StartUp dan UKM

Cara Paling Sederhana Mengamankan Data Perusahaan

Tak hanya rumah yang perlu perlindungan, nyatanya data perusahaan juga harus anda jaga. Asset paling berharga dalam perusahaan sebenarnya ialah data dari perusahaan itu sendiri. Data perusahaan bisa anda gunakan untuk menjatuhkan reputasi drai perusahaan itu sendiri. Melalui data perusahaan anda bisa mengetahui laba yang sebenarnya didapatkan dan asset apa saja yang dimiliki. Tentunya setiap perusahaan ingin menjaga informasi atau data perusahaanya terjaga dan tidak bocor ke pihak yang tidak berkepentingan.  Untuk itu ada cara sederhana untuk mengamankan data perusahaan melalui cara-cara berikut ini :

Jangan Buka Email Asing

Tahukah anda bahwa sistem keamanan computer yang anda miliki bisa saja diretas melalui email. Para hacker ini biasa mengirim email kepada targetnya dengan subyek yang menarik. Ketika anda membuka email tak dikenal tersebut secara otomatis proses peretasan dimulai. Untuk itu hindari membuka email dengan subject promo atau undian berhadiah yang dari pengirimnya saja bukan corporasi atau anda kenal.

Batasi Akses Data

Cara yang kedua ialah gunakan password pada data anda. Pembatasan akses data ini akan meningkatkan keamanan dan selektif dalam penggunaan data. Jangan lupa untuk menggunakan password yang memiliki karakter unik. Password yang unik terdiri dari huruf besar dan kecil, angka hingga simbol tertentu. Hindarkan kayawan anda untuk memasang hardware dan software pribadi serta terapkan firewall. Firewall mampu memblokir situs jahat yang tak senagaja anda akses.

Pakai Anti Virus

Hacker juga suka meretas sisten dengan menggunakan virus malware. Beberapa waktu lalu juga booming virus ransomware yang telah berhasil membobol sistem keamanan perusahaan besar baik dalam negeri maupun luar negeri. Gunakan anti virus yang juga telah terupdate sehingga bisa mencegah masuknya virus jahat ke sistem computer anda.

Jangan Asal Akses Data Perusahaan Dimanapun

Di era serba canggih seperti ini kebanyakan perusahaan menggunakan sistem informasi berbasis internet. Anda memang mendapatkan keleluasaan dalam mengakses data perusahaan dimanapun dan kapanpun. Sayang cara ini juga sering dimanfaatkan hacker untuk meretas sistem informasi perusahaan anda. jangan gunakan perangkat pribadi untuk mengakses data perusahaan.

Otak Atik Sedikit Untuk  menyelidiki Adanya Malware

Untuk mendeteksi adanya malware pada computer anda caranya sangat mudah. Anda bisa mengecek windows system configuration. Apakah didalamnya terdapat grabit1.exe atau tidak dan apabila ada maka computer anda dipastikan terkena serangan malware. Untuk mengatasinya bisa dnegan menjalankan msconfig.

Awas Phisisng

Kini juga marak adanya phisisng atau pencurian identitas  dengan menipu anda sebagai situs kepercayaan yang anda miliki. Biasanya mereka menggunakan domain yang cukup familiar sehingga mengarahkan orang lain untuk mengisi data mereka sendiri yang nantinya disalah gunakan. Untuk itu penting bagi anda untuk mencermati lebih hati-hati nama domain yang hendak dituju.

Jangan Lupa Buat Back Up

Segala resiko teknologi mungkin saja terjadi tanpa timbul adanya gejala. Anda bisa membuat back up data yang mungkin saja membantu anda di masa deoan. Selain membuat back up anda juga perlu  menggunakan cloud.  Keunggulan dari cloud computing ialah suatu teknologi yang biasa dipakai untuk pengelolaan data dan aplikasi via internet.

Selain beberapa trik diatas anda juga bisa merekrut  tenaga IT untuk memaksimalkan sistem computer yang dimiliki. Jangan lupa untuk mengenkripsikan seluruh informasi perusahaan agar keamananya terjaga. Setelah membaca ualsan diatas apakah anda sudah bisa menerapkannya pada perusahaan yang dimiliki?  Semoga berhasil ya menerapkannya dan jangan sampai anda teledor sampai bocor ke pihak yang tak bertanggung jawab.     

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top