Tips

Ingin Buat Customer Puas? Terapkan 5 Unsur Penting Pelayanan Berikut Ini

pelayanan-konsumen

Untuk mencapai penjualan dalam bisnis yang sukses memang kepuasan konsumen menjadi kunci pentingnya. Apalagi bila bisnis yang Anda jalankan adalah bergerak dibidang jasa, maka kepuasan konsumen semakin menjadi hal yang paling utama dan harus diprioritaskan. Namun membuat customer selalu puas, tidak mudah untuk dilakukan. Pasalnya konsumen yang memiliki karakter tersendiri yang juga terkadang labil, menjadikan mereka bisa merasa tidak puas pada pelayanan kita meski kita sudah berusaha untuk selalu maksimal melayaninya. Untuk selalu membuat konsumen puas memang ada teknik yang harus dilakukan pengusaha. Setidaknya ada lima unsur penting yang bisa Anda  terapkan untuk bisa menjalankan pelayanan terhadap konsumen yang baik dan menciptakan kepuasan. Berikut lima unsur pelayanan yang sudah seharusnya menjadi perhatian serius bagi pengusaha yang ingin bisnisnya terus bertumbuh.

  1. Menetapkan Standarisasi Pelayanan Customer

Unsur penting pertama dalam pelayanan terhadap konsumen adalah standarisasi pelayanan. Dalam melayani konsumen memang tak boleh sembarangan Anda menjalankannya. Alih-alih dengan seenaknya melakukan pelayanan pada konsumen, Anda harus menetapkan standar untuk sebuah pelayanan. Untuk menetapkan standar pelayanan ini Anda terlebih dahulu harus membuat SOP (Standard Operating Procedures) untuk sebuah layanan pada konsumen yang baik dan benar. Setelah SOP pelayanan terbuat, Anda harus menyampaikan hal ini pada karyawan agar mereka menerapkannya saat bertemu customer. Dengan adanya standar pelayanan yang baik dan jelas maka Anda akan bisa lebih meminimalisir konsumen yang kecewa dan tidak puas.

  1. Berikan Service yang Excellence

Jangan anggap remeh pelayanan terhadap konsumen. Sebab memang dari konsumen lah nasib bisnis Anda ditentukan. Maka dari itu agar konsumen selalu setia kepada Anda maka Anda harus selalu memberikan yang terbaik pada konsumen, termasuk dalam hal pelayanan. Untuk membuat pelayanan yang terbaik pada konsumen maka Anda bisa menerapkan konsep Service Excellence pada bisnis Anda. Dengan menerapkan Service Excellence yang mengutamakan pada pelayanan maksimal pada konsumen maka Anda akan bisa meminimalisir konsumen yang tidak puas dan kecewa. Memang pelayanan yang kita berikan semaksimal mungkin tersebut tidak selalu optimal setiap waktu, tapi setidaknya ada dengan mempersembahkan yang terbaik dan maksimal akan membuat konsumen melihat kesungguhan kita.

  1. Ikuti Customer Service Trends

Tidak hanya produk yang memiliki tren setiap waktunya, tapi pelayanan atau service pada konsumen juga punya tren tersendiri. Tren pelayanan sendiri biasanya muncul dari keinginan konsumen yang diperoleh dari penyampaian keluhan secara langsung atau via kotak saran atau juga melalui survei. Nah dari tren pelayanan inilah maka Anda harus respect dan memperhatikannya. Sebab umumnya dari tren pelayanan ini konsumen akan lebih senang saat dilayani. Beberapa contoh tren pelayanan yang pernah muncul adalah pelayanan 24/7 yakni layanan customer service 24 jam dalam 7 hari. Nah Anda yang memang ingin konsumen selalu berlangganan maka tren pelayanan ini harus Anda akomodasi juga.

  1. Terapkan Happy Employees Make Happy Customers

Berikutnya, unsur penting dalam pelayanan konsumen yakni membuat customer gembira atau bahagia. Untuk membuat konsumen yang datang gembira dan bahagia maka Anda harus membuat suasana pelayanan yang menyenangkan hati. Tidak hanya berbuat yang maksimal dalam pelayanan, tapi cobalah saat melayani konsumen Anda melibatkan hati atau perasaan. Caranya cobalah untuk memberikan sapaan yang hangat dan juga senyuman yang tulus. Jangan lupa layani konsumen dnegan sikap dan perilaku yang sopan dan santun. Dari semua hal ini maka Anda bukan hanya akana membuat konsumen puas tapi juga akan membuat konsumen senang dan bahagia.

  1. Berikan Reward Program

Terakhir, unsur penting dalam melayani konsumen adalah dengan melakukan reward program. Reward program adalah program penghargaan yang diberikan pada customer yang setia berlangganan pada Anda. Jika Anda mampu mengadakan program reward program ini maka Anda akan lebih bisa membuat konsumen puas dan bahagia. Bentuk reward sendiri bisa bermacam-macam, dari pemberian hadiah, voucher belanja atau juga lainnya. Tentu untuk bisa mendapatkan reward tersebut ada beberapa syarat yang harus dipenuhi konsumen. Melakukan program penghargaan ini sendiri bukanlah sesuatu yang berlebihan jika Anda memang sangat bergantung pada kesetiaan para pelanggan. Toh pertumbuhan bisnis yang ada selama ini juga berasal dari para konsumen yang setia berlangganan pada Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top