Tips

Mau Bagi-bagi Angpao Lebaran? Terapkan Tips Ini agar Tak Ganggu Keuangan Pribadi

angpao-lebaran

angpao lebaran/https://mymilk.com/

Saat lebaran tiba, tidak sedikit dari mereka yang merayakannya melakukan kegiatan bagi-bagi angpao pada sanak saudara dan kerabat. Kegiatan bagi-bagi angpao atau THR atau uang ini memang sudah jadi tradisi ketika hari raya Idul Fitri tiba. Meski uang yang dibagikan tidak begitu besar, tapi karena orang yang menerimanya banyak, bisa jadi aktivitas berbagi ini dapat membuat keuangan jadi berantakan. Maka dari itu, sebelum hal tersebut terjadi, alangkah baiknya Anda perlu menerapkan beberapa tips berikut ini.

  1. Menyiapkan Dana Jauh-jauh Hari

Tips pertama bagi-bagi angpau saat lebaran agar tidak membuat keuangan kacau adalah menyiapkannya jauh-jauh hari. Jika memang kamu punya niat dan kebiasaan berbagi uang THR ketika lebaran, maka kamu perlu menyiapkan dana atau anggarannya jauh-jauh hari. Minimal dalam 30 hari sebelum lebaran, kamu sudah bisa mulai mempersiapkannya dengan menabung. Dengan cara ini maka kamu tidak akan merasa keberatan atau terbebani ketika saatnya membagikan.

Sebaliknya jika kamu langsung menganggarkan dana THR di satu waktu, maka hal tersebut akan terasa berat dan bukan tidak mungkin akan menggoyahkan finansialmu ketika pengaturannya tidak tepat. Mengandalkan uang THR dari kantor untuk keperluan bagi-bagi angpao juga bukan solusi yang terbaik. Ini karena dimasa lebaran pastinya kamu juga memiliki kebutuhan yang banyak sehingga uang THR yang akan membantumu.

  1. Membuat Daftar Penerima

Berikutnya, tips bagi-bagi angpao lebaran agar keuangan tetap sehat adalah membuat daftar penerima. Jadi cobalah membuat daftar atau list orang-orang yang akan Anda bagi angpao atau uang THR. Selain itu tentukan juga budget atau anggaran untuk setiap orang yang menerima angpao tersebut. Dengan cara ini maka Anda akan bisa memperkirakan besaran anggaran yang dibutuhkan untuk keperluan bagi-bagi THR tersebut. Ketika Anda sudah bisa menentukan besaran budgetnya, maka kamu akan lebih mudah melakukan pengaturan keuangan untuk kebutuhan lain.

  1. Tentukan Prioritas

Jika Anda hanya memiliki dana terbatas untuk bagi-bagi angpao, maka Anda bisa mensiasatinya dengan menentukan prioritas. Jadi prioritaskan saja orang-orang terdekat seperti orang tua, adik dan keponakan untuk Anda beri angpao. Sementara untuk kerabat jauh karena dana yang ada terbatas, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk menganggarkannya.

  1. Ganti dengan Bingkisan

Solusi lain untuk Anda yang memiliki dana terbatas untuk bagi-bagi angpao lebaran adalah dengan memberi bingkisan. Tak selamanya memang berbagi di hari raya harus dengan uang atau angpao. Nah bila Anda punya relasi yang menjual bingkisan atau hampers dengan harga murah, maka cara ini bisa jadi solusi. Jadi dengan memberikan hampers atau parcel lebaran, Anda sudah sekaligus memberikannya untuk satu keluarga. Dari cara ini maka Anda bisa berhemat.

  1. Tidak Memaksakan Bila Tidak Ada Dana

Terakhir, tips bagi-bagi angpao agar keuangan tetap sehat adalah dengan tidak memaksakan untuk memberi bila memang keuangan sedang tidak baik. Anda memang perlu memikirkan kehidupan Anda dan keluarga dulu sebelum orang lain. Jika Anda merasa keuangan sedang seret, maka jangan terlalu memaksakan diri untuk memberi angpao. Sebab bila Anda memaksakan diri, maka Anda akan menjerumuskan diri sendiri karena kebutuhan sehari-hari yang tidak bisa terelakkan. Katakan saja pada orang-orang yang bisa menerima bahwa kali ini memang Anda belum bisa memberi. Namun setelah keuangan stabil maka Anda bisa memberikannya di lain waktu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top