Peluang Usaha

Ingin Jalankan Bisnis Waralaba? Pahami Dulu Untung-Ruginya

Bisnis-Waralaba

Berbisnis adalah salah satu pilihan yang saat ini banyak diminati publik. Dengan segala keuntungan yang bisa diperoleh maka bisnis memang dapat membuat Anda memiliki banyak peluang meraih sukses. Bisnis sendiri memiliki banyak macam opsi yang bisa dipilih. Salah satu opsi bisnis yang seringkali menjadi pilihan publik adalah waralaba. Waralaba atau franchise sendiri merupakan opsi berbisnis yang dianggap lebih mudah untuk dijalankan. Ini karena berbisnis waralaba bisa mengandalkan nama besar dari sebuah brand bisnis. Namun meski terlihat lebih mudah dijalankan, bisnis berkonsep waralaba juga memiliki beberapa kekurangan. Untuk itulah Anda yang ingin menjalankan bisnis waralaba, wajib memahami beberapa untung-rugi dari bisnis ini. Berikut penjelasannya.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Waralaba

  1. Manajemen Bisnis Sudah Terbangun

Keuntungan pertama menjalankan bisnis waralaba adalah tidak perlu pusing membangun manajemen bisnis. Ini dikarenakan dalam bisnis waralaba manajemen bisnis sudah terbangun dengan baik. Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa bisnis dengan konsep waralaba memang membuat Anda tinggal menerapkan sistem manajemen bisnis yang sudah ada pada brand yang Anda beli. Karena sudah ada sistem maka Anda tak perlu pusing-pusing lagi untuk membangun manajemen bisnisnya karena Anda tinggal mengikuti pedoman dan instruksi dari pewaralaba atau franchisor.

  1. Sudah Dikenal Banyak Orang

Berikutnya, keuntungan menjalankan bisnis dengan konsep waralaba atau franchise adalah punya brand usaha yang banyak dikenal publik. Karena dalam bisnis waralaba ini Anda membeli brand bisnis lain yang sudah populer maka Anda pun tak perlu lagi bingung untuk melakukan kegiatan promosi atau marketing. Sebab bila brand waralaba yang sudah populer akan membuat Anda tinggal fokus pada memberikan pelayanan yang prima untuk kepuasan konsumen.

  1. Hemat Biaya Pemasaran

Seperti dijelaskan tadi dalam bisnis berkonsep waralaba ini Anda tak perlu lagi menjalankan marketing atau pemasaran. Sebab brand bisnis yang sudah populer membuat Anda hanya perlu fokus pada hal lain seperti meningkatkan omset. Walaupun bisnis dengan brand besar masih membutuhkan pemasaran, biasanya kegiatan marketing ini akan dihandle atau diambil alih langsung oleh pihak pewaralaba atau franchisor.

  1. Dapat Dukungan dan Arahan

Ketika Anda mengambil bisnis waralaba, maka Anda tidak akan ditinggal sendirian begitu saja untuk menjalankannya. Tapi ketika Anda menjalankan bisnis ini Anda akan mendapatkan panduan, arahan serta dukungan dari pihak pewaralaba atau franchisor. Dukungan dan arahan dari pihak pewaralaba sendiri wujudnya bisa bermacam-macam dari memberikan pelatihan hingga juga menghadirkan peralatan usaha yang mumpuni dan lainnya.

Kerugian Menjalankan Bisnis Waralaba

  1. Kurang Memiliki Kendali

Mengenai kerugian dari bisnis waralaba maka kita akan dapat mengetahui beberapa hal seperti kurang memiliki kendali. Dalam praktiknya, bisnis waralaba ini memang memiliki kendali dari pihak pewaralaba atau franchisor. Meski tidak seratus persen tapi hampir setiap bisnis waralaba pastinya akan dikendalikan oleh pihak franchisor. Entah itu hanya dalam bentuk arahan atau persyaratan mengambil bisnis franchise, kendali dari pihak franchise ini pastinya akan membuat Anda memiliki keterbatasan. Jadi Anda yang terbiasa bebas mengendalikan sesuatu, maka keterbatasan berupa kendali dari pihak pewaralaba akan menciptakan kerugian tersendiri bagi Anda.

  1. Terikat dengan Pemasok

Dalam bisnis waralaba memang ada banyak aturan yang dibuat oleh pihak franchisor. Salah satu aturan yang membuat Anda jadi tidak bebas menjalankan usaha adalah adanya keterikatan dengan pemasok atau supplier. Supplier atau pemasok bahan baku memang memiliki peranan yang penting dan bisa mendatangkan keuntungan bila Anda mendapatkan yang lebih murah. Tapi karena supplier ini sudah ditentukan oleh pihak franchisor maka Anda tidak bisa berbuat apa-apa lagi dan mau tak mau harus menerimanya.

  1. Keuntungan Terpotong

Dalam bisnis berkonsep waralaba maka keuntungan yang ada memang harus dibagi dengan pihak franchisor. Biasanya bentuk pemotongan keuntungan dari bisnis waralaba ini disebut dengan royalti. Dari adanya royalti ini maka mau tak mau Anda harus bisa menghasilkan omset dan keutungan yang besar untuk bisa kembali modal atau merasakan hasil bisnisnya.

  1. Terpengaruh oleh Reputasi Mitra Franchise Lain

Terakhir, kerugian dari bisnis sistem franchise atau waralaba adalah adanya pengaruh oleh reputasi mitra franchise lain. Maksudnya adalah ketika ada mitra lain yang menjalankan bisnis tidak benar hingga memunculkan nama buruk maka usaha Anda juga akan terkena dampaknya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top