Lainnya

Ingin Bangun Jaringan Bisnis yang Baik? Hindari 5 Kesalahan Ini

kesalahan_bangun_jaringan_bisnis

Dalam bisnis, jaringan atau relasi memang sangat penting untuk dimiliki dan dikembangkan. Dengan adanya jaringan atau relasi bisnis, para pengusaha akan lebih dimudahkan untuk menjalankan dan mengembangkan usahanya. Semakin banyak relasi atau jaringan bisnis yang dimiliki oleh seorang entrepreneur maka akan semakin besar peluang mereka untuk menjadikan bisnisnya sukses. Namun untuk bisa memiliki jaringan bisnis yang baik, seorang pengusaha harus berusaha membangunnya. Dalam usaha membangun jaringan bisnis ini sendiri tak jarang ada pengusaha yang melakukan kesalahan. Tentunya kesalahan dalam membangun jaringan bisnis ini dapat menyebabkan performa bisnis jadi menurun. Nah, berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam membangun jaringan bisnis yang wajib dihindari para pengusaha.

  1. Bertahan dengan Kepribadian Introvert

Kesalahan pertama dalam membangun jaringan bisnis yang wajib dihindari para pengusaha adalah terlalu nyaman berkepribadian introvert. Meski dengan alasan sudah menjadi karakternya, sebagai pebisnis Anda tidak boleh membiarkan kepribadian introvert ini terus menghinggapi Anda. Untuk membangun jaringan bisnis yang kuat, Anda memang tidak bisa melakukannya dengan kepribadian introvert. Ini karena introvert merupakan kepribadian yang tertutup dan sulit berinteraksi dengan orang lain. Dari sini maka bagaimana bisa Anda mengandalkan karakter introvert untuk membangun jaringan bisnis? Maka dari itu untuk bisa membangun jaringan bisnis yang kuat, Anda harus keluar dari karakter introvert Anda. Meskipun mungkin sulit diawal, tapi dengan perlahan jika Anda bersungguh-sungguh, Anda akan bisa menghilangkan sifat introvert Anda dan siap untuk membangun jaringan bisnis yang kuat.

  1. Kurang Aktif Berdiskusi

Sebagai orang yang ingin mempunyai banyak rekanan bisnis maka Anda akan sangat sulit jika kurang bersuara. Kurang bersuara bukan berarti Anda harus terus cerewet setiap saat. Tapi di sini Anda yang mau membangun jaringan bisnis haruslah aktif dalam setiap ada diskusi. Alih-alih menghindar, ketika ada diskusi, Anda harus aktif terlibat dan berbicara untuk urun pendapat atau juga mendengarkan pendapat orang lain. Dengan aktif berdiskusi dan menjadi pengengar yang baik ini orang lain juga akan respect pada Anda dan akan mudah untuk Anda jadikan mitra atau rekanan bisnis. Jadi untuk bisa membangun jaringan bisnis yang baik maka Anda harus menghindari kesalahan dimana Anda kurang aktif dalam diskusi.

  1. Mempertahankan Sifat Minder

Untuk bisa bergaul dengan banyak orang, Anda memang harus menghilangkan sifat minder. Sifat minder yang identik dengan karakter yang tidak percaya diri ini memang bisa membuat siapa pun, termasuk para pebisnisakan sulit mendapatkan partner atau mitra usaha. Untuk bisa menghilangkan sifat minder ini, Anda bisa memulainya dengan membentuk keyakinan dalam bawah sadar bahwa Anda adalah orang yang bernilai dan bermanfaat. Setelah itu cari kelebihan yang Anda miliki yang layak dibanggakan. Dari sinilah maka akan muncul kepercayaan diri dan mulai bisa bergaul dengan banyak orang untuk membangun jaringan bisnis.

  1. Motivasi yang Salah Kaprah

Selanjutnya, betuk kesalahan yang harus Anda hindari ketika sedang membangun jaringan bisnis yaitu memiliki motivasi yang salah. Meski tujuan akhir Anda dalam membangun jaringan bisnis ini untuk menumbuhkan usaha, tapi Anda tidak boleh egois. Sebab bila Anda egois dengan hanya berfokus pada tujuan tersebut, maka jaringan yang dibangun akan cepat roboh. Dalam dunia usaha, Anda sebagai pebisnis juga perlu melihat kepentingan orang lain, dalam hal ini mitra Anda. Selain hubungan kekerabatan yang kuat juga perlu Anda kedepankan untuk bisa membangun jaringan bisnis yang kuat dan tidak gampang goyah. Jadi hilangkan motivasi yang salah kaprah ketika membangun jaringan bisnis yang hanya memprioritaskan kepentingan diri sendiri.

  1. Tidak Konsisten Menjaga Komunikasi

Terakhir, kesalahan yang wajib dihindari pebisnis ketika akan membangun jaringan adalah tidak konsisten menjaga komunikasi. Supaya jaringan bisnis Anda tetap langgeng dan awet maka konsistensi komunikasi memang sangat diperlukan. Meski pada awal hubungan Anda dnegan mitra sangat baik, tapi jarangnya berkomunikasi di kemudian hari, bisa saja menyebabkan jaringan bisnis Anda jadi melemah dan ambruk. Jadi dari sini Anda yang sedang membangun jaringan bisnis yang baik dan kuat, pastikan Anda untuk selalu berkomunikasi setiap waktu dan momen yang tepat.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top