Peluang Usaha

Inilah Tren Bisnis yang Diyakini Moncer di Tahun 2021

tren-bisnis-2021

tren bisnis 2021/https://azgat.com/

Tahun 2021 menjadi sebuah momen harapan bagi semua orang. Ini tidak lain karena adanya keinginan agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Banyaknya pebisnis yang terpukul akibat pandemi membuat harapan ini semakin besar muncul di tahun 2021. Bagi pebisnis, tahun 2020 dirasakan sangat berat karena pendapatannya yang menurun akibat virus corona. Nah menyambut tahun 2021 ini ada tren bisnis yang diprediksi akan moncer bila dijalankan.

Tren Bisnis Kalangan Milenial

Tren bisnis 2021 ini sendiri diungkapkan oleh Pengamat Ekonomi Universitas Pasundan (Unpas) Acuviarta Kartabi. Menurutnya, tren bisnis di tahun 2021 muncul di kalangan generasi milenial dan akan terus tumbuh dan berkembang dari berbagai sektor. Perkembangan tren bisnis ini dikarenakan generasi milenial yang lahir di awal tahun 90-an memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi pada perkembangan teknologi.

Beberapa bisnis yang akan menjadi tren di tahun 2021 menurut Kartabi akan muncul dari sektor industri kreatif hingga industri pertanian. Lebih lanjut Kartabi menyatakan bahwa adaptasi dan inovasi pemasaran digital akan menjadi prasyarat dan faktor penting untuk tren di dunia bisnis tahun 2021.

“Saya (kira) bisnis-bisnis yang menarik banyak minat yang berkaitan dengan pasar komunitas generasi milenial, seperti fashion, kuliner, pemasaran digital, wisata virtual, game online dan beragam produk creative digital content lainnya,” ujar Kartabi.

Petani Milenial

Ada sebuah hal menarik yang diungkap Kartabi mengenai tren bisnis 2021 ini. Menurut prediskinya di tahun 2021 akan banyak dari kalangan milenial yang masuk ke sektor pertanian hingga muncul istilah petani milenial. Menariknya lagi hasil pertanian yang mereka dapatkan dipasarkan secara online melalui platform-platform digital.

“Mereka bisa pasarkan produk secara online dengan mengembangkan metode pengemasan dan variasi produk yang lebih beragam. Kebutuhan masyarakat rumah tangga saat ini sebagian besar untuk kebutuhan pokok yaitu komoditas bahan makanan dan minuman. Jadi, saya melihat banyak pelaku milenial masuk ke proses bisnis di sektor itu,” ujar Kartabi.

Event Organizer Virtual

Selain itu Kartabi yang juga merupakan Wakil Ketua Divisi Kajian Ekonomi dan Jasa Keuangan Komite Pemulihan Ekonomi Jabar mengatakan bahwa tahun 2021 akan membuka pintu besar bagi kalangan milenial untuk menghadirkan event organizer secara virtual. Dengan pandemi yang masih berlangsung, event organizer virtual diprediksi oleh Kartabi akan semakin banyak dibutuhkan.

“Saat ini banyak pertemuan dan acara-acara dilakukan secara virtual, saya melihat belakangan generasi milenial juga mulai masuk ke bisnis penyediaan paket-paket acara virtual. Mulai dari menyediakan fasilitas acara daring hingga kontennya untuk kebutuhan acara rapat maupun event virtual,” jelas Kartabi.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Untuk menjalankan beberapa tren bisnis di atas menurut Kartabi generasi milenial perlu mempersiapkan beberapa hal seperti perlindungan konsumen dalam penggunaan teknologi. Selain itu mereka yang akan menjalankan tren bisnis ini juga perlu mempersiapkan pengembangan teknologi yang bijak. Jangan lupakan juga tren bisnis ini juga harus diikuti dengan pembangunan literasi adaptasi teknologi dan pengembangan produk yang sesuai dengan kultur konsumen di Indonesia.

“Anak muda generais milenial dengan segala kelebihan idealisme dan kreativitasnya juga harus melihat tatanan dan pola karakter konsumen lintas generasi. Saya kira itu sering sering menjadi kelemahan sehingga perlu diperhatikan dan dipertimbangkan dalam mendevelop produk atau komoditas,” Ucap Kartabi.

Sekali lagi pertumbuhan dan tren bisnis di tahun 2021 memang sangat dimungkinkan terjadi, terutama di kalangan milenial yang lebih interest pada teknologi digital. Kemunculan pertumbuhan dan tren ini juga muncul karena kehadirkan vaksin dan pencanangan pemulihan ekonomi nasional yang mulai dijalankan di tahun 2021.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top