Lainnya

Inilah 6 Kebiasaan yang Bisa Membuat Susah Rekan Kerja, Jangan Lakukan Ya!

terlambat-ke-kantor

Dalam dunia kerja, tidak jarang ada beberapa sikap dan kebiasaan seseorang yang kemudian membuat sebel rekan kerja lainnya. Dengan sifat dan karakter karyawan yang berbeda-beda memang bisa saja terjadi sikap saling tidak menyamankan satu sama lainnya. Sebagai pekerja yang ingin menghadirkan kenyamanan bagi rekan kerja lainnya, maka Anda harus bisa membuat kebiasaan-kebiasaan yang tidak menyusahkan orang lain. Lalu apa saja kebiasaan yang bisa membuat susah rekan kerja tersebut? Berikut informasinya.

  1. Datang Telat ke Kantor

Kebiasaan pertama yang bisa membuat susah rekan kerja adalah datang telat ke kantor. Ternyata kebiasaan datang telat ke kantor karyawan ini memang bukan hanya membuat susah HRD dan owner. Tapi rekan kerja lainnya, terutama yang satu divisi atau satu tim, juga akan mengalami kesusahan yang sama bila ada karyawan yang datang telat. Pasalnya jika seorang karyawan datang terlambat, maka pekerjaan yang seharusnya bisa dimulai lebih cepat, menjadi terlambat. Ketika pekerjaan tersebut terlambat dikerjakan, maka rekan kerja lain yang mungkin menunggu pekerjaan Anda yang terlambat akan mengalami kesusahan. Kesusahan rekan kerja yang datang tepat waktu tersebut adalah mereka tidak bisa bekerja dan harus menunggu pekerjaan Anda.

  1. Pura-pura Sakit

Pura-pura sakit juga menjadi kebiasaan yang sama menyusahkannya bagi rekan kerja. Sama seperti datang telat ke kantor, kebiasaan pura-pura sakit juga akan membuat pekerjaan terbengkalai. Bila karyawan yang pura-pura sakit ini berada dalam satu tim, maka rekan kerja lain akan kesulitan untuk menggantikannya. Dari sini pekerjaan tim pun jadi berantakan. Jika karyawan yang pura-pura sakit pun tidak bekerja dalam satu tim, pastinya pekerjaan yang ditinggalkan akan tetap menyusahkan karena rekan kerja lain harus menggantikannya.

  1. Terlalu Berisik Saat Bekerja

Berikutnya, kebiasaan yang bisa membuat susah rekan kerja lain adalah terlalu berisik saat bekerja. Bekerja memang membutuhkan konsentrasi agar hasilnya maksimal. Tapi bila ada karyawan yang berisik saat bekerja tentu hal ini akan membuat konsentrasi rekan kerja lainnya buyar dan hasilnya pun tidak maksimal. Biasanya rekan kerja yang terganggu konsentrasinya karena suara berisik dari seorang karyawan akan merasa kesal dan sebal. Dari perasaan sebal dan kesal ini sudah membuktikan bagaimana karyawan tersebut telah menyusahkan rekan kerja lainnya.

  1. Makan-makanan yang Berbau Menyengat di Meja Kerja

Membawa dan memakan makanan ke meja kerja memang tidak ada peraturan yang melarangnya. Tapi meski demikian seharusnya setiap karyawan memiliki pemahaman dan pengertian sendiri untuk tidak mengganggu karyawan lainnya saat membawa atau menikmati makanan. Biasanya makanan yang dapat mengganggu karyawan lain adalah makanan yang berbau menyengat. Makanan dengan bau menyengat memang dapat membuyarkan konsentrasi rekan kerja lainnya. Bahkan bila ada makanan dengan bau menyengat tertentu, akan ada beberapa rekan kerja lain yang tidak menyukainya. Nah dari sinilah maka Anda seharusnya lebih memperhatikan makanan yang akan dibawa ke kantor.

  1. Berkelakuan Jorok

Siapa sih yang tidak risih ketika melihat ada sesuatu yang jorok dan kotor di area sekitarnya. Sebagian besar orang, termasuk karyawan, tentu ingin bekerja di lingkungan yang bersih dan rapi. Maka bila ada karyawan yang sering berkelakuan jorok, tentu hal ini akan mengganggu sebagian besar karyawan yang ada di kantor. Kelakuan jorok yang ada dalam diri sendiri memang tidak perlu dibawa-bawa ke ruangan umum seperti kantor. Sebab bila Anda membawanya ke kantor, maka ada orang lain yang belum tentu terbiasa dengan kebiasaan jorok tersebut. Bukan hanya akan membuat susah rekan kerja, kelakuan jorok Anda bisa jadi akan menyusahkan OB (Office Boy).

  1. Berprasangka Negatif Terus-terusan

Terakhir, kebiasaan yang bisa membuat susah rekan kerja adalah berprasangka negatif terus-menerus. Prasangka negatif memang akan membuat banyak hal yang buruk, termasuk terganggunya produktivitas kerja. Ini karena dari prasangka negatif yang ada maka akan muncul perasaan gelisah dari orang yang mengalaminya. Dari perasaan gelisah ini juga maka akan banyak rekan kerja yang terganggu saat bekerja. Maka dari itu prasangka negatif sudah jelas akan membuat susah rekan kerja di kantor.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top