Keuangan

Jangan Biasakan Berhutang, Karena Ada 5 Efek Buruk yang Mengintai Anda

Dalam menjalankan hidup ini kita tidak jarang dihadapkan pada pilihan berhutang. Berhutang sebenarnya merupakan sesuatu yang wajar selama hal ini dilakukan dalam maksud sangat penting dan mendesak serta tak berulang-ulang. Untuk yang terakhir Anda memang tidak dianjurkan untuk berhutang terus-menerus. Hal ini dikarenakan kebiasaan berhutang pada akhirnya akan bisa membuat banyak kesulitan bagi Anda. Peribahasa “gali lubang tutup lubang” bisa saja menghampiri Anda yang terbiasa berhutang. Berhutang memang sebisa mungkin kita hindari selama kita punya solusi lain. Sebab berhutang memiliki banyak efek buruk yang bisa mengintai. Dan inilah beberapa efek buruk yang bisa dialami seseorang yang terbiasa berhutang.

  1. Terjebak Dalam Kubangan Hutang

Pertama, efek buruk orang yang kebiasaan berhutang adalah terjebak dalam kubangan hutang. Seperti dikatakan sebuah peribahasa “gali lubang tutup lubang”, orang yang terbiasa berhutang maka mereka akan mengalami kesulitan untuk melunasi. Hal ini dikarenakan mereka hanya mengandalkan hutang dan bukan berpikir bagaimana bisa mandiri tanpa berhutang. Karena kesulitan melunasi hutang di awal maka biasanya mereka akan berhutang lagi di tempat lain untuk melunasi hutang yang pertama. Kebiasaan berhutang inilah yang nantinya akan membuat efek buruk berupa istilah “gali luang tutup lubang” yang tak berkesudahan. Inilah yang juga disebut sebagai ‘lingkaran setan’ tak berujung dan akan menyengsarakan penghutang.

  1. Perubahan Mental Karena Berutang

Sebenarnya hal yang paling ditakutkan dari seseorang yang sering berhutang adalah berubahnya mental yang selalu mengandalkan hutang sebagai solusi dalam sebuah situasi. Seperti yang dinyatakan sebelumnya bahwa hutang sejatinya bukanlah sebuah solusi jika ada jalan keluar lain yang bisa dipilih. Berhutang seharunya dijadikan jalan terahir jika memang sudah tak ada lagi pilihan. Maka sebelum memutuskan berhutang sebaiknya Anda coba untuk berpikir lagi mencari alternatif solusi yang ada. Sebab bila Anda punya masalah keuangan dan langsung memutuskan berhutang maka bisa jadi hal ini akan membuat mental Anda jadi lembek dan selalu mengedepankan hutang sebagai pilihan mengatasi masalah.

  1. Tidak Memiliki Tujuan dan Masa Depan

Berikutnya, efek buruk dari kebiasaan berhutang adalah membuat kita tidak punya tujuan dalam menghadapi hari depan. Hal ini dikarenakan saat berhutang Anda dipaksa berpikir bagaimana melunasi hutang. Dan ketika Anda selalu dihadapkan pada hal melunasi hutang maka pastinya Anda tidak akan bisa memikirkan hal lain seperti rencana dan tujuan di masa depan. Tentu hal ini sebuah pilihan yang sulit dan bermasalah bila Anda hidup dalam keadaan yang terus-terusan demikian. Jadi bila Anda selalu ingin punya tujuan masa depan yang baik maka sebisa mungkin hindari kebiasaan berhutang.

  1. Melahirkan Sikap Acuh dan Tidak Kreatif

Biasanya orang yang selalu terbiasa berhutang adalah mereka yang mempunyai sikap acuh tak acuh serta kurang kreatif. Hal ini karena ketika dilanda permasalahan keuangan maka orang yang terbiasa berhutang ini akan bersikap acuh dan langsung berpikir serta memutuskan berhutang. Sebaliknya orang yang kreatif dan peduli biasanya mereka akan berpikir keras dulu untuk mencari solusi selain berhutang. Sikap acuh dan tidak kreatif ini tentu bukanlah sikap yang baik. Sebab, sifat ini akan sulit membawa seseorang untuk maju dan berkembang.

  1. Pemikiran Hutang sebagai Dana Tambahan

Terakhir, efek buruk seseorang yang suka berhutang adalah sikap dan pemikiran yang menganggap hutang sebagai dana tambahan. Tentu pemikiran seperti ini bukanlah pemikiran yang benar karena bagaimana pun hutang tetaplah hutang yang merupakan sebuah hal yang perlu dilunasi. Mungkin bisa saja dana hutang pada awalnya menjadi dana segar yang digunakan sebagai modal usaha. Tapi setelah itu mau tak mau dan suka tak suka Anda  harus mengembalikan dana hutang tersebut kepada pemberi hutang. Maka bila memang Anda harus berhutang, Anda tak boleh berpikir bahwa hal ini sebuah dana tambahan. Tapi berpikirlah Anda sedang mendapatkan bantuan sementara untuk melanjutkan kehidupan.

Demikianlah beberapa efek buruk yang bisa diciptakan dari kebiasaan berhutang. Dari sini maka berhutang sebaiknya kita hindari selama ada solusi lain yang bisa dilakukan. Tapi jika memang Anda terpaksa harus berhutang maka sebaiknya jangan dijadikan kebiasaan yang dilakukan terus-menerus di kemudian hari agar tidak membuat Anda terkungkung dalam jerat hutang.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: