StartUp dan UKM

Ingin Siap dan Sukses Merintis Usaha dari Bawah? Terapkan Tips Berikut Ini!

 

merintis-bisnis

Merintis bisnis dari bawah memang merupakan hal yang bisa Anda jalani sebagai entrepreneur pemula. Meski Anda harus mengawali dari nol dan harus berjuang dengan keras untuk mengembangkan usaha, merintis bisnis dari bawah akan membuat Anda memiliki banyak pengalaman. Dan tidak sedikit cerita yang mengkisahkan munculnya pebisnis-pebisnis dengan kesuksesan sejati dari perjuangan merintis usaha dari bawah. Dibanding meneruskan usaha dari orang lain seperti dari orang tua, pebisnis yang merintis bisnis sendiri akan mempunyai kepuasan tersendiri. Tapi sayangnya dalam merintis bisnis ini tidak semua pebisnis sukses melewatinya. Tidak jarang dari mereka yang gagal karena memang tidak mampu mengatasi segala permasalahan dan tantangan yang ada. Maka dari itu untuk siap dan sukses merintis bisnis dari bawah, pastikan Anda untuk menjalankan beberapa tips berikut ini.

  1. Siapkan Konsep Bisnis yang Menarik dan Menyelesaikan

Tips pertama untuk siap dan sukses merintis bisnis dari bawah yaitu dengan membuat konsep bisnis yang menarik. Konsep bisnis memang akan menjadi dasar utama bagaimana nasib usaha di masa mendatang. Bila Anda menyusun konsep bisnis yang menarik dan menyelesaikan maka Anda akan berada setelah jalan untuk menjadikan bisnis menjadi terus eksis. Bisnis yang menarik sendiri adalah bisnis yang mampu mendatangkan banyak konsumen atau pembeli. Sementara itu bisnis yang menyelesaikan adalah sebuah usaha yang menawarkan solusi atau jalan keluar bagi permasalahan masyarakat. Untuk menghadirkan konsep bisnis yang seperti ini memang tidak mudah. Anda butuh kecermatan dan juga pengamatan yang mumpuni agar bisa memperoleh ide bisnis dengan konsep yang dimaksudkan.

  1. Mulai Apa yang Kita Miliki, Tak Perlu Berlebihan

Setelah menemukan ide dan konsep bisnis yang mumpuni, maka Anda harus segera mengeksekusinya dengan menjalankan bisnis. Untuk menjalankan bisnis dalam tahap awal atau perintisan ini pastinya akan banyak keterbatasan yang dihadapi. Entah itu keterbatasan pada modal, sumber daya manusia atau perlengkapan usaha, pastinya Anda harus bisa tetap bisa bertahan. Bertahan di sini maksudnya adalah kita harus bisa memaksimalkan apa yang kita miliki untuk menjalankan bisnis walau dengan segala keterbatasan. Anda tak perlu memaksakan diri untuk berhutang ke sana-kemari hanya untuk bisa membuat bisnis berjalan dengan lebih bagus. Berhutang memang akan membuat Anda merana di masa depan karena Anda harus membayarnya dengan beban bunga yang ada. Jadi nikmati saja perjuangan merintis usaha yang ada meski dengan segela keterbatasan. Sebab ini adalah sebuah proses dan akan mengantarkan Anda mencapai sukses sejati.

  1. Lakukan Riset Pasar

Berikutnya, tips untuk merintis usaha dari bawah adalah melakukan riset pasar. Riset pasar merupakan sesuatu yang penting untuk Anda untuk memenangkan persaingan bisnis. Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat sekarang memang seorang pengusaha perlu menggunakan beberapa data riset pasar agar strategi pemasaran yang dijalankan berjalan efektif dan optimal. Apalagi Anda yang menjalankan bisnis rintisan maka efektivitas dana yang dikeluarkan akan sangat penting untuk diperhatikan. Nah dengan melakukan riset pasar maka Anda akan bisa membuat dana untuk marketing tidak sia-sia dan menghasilkan sesuatu yang mendukung perkembangan bisnis.

  1. Hadirkan Kreativitas Tanpa Batas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa bisnis dengan tahap rintisan dari titik bawah atau nol pastinya akan memiliki segala keterbatasan. Keterbatasan yang ada sendiri tak bisa hanya diatasi dengan ketetapan hati untuk menjalankan usaha adanya. Tapi Anda yang berada pada keadaan ini juga membutuhkan kreativitas untuk bisa mengatasi segala kendala yang muncul. Bisnis pada masa rintisan ini pastinya memang akan menghadapi banyak kendala dan tantangan. Namun dengan kreativitas yang Anda miliki bukan tidak mungkin segala permasalaha dan kendala yang didapati akan bisa teratasi.

  1. Jalankan dengan Kerja Keras dan Penuh Kesungguhan

Terakhir, tips untuk siap dan sukses merintis usaha dari bawah adalah dengan kerja keras dan sungguh-sungguh dalam menjalankannya. Bisnis yang dimulai dari bawah memang membuat pemiliknya harus benar-benar ekstra kerja keras untuk bisa mempertahankan dan membuat usahanya tetap eksis. Pasalnya dengan tingkat persaingan bisnis yang semakin ketat setiap waktunya, membuat bisnis yang dijalankan dengan asal-asalan akan digilas oleh para kompetitor dan juga oleh zaman. Dan satu hal lagi bahwa lakukan kerja keras yang sungguh-sungguh ini dengan konsisten. Sebab hanya dengan usaha yang konsisten Anda akan bisa menjadikan bisnis terus bergerak menuju sukses.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top