Keuangan

Ketimbang Angpao Lebaran Buat Foya – Foya Mending Dipakai Untuk Modal Masa Depan Anda

Lebaran tiba, hari kemenagna menyambut anda pasca puasa penuh selama sebulan. Saat lebaran ini terdapat budaya memberikan angpao kepada saudara yang lebih mudah dan belum berkeluarga. Jumlah nominal angpao ini beragam mulai hanya beberapa ribu bahkan ada yang nilainya ratusan dan jutaan rupiah. Jumlah nominal angpao sendiri disesuaikan dengan keuangan pemberi angpao sehingga nominalnya tak selalu sama setiap individu.  Jika dikumpulkan maka nominal angpao yang didapat juga tak bisa dibilang sedikit apalagi jika kerabat anda lumayan banyak yang memberi. Untuk itu agar  angpao anda tak hanya berakhir kesenangan sejenak maka bisa coba modalkan untuk beberapa hal berikut ini :

Tabungan

Uang angpao anda tak selalu harus segera dibelanjakan malah bisa jadikan tabungan. Anda bisa memilih tabungan dalam bentuk deposito jangka pendek per 3 bulan maupun 6 bulan. Dengan mendepositokannya maka ada bunga yang didapat dari dana yang anda simpan di bank. Dengan menabung anda juga mengajari sikecil untuk belajar berhemat serta menghargai uang yang didapatkannya. kini banyak pula bank yang membuka rekening tabungan khusus anak yang bisa anda manfaatkan.

Biaya Kursus

Selain di tabung uang angpao anda juga bisa dijadikan biaya kursus yang selama ini tak bisa anda ikuti. Misalnya saja anda ingin mempelajari kursus memasak, menjahit atau bahkan bermain music yang pernah ingin dipelajari namun terganjal biaya. Dengan mengikuti kursus anda bisa mendapatkan ilmu yang mungkin berguna di masa depan. Tak ada salahnya mempelajari sesuatu asal ilmu tersebut tidak digunakan untuk tujuan kejahatan.

Investasi  Berharga

Ada pula yang menggunakan angpao lebaran mereka untuk membeli barang investasi. Anda bisa membeli emas, perhiasan dari batu mulia, kendaraan dan masih banyak lagi lainnya. Investasi ini bisa anda gunakan kelak saat anda membutuhkan dana cepat. Anda juga bisa menggunakan uang angpao untuk investasi reksadana yang merupakan salah satu produk bank. Resiko dari reksadana juga minim namun tingkat pengembaliannya juga bisa bernilai tinggi.

Modal Usaha

Angpao yang anda dapatkan juga bisa dijadikan modal usaha yang siapa tahu malah membawa anda menuju kesuksesan. Modal usaha tak selalu terpacu dengan modal yang banyak dan pabrik yang besar. Kebanyakan pengusaha sukses bahkan memulai bisnis mereka dari rumah dengan modal yang tak banyak. Sebagai contoh saja produk kosmetik seperti Wardah dulunya diproduksi secara rumahan atau startup seperti Facebook mulai dikembangkan dari masa pendirinya masih kuliah.

Tips Mengajarkan Anak Menghargau Angpao Lebaran

Setelah anda mengetahui manfaat angpao lebaran yang bisa anda manfaatkan untuk masa depan ketimbang hanya dihabiskan untuk belanja maka kini saatnya mengajari keponakan anda menghargai angpao lebaran mereka. Anak – anak memang paling sering mendapatkan angpao baik dari orang tua, kerabat maupun tetangga. Mereka pasti memiliki keinginan yang besar untuk membelanjakannya namun ingat jangan berlebihan sebab hal ini akan mendorong sifat boros pada sikecil. Untuk mengajarkan mereka bagaimana menghargai uang lebaran yang dikumpulkannya ada beberapa cara.

Pertama – Kenalkan nilai ekonomis dari uang tersebut seperti mengenalkan nilai dan menghitung uang yang didapatnya.

Kedua – Buatlah perbandingan seperti dengan uang Rp.10.000 sikecil bisa mendapatkan 10 buku tulis atau 1 buah mainan saja. Bandingkan keinginannya dengan barang – barang yang dibutuhkannya serta kuantitas yang ia dapat.

Ketiga – Anda mengizinkannya membeli barang yang diingininya namun tidak sampai menghabiskan seluruh uang lebaran yang dimilikinya.

Keempat – Jangan lupa ajarkan untuk menyisihkan uang demi tabungan dan berdonasi walau hanya sedikit.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top