StartUp dan UKM

Intip 5 Alasan Kenapa Bikin Brand Gak Boleh Main – Main !

Brand bukan hanya sebuah nama bagi produk. brand ibarat kata kartu identitas bagi sebuah produk yang anda tawarkan. Bukan hanya sebuah nama namun juga mampu meningkatkan penjualan karena termasuk dalam strategi pemasaran. Brand yang unik dan mudah diingat baik dari segi verbal maupun penulisannya akan memudahkan konsumen dalam membuat keputusan. Brand juga merupakan reputasi dari barang itu sendiri. untuk itu anda diharapkan tidak main – main dalam menetapkan nama brand dari perusahaan anda. Berikut 5 alasan yang perlu anda ketahui dari pentingnya sebuah brand :

  1. Memperkuat Promosi Produk Anda

Promosi merupakan jalan untuk memperkenalkan produk anda dimuka public. Ketatnya persaingan menuntut anda untuk sekreatif mungkin dalam promosi. Brand juga ikut serta dalam strategi promosi yang anda canangkan. Kekuatan brand bisa lebih kuat dari promosi melalui TV atau radio. Tak heran bila produsen juga menempatkan brand pada kemasan produk seperti pada kemasan tas atau sepatu.

  1. Aset Perusahaan

Sebuah brand bisa mahal harganya apalagi jika sudah memiliki hak cipta sendiri. Jika anda menggunakan  nama brand tersebut tanpa izin pemiliknya bisa jadi anda akan didenda baik secara material maupun hukuman penjara. Sebuah lembaga konsultan brand dunia bernama Interband pernah melakukan riset untuk menilai brand global. Brand dengan harga jual tertinggi jatuh pada Apple yang mencapai harga hingga  1500 triliun. Oleh karenanya jangan sampai anda menyepelekan masalah branding!

  1. Membantu Konsumen Membuat Keputusan

Menurut product new survey inovasi global Nielson menyatakan bahwa 59% memutuskan untuk membeli sebuah produk didasari alasan nama brand produk itu sendiri. ini artinya branding mampu menarik perhatian konsumen untuk membeli produk anda. Membangun sebuah brand yang melekat diingatan konsumen tidak bisa dalam waktu singkat. Anda butuh waktu yang panjang dan membangun kepercayaan antara perusahaan dan konsumen anda. Untuk itu pelayanan optimal harus selalu anda kedepankan.

  1. Sebagai Pembeda dan Pembangun Persepsi

Brand juga bisa dijadikan pembeda antara brand satu dengan brand lainnya.  Melalui brand konsumen juga tak sengaja membangun sebuah persepsi dari produk anda. mereka mulai menemukan karakter dari produk dan tak jarang memberikan julukan tersendiri. Misalnya saja sebutan Seven Samurai yang diberikan kepada produsen asal Jepang yakni Honda, Toyota, Sony, Panasonic dan masih banyak lagi lainnya. Persepsi masyarakat akan produk Jepang yang dikenal memiliki kualitas yang baik dan handal juga terbentuk dari brand produk mereka itu sendiri.

  1. Brand Adalah Anda

Tak bisa dipungkiri bahwa brand adalah citra yang hendak anda bangun. Melalui brand maka reputasi perusahaan juga terbentu. Dari sekedar nama ini anda juga mampu menyampaikan nilai atau pesan yang hendak anda sampaikan ke konsumen. Selain brand juga terdapat logo yang bisa menjadi cirri khas dari produk anda.

Untuk menciptakan sebuah brand ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  1. Gunakan brand yang mudah diingat dari segi tulisan dan pelafalan.
  2. Keunikan dari nama brand itu sendiri juga penting namun makna dalam sebuah brand yang anda ciptakan jauh lebih penting
  3. Jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu apakah brand tersebut sudah ada pemiliknya atau belum
  4. Daftarkan brand anda untuk hak cipta agar tidak sembarangan orang mencatutnya untuk kepentingan individu tertentu.
  5. Tak ada salahnya mengenalkan brand produ anda dalam bentuk jingle iklan agar cepat melekat diingatan public.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: