Bisnis Online

Jualan di Shopee dan Pingin Laris Manis? Jalankan 4 Tips Ini

shopee

Sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia, keberadaan Shopee memang banyak menarik perhatian publik atau masyarakat. Tidak hanya bagi konsumen atau pembeli, tapi banyak dari pebisnis yang juga tertarik untuk menjual produknya di Shopee. Dengan banyaknya program promo yang dihadirkan Shopee memang banyak penjual yang kemudian tertarik untuk berjualan di marketplace ini. Tapi untuk bisa sukses dan membuat banyak produk laku di Shopee tentu tidak semudah dibayangkan. Adanya tingkatan reputasi toko menjadi bukti nyata bahwa menghadirkan kesuksesan di Shopee butuh waktu dan proses. Tapi Anda bisa memulainya sekarang atau hanya menunggu esok hari dan esok hari lagi dengan kegalauan dan predikat gagal. Untuk itulah berikut ini ada beberapa tips dari juara satu Shopee Campus Competition (Mutia Tri Ramadhian, Selvia Ligar Utami, dan Nabila Qisthina) yang bisa Anda terapkan untuk membuat produk laris manis di Shopee.

  1. Pajang Foto Terbaik

Pertama, tips jualan laris manis di Shopee dari pemenang pertama Shopee Campus Competition adalah memajang foto terbaik. Foto memang sangat berpengaruh pada respon dan perhatian konsumen. Bila foto Anda asal-asalan dengan resolusi yang jelek maka jangan berharap konsumen akan langsung membeli produk Anda. Konsumen yang bertahan beberapa menit saja di lapak, itu sebuah hal yang perlu disyukuri. Biasanya lapak dengan kualitas foto yang buruk sangat besar kemungkinannya untuk ditinggalkan. Meski Anda berdalih lapak Anda memajang “Real Picture”, tapi bila konsumen melihat toko lain dengan foto yang lebih bagus, mereka akan lebih memilih toko lain tersebut. Memajang foto terbaik bukan berarti Anda harus memotret dengan menggunakan kamera DSLR. Tapi dengan kamera digital atau smartphone yang beresolusi cukup, Anda sudah bisa menghadirkan foto terbaik untuk toko di Shopee. Pastikan juga pencahayaan yang baik dan background yang tepat saat membidik produk. Saat memotret, pastikan tangan tidak goyang agar tidak menghasilkan foto blur.

  1. Hadirkan Deskripsi Sejelas Mungkin

Setelah foto, Anda juga perlu membuat deskripsi yang terbaik. Deskripsi yang nantinya akan dibaca oleh calon konsumen, juga memiliki pengaruh besar untuk mereka memutuskan untuk membeli atau tidak. Agar konsumen benar-benar tertarik membeli produk Anda, cobalah untuk membuat deskripsi sejelas mungkin. Pastikan dengan deskripsi yang ada, konsumen sudah paham dan tak perlu menghubungi Anda melalui chat. Contoh deskripsi yang jelas pada produk baju adalah berapa ukurannya, di sini Anda harus menjelaskan dengan detail lebar dada, panjang baju dari masing-masing size yang bisa dipilih. Jangan lupa juga munculkan bahan baju serta warna atau motif apa saja yang tersedia untuk dibeli.

  1. Respon Konsumen dengan Cepat

Berikutnya, tips jualan di Shopee agar laris manis adalah dengan cepat merespon konsumen bila ada yang menghubungi. Shopee memang memiliki fitur chat yang memungkinkan konsumen dan penjual bisa saling berinteraksi satu sama lain. Nah dari sini tak jarang calon pembeli yang memanfaatkan fitur ini untuk bertanya atau memastikan info yang ada di deskripsi. Sayangnya dalam kenyataan, tidak semua penjual bisa merespon dengan cepat pertanyaan yang diajukan konsumen. Dari sini meski Anda sudah menghadirkan produk terbaik tapi tidak merespon konsumen, maka bukan tidak mungkin toko Anda akan ditinggalkan calon pembeli. Bila pun reputasi toko Anda sangat baik, tapi bila slow respon, calon pembeli biasanya akan berpindah dan mencari toko lainnya.

  1. Pertahankan Rating Lapak dan Toko yang Baik

Dalam bisnis online dengan marketplace sebagai medianya, memang akan dijumpai penilaian dan rating. Di Shopee sendiri penilaian atau rating sendiri dapat dilakukan oleh pembeli dan penjual. Tapi Anda yang ingin produk laris manis dan sukses berjualan di Shopee, maka Anda harus cermat dengan rating di lapak dan toko Anda. Pastikan Anda bisa mempertahankan rating lapak dan toko dengan baik. Meski Anda tidak bisa menghindari rating buruk karena bisa saja adanya oknum atau kompetitor yang bermain nakal, tapi Anda bisa meminimalisirnya. Caranya, hadirkan produk terbaik dan mintalah pembeli Anda untuk memberikan rating yang baik. Pentingnya rating bagi lapak dan toko ini bahkan membuat beberapa penjual menetapkan aturan tersendiri bahwa pembeli yang memberikan rating buruk akan diblokir sehingga tidak bisa membeli. Tentu saja aturan ini juga bisa Anda terapkan pada toko atau lapak Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top