StartUp dan UKM

Ingin Mendirikan Startup? Kenali Dulu Model Bisnisnya

Anda kaum milenial atau generasi Z? jika iya pasti tahu dong dengan istilah startup. Startup merupakan istilah yang disematkan pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Startup sendiri memanfaatkan teknologi dan tidak memiliki banyak karyawan bahkan kadang juga tidak memiliki kantor. Biarpun begitu startup bisa menghasilkan uang layaknya perusahaan pada umumnya. Beberapa startup yang kini menjadi salah satu perusahaan dengan nilai valuasi yang tinggi diantaranya bukalapak, tokopedia maupun Go-jek. Startup tersebut bahkan bergelar startup unicorn yakni perusahaan yang memiliki nilai valuasi lebih dari $1 miliar. Ternyata startup juga dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan model bisnisnya. Yuk kenali dulu beberapa model startup ini sebelum anda berniat untuk mendirikannya !

Marketplace

Marketplace merupakan sebuah platform jual beli yang mempertemukan pembeli dan penjual melalui sebuah aplikasi maupun web. Marketplace yang bisa anda temukan di Indonesia seperti tokopedia, bukalapak, Airbnb ataupun Go-Jek. Keunggulan dari marketplace ini ialah dijalankan melalui sebuah aplikasi sehingga konsumen bisa memesan layanan kapanpun dan dimanapun. Selain itu banyak sekali seller didalamnya sehingga apapun kebutuhan yang anda cari mudah sekali ditemukan disini. Marketplace sendiri memperoleh penghasilan dari layanan iklan premium yang dipakai oleh seller.

e-Commerce

selain marketplace ada pula istilah e-commerce yang sebenarnya memiliki konsep seperti marketplace. Biarpun begitu e-commerce berbeda dengan marketplace sebab jika marketplace memberikan kesempatan bagi penjual lainnya untuk berjualan di platform mereka namun tidak untuk e-commerce. E-commerce hanya menawarkan produk yang berasal dari website mereka sendiri. salah satu contoh e-commerce ialah seperti berrybenka ataupun zalora.

Afiliasi

Model afiliasi adalah salah satu model bisnis pertalian sebagai anggota. Afiliasi memanfaatkan sosialisasi secara terarah yang dilakukan oleh individu, badan usaha dan kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan sesuai kesepakatan.pola dari afiliasi lebih mengandalkan link yang diberikan pihak tertentu untuk dibantu pemasarannya. Model bisnis ini biasanya memberlakukan sistem bayar dimuka bagi konsumen yang hendak memakai jasa dari perusahaan startup ini.

Software as A Service

Software as A Service atau SaaS ialah model bisnis yang menitikberatkan penyampaian layanan pada pelanggan. Model bisnis ini dipasarkan kepada para pengusaha karena produk yang ditawarkan merupakan perangkat lunak. Perangkat lunak yang digunakan ini biasanya berlangganan seperti layanan komputasi awan ataupun CRM. Fungsinya untuk manajemen keuangan ataupun komunikasi perusahaan.

Licensing

Ada pula startup dengan model licensing yakni berkaitan dengan paten, merek dagang maupun rahasia dagang. Salah satu contoh dari startup licencing ialah Arm Holdings. Arm holdings merupakan perusahaan multinasional dari Inggris yang berfokus pada pendanaan serta desain software perusahaan.

Cara Membangun Startup

Untuk membangun sebuah startup bisa dibilang tak membutuhkan tenaga kerja yang banyak. Tenaga kerja yang anda butuhkan merupakan individu yang benar-benar ahli dibidangnya. Sebelum memulai startup anda tentu anda  perlu memiliki prototype atau desain awal agar terarah dan  mampu mendapatkan feedback dari target pasar yang anda tuju. Selanjutnya luncurkan versi beta untuk kalangan terbatas sebelum diperkenalkan ke khalayak. Dengan adanya tahap uji coba untuk kalangan terbatas ini anda bisa memperbaiki kekurangan dari produk anda. Baru setelah itu luncurkan versi beta untuk public. Ketika versi beta ini telah menunjukkan peningkatan dan berpotensi menjadi produk yang mampu digunakan oleh banyak orang baru ajukan pendanaan. Dana ini nanti digunakan untuk memperbesar pangsa pasar dari produk anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top