StartUp dan UKM

Dear Pebisnis Pemula, Ingin Sukses Diusia Muda? Wajib Simak Kisah Sukses Reza Nurhilman Sang Presiden Maicih

Maicih menjadi salah satu snack yang cukup digilai pecinta kuliner pedas. Maicih merupakan snack keripik singkong pedas dengan level – level tertentu. Kemasannya berwarna merah dengan logo wanita paruh baya sebagai identitasnya. Snack yang diproduksi oleh PT Maicih Inti Sinergi ini diklaim merupakan perusahaan keripik singkong pedas terbesar se-Indonesia. Kantor pusatnya berada di Bandung, Jawa Barat dan perusahaan ini mulai berdiri sejak Juni 2010 silam. Kesuksesan maicih saat ini tentu tampur tangan pendirinya yakni Reza Nurhilman.

Lebih Dekat Dengan Reza Nurhilman

Tak kenal maka tak sayang, dari ide bisnis Reza Nurhilman maicih kini semakin disayang oleh masyarakat Indonesia dan sering dijadikan pilihan oleh – oleh khas Bandung. Anda tentu penasaran siapa sih sosok Reza Nurhilman ini? Reza merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara yang kerap dipanggil dengan nama Axl. Nama Axl sendiri merupakan julukan yang disematkan padanya dari singkatan Axel Rose sang vokalis Gun N Rose. Axl memang suka sekali dengan music rock dan sempat bergaul dengan pecinta atau komunitas music Rock. Pria kelahiran 29 September 1987 ini juga pernah terjerumus ke hal – hal negative karena orang tuanya yang bercerai ketika ia masih belia dulu. Untungnya selepas lulus dari SMAN 2 Bandung ia mulai merintis usaha dan membuatnya sibuk  bergelut dengan bisnis. Pada tahun 2005-2009 ia pun berjualan pupuk sebelum menemukan Maicih dan tak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Berkat Seorang Nenek

Suatu hari Axl bersama temannya sedang mengunjungi Cimahi dan kebetulan mencicipi keripik lada hitam buatan seorang nenek. Tak disangka keripik lada hitam ini memiliki rasa yang lezat dan Axl langsung menanyakan resep keripik tersebut. berbekal modal 15 juta ia pun mulai memproduksi maicih pada bulan Juni 2010. Ia juga bekerja sama dengan produsen keripik pedas di Cimahi kala itu. Awalnya ia hanya memproduksi 50 bungkus per hari yang ditawarkan oleh dirinya sendiri. saat itu level maicih hanya 1-5 dan dipromosikan melalui jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Axl pun mengemas dan mengantarkannya sendiri ke pelanggan.

Lambat laun orderanpun merangkak naik yang semula hanya 50 bungkus semakin bertambah menjadi 2000 bungkus per hari dan menambahkan level yang semula hanya 1-5 menjadi level 1-10. Merasa peminatnya semakin tinggi maka Axl pun mulai memasarkannya dengan cara reseller. Untuk menjadi reseller maicih juga perlu melewati proses yang cukup ketat lo agar target penjualan yang ditentukannya dapat terpenuhi. Para resellernyapun dijulukinya dengan sebutan “ jenderal”.

Strategi  Unik Ala Maicih

Selain menggunakan reseller ternyata maicih juga memiliki satu strategi lagi untuk mendekatkan diri dengan konsumennya. Axl menggunakan nama – nama unit terkait produk Maicihnya ini misalnya saja untuk sebutan para penggemar keripik pedas ia memakai julukan Ichiers. Ketika berkomunikasi di jejaring sosial istilah cucu akan digunakan untuk pelanggan dan kata emak dipakai untuk istilah pembuat keripik maicih. Tak hanya itu saja untuk manajemen perusahaan Axl juga memakai istilah republic maicih.  Kini omset maicih bisa mencapai angka 7 miliar  rupiah per bulan dan tak hanya dijajakan di kantin kampus atau mobil-mobil dipinggir jalan maupun event saja namun juga supermarket di seluruh Indonesia. Axl juga membagi kisah suksesnya melalui buku yang ia tulis berjudul revolusi pedas sang presiden maicih. Reza atau Axl membuktikan bahwa kesuksesan bisa diraih oleh siapa saja tanpa mengindahkan umur mereka asal anda bisa menangkap peluang yang ada didepan mata anda, setuju?

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top