Keuangan

Tips Hadapi Lebaran Saat Perekonomian Sedang Lesu Akibat Covid-19

berhemat-lebaran-2020

berhemat lebaran tahun 2020/https://www.moneyshop.co.za/

Setelah bulan Ramadhan berlalu, maka akan muncul bulan Syawal yang merupakan hari raya Idul Fitri. Momen yang juga disebut lebaran di Indonesia ini juga menjadi waktu di mana banyak sesuatu yang berbeda di dalamnya. Selain kegiatan silaturahmi, saat Idul Fitri ini biasanya juga ada hal-hal lain yang melingkupinya. Satu hal lagi yang seringkali dijumpai pada momen lebaran adalah pengeluaran yang besar untuk membeli baju baru, kue lebaran, liburan serta menyediakan THR. Tapi di tengah situasi perekonomian yang sedang lesu seperti sekarang karena wabah virus corona tentu membuat kita harus berpikir lebih kritis dengan pengeluaran yang ada. Nah berikut ada beberapa tips yang bisa Anda jalankan untuk hadapi lebaran ketika perekonomian lesu akibat pandemi Covid-19.

  1. Berhemat dengan Pengeluaran

Tips pertama hadapi lebaran saat mendapati perekonomian lesu karena Covid-19 adalah dengan berhemat. Dengan penurunan penghasilan yang ada, maka penghematan menjadi salah satu cara yang harus dilakukan. Anda tak perlu malu pada sanak saudara atau tetangga karena harus berhemat dalam momen lebaran kali ini. Sebab kondisi yang serba sulit seperti sekarang akan dimaklumi oleh banyak orang. Lebaran tahun ini memang nyatanya akan berbeda dengan lebaran-lebaran sebelumnya. Dan hal ini mau tak mau memang harus kita terima karena keadaan lah yang membuatnya demikian.

  1. Beli Kebutuhan dengan Harga Promo

Meksi harus berhemat, bukan berarti kita tidak membeli apapun. Dengan penghasilan yang ada, kita bisa menyiasatinya dengan membeli kebutuhan dengan harga promo. Saat ini memang banyak toko-toko yang menghadirkan promo dalam rangka menyambut Ramadhan dan Idul Fitri. Bila Anda takut keluar rumah karena virus corona untuk membeli kebutuhan lebaran, jangan khawatir karena Anda bisa membelinya dengan cara online. Jelang lebaran, beberapa toko online dan marketplace pastinya juga akan menghadirkan promo-promo menarik. Dengan membeli kebutuhan lebaran dengan harga promo, tentu Anda akan bisa menghemat pengeluaran sehingga bisa menyesuaikannya dengan penghasilan yang ada.

  1. Ambil Pekerjaan Tambahan

Dengan menurunnya penghasilan dalam pekerjaan utama, maka untuk bisa membuat pendapatan kembali pada kondisi semula, Anda bisa mengambil beberapa pekerjaan tambahan. Tapi bagaimana cara untuk bisa mengambil pekerjaan tambahan? Saat ini dengan teknologi yang ada kita bisa mendapatkan banyak pekerjaan tambahan. Bahkan pekerjaan tambahan ini bisa Anda lakukan dari rumah dengan sistem remote. Dengan menjadi pekerja freelancer, maka Anda memang bisa mendapatkan tambahan penghasilan dengan bekerja di rumah. Bila Anda sudah mendapatkan pekerjaan dan memperoleh kepercayaan, bukan tidak mungkin Anda akan bisa menghasilkan uang yang lumayan banyak untuk persiapan lebaran. Tapi untuk bisa mendapatkan pekerjaan tambahan di ranah online ini Anda membutuhkan skill atau keahlian khusus. Beberapa pekerjaan lepas yang bisa Anda dapatkan di ranah online ini antara lain penerjemah (translator), desain grafis, writer dan lain sebagainya.

  1. Bersiaplah untuk Lebaran yang Berbeda

Terakhir, tips hadapi lebaran saat perekonomian sedang lesu akibat pandemi Covid-19 adalah dengan bersiap untuk lebaran yang berbeda. Seperti dinyatakan sebelumnya bahwa lebaran tahun ini memang akan sedikit berbeda. Hal ini dikarenakan lebaran tahun ini memang bersamaan dengan adanya wabah penyakit menular bernama virus corona. Dari keadaan ini memang kita mau tak mau harus menyadarinya untuk siap menghadapi lebaran yang berbeda. Tidak hanya tidak bisa berlibur, tapi lebaran tahun ini juga akan membuat silaturahmi secara langsung jadi berkurang.

Demikianlah beberapa cara dan tips untuk hadapi lebaran saat perekonomian sedang lesu aakibat pandemi Covid-19. Dari sini maka kita memang harus bersiap dengan lebaran tahun 2020 yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top