Bisnis Online

Inilah 5 Jenis Inbound Marketing Sebagai Strategi Digital yang Bisa Digunakan dalam Pemasaran Bisnis

Jenis-Inbound-Marketing

Pemasaran atau marketing merupakan salah satu kegiatan yang pastinya akan dilakukan setiap pebisnis untuk mensukseskan usahanya. Jenis pemasaran sendiri jenisnya ada banyak yang bisa dipilih, salah satunya adalah inbound marketing yang berbasis digital. Inbound marketing yang mengandalkan konten sebagai unsur utamanya memang dirasakan lebih efektif untuk bisa meraih target pasar. Ini karena strategi marketing ini bisa dijalankan dengan modal atau biaya yang terjangkau serta hasil yang mampu mengikat konsumen lebih lama. Untuk menjalankan inbound marketing sendiri, ada beberapa pilihan metode yang bisa Anda pilih. Berikut ulasannya.

  1. Blogging

Metode atau jenis inbound marketing pertama yang bisa Anda jalankan adalah blogging. Kegiatan mengelola blog ini memang akan membuat Anda bisa menarik banyak orang atau visitor. Tapi untuk bisa menarik banyak orang berkunjung ke blog maka Anda harus membuat konten yang berkualitas. Jenis konten yang harus Anda buat dalam blog sendiri akan didominasi oleh tulisan. Jadi cobalah untuk membuat tulisan yang original dan juga bermanfaat. Bila Anda mampu menghadirkan konten-konten yang menarik dan bermanfaat, maka bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan kunjungan yang banyak. Ketika sudah banyak visitor yang datang, tentu hal ini akan membuat Anda lebih berpeluang mendapatkan conversion serta pembelian. Tapi agar bisa membuat trafik selalu tinggi menuju blog atau website, maka Anda harus rutin memposting konten. Untuk menghadirkan blog sendiri maka Anda bisa membuat page atau halaman tersendiri pada website toko atau bisnis Anda. Setelah halaman blog dibuat maka segeralah untuk mengisinya dengan konten-konten yang menarik dan berkualitas.

  1. SEO

Jenis atau metode kedua dari inbound marketing yang bisa Anda lakukan adalah SEO (Search Engine Optimization). SEO ini memang akan banyak membantu Anda mendapatkan kunjungan pada platform bisnis yang Anda miliki. Pasalnya, SEO akan mampu menempatkan platform bisnis Anda pada urutan teratas pada pemeringkatan di search engine (mesin pencarian) seperti Google. Ketika platform bisnis Anda sudah berada di urutan teratas sebuah search engine, maka Anda akan lebih mudah untuk menarik visitor. Untuk menerapkan SEO sendiri ada beberapa langkah yang perlu dilakukan sesuai varian konten yang akan dioptimasi. Seperti bila Anda melakukan SEO pada konten artikel, maka Anda harus bisa mencantumkan beberapa keyword (kata kunci) yang tepat untuk dihadirkan pada tulisan. Tentu bukan hanya konten tulisan atau artikel saja yang bisa Anda optimasi dengan SEO. Namun konten video atau gambar juga bisa Anda optimasi dengan SEO.

  1. Landing Page

Berikutnya, jenis inbound marketing yang bisa Anda terapkan sebagai strategi pemasaran bisnis adalah landing page. Sesuai namanya, landing page merupakan sebuah halaman pendaratan pertama dalam website atau platform Anda yang akan dilihat visitor. Biasanya landing page ini berada di halaman utama atau home dari sebuah website atau platform. Nah karena merupakan halaman yang pertama kali dilihat pengunjung atau visitor, maka landing page ini memang harus dibuat sebagus mungkin. Tidak hanya dari tampilannya saja, tapi Anda juga harus membuat tulisan-tulisan yang mampu menarik visitor untuk kemudian melakukan conversion berupa pembelian atau juga subscriber. Biasanya tulisan yang dibutuhkan untuk bisa membuat visitor melakukan action berkonsep copywriting. Jangan lupa juga hadirkan kemudahan visitor nantinya ketika akan melakukan call to action pada halaman ini.

  1. Media Sosial

Media sosial saat ini memang sudah menjadi sesuatu di tengah publik yang begitu fenomenal. Dengan begitu fenomenalnya media sosial tentu akan merugikan bagi Anda bila melewatkannya. Berkaitan dengan strategi inbound marketing ini maka media sosial sudah selayaknya Anda pilih. Meski memang Anda harus meluangkan waktu untuk mengelola media sosial, tapi untuk membuat Anda lebih dekat dengan target pasar, maka metode ini akan sangat efektif dilakukan.

  1. E-mail

Terakhir, metode dan jenis inbound marketing yang bisa Anda jalankan adalah email. Meski terbilang merupakan media konvensional, namun surat elektronik ini masih tetap mendapat tempat di hati masyarakat. Untuk menjalankan metode ini Anda terlebih dahulu harus bisa mendapat data base alamat email dari target pasar Anda. Data base ini akan lebih baik lagi bila Anda dapatkan dari visitor website yang melakukan subscriber. Saat mengirimkan email ini Anda juga harus bisa memastikan tulisan-tulisan yang bermutu dan profesional.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top