biasanya memiliki harga  jual yang tinggi pula. Oleh karena itu ada baiknya anda rajin mencari promo.

Manfaatkan bazar atau pameran furniture yang digelar di lingkungan anda.   Biasanya ada dua jenis bahan yang digunakan dalam furniture. Bahan pertama ialah kayu solid yang terjamin kualitas namun harga tinggi seperti kayu jati. Bahan kedua ialah medium density fireboard yang lumayan murah dan bisa dibongkar pasang.

Mencoba Barang Bekas Tak Ada Salahnya

Anda juga bisa loh belanja barang-barang bekas untuk kebutuhan perabotan rumah anda. bila anda cukup teliti maka barang bekas berkualitaspun bisa dengan mudah ditemukan. Barang bekas walau bukan barang baru namun ada pula  yang dijual dalam keadaan masih layak pakai sekali.  Tak sedikit orang menjual barang bekas karena tak mau repot saat pindah rumah. Ada pula yang menjualnya karena jarang digunakan atau sudah bosan saja.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top