Lainnya

Kiat Menjadi Vendor di Internet

Merchant memiliki pengertian yang sama dengan vendor, yaitu orang atau pihak yang memiliki produk/jasa untuk dijual melalui affiliate marketer (makelar) di internet. Bagi pemilik produk, mempromosikan dan menjual melalui affiliate marketer adalah solusi yang tepat. Bayangkan jika kamu memiliki publishing online kecil, namun jumlah sales personnya mencapai ratusan ribuan orang. Semua boleh dan siap memasarkan produkmu, tanpa digaji dan diberi transport sebagai biaya operasional, sama sekali.

Semuanya bisa saja terjadi dengan sisitem afiliasi dan kamu bisa memperoleh ratusan ribu sales yang tersebar di seluruh dunia , untuk membantu mempromosikan dan menjual produkmu, tanpa perlu diberi uang transport, finger absen, uang makan, atau insentif kehadiran. Tidak semudah itu ternyata, syarat utamanya adalah kamu harus punya produk bagus, dan berpeluang serta mudah dijual oleh para affiliater.

Kamu juga harus memberikan sistem bagi hasil yang menarik, untuk para affilite marketer (makelar), agar mereka bersemangat menjual produkmu. Para affiliate marketer, segera mundur teratur jika kamu hanya memberikan imbalan sebesar 1%, terutama untuk produk jasa atau digital yang tidak membutuhkan biaya produksi untuk menggandakannya. Berikanlah keuntungan yang mengiurkan kepada affiliate marketer 20 % – 80%, sepertinya start up go-jek memberikan 80% keuntungan kepada para drivernya, dan 20% lagi untuk perusahaan.

Jangan mengobrak keuntungan yang besar hanya demi menarik affiliate marketer (makelar), namun jangan pelit berbagi keuntungan dengan para affiliate marketer (makelar) jika produkmu memiliki banyak keunggulan dan produk tersebut sangat dibutuhkan oleh pasar. Keputusan akhir, membeli atau tidak, tetaplah di tangan konsumen, mereka yang menilai berdasarkan pendapat dan selera, apakah produk yang mereka lihat pantas dibeli atau tidak, murah atau mahal, dan lain sebagainya.
Tidak ada gunanya menarik banyak affilite marketer (makelar) seandainya mereka tidak memiliki bisa menjual produkmu, dan jika produkmu merupakan barang yang laris manis, pembagian keuntungan yang sedikit tetap akan menjadi magnet affiliate marketer (makelar), seperti yang dilakukan amazon dengan pembagian keuntungan sebesar 10 -20%.

Pitch Page
Sebagai vendor yang baik, kamu harus menyediakan sales pages (pitch page), halaman web khusus yang digunakan untuk menerangkan deskripsi sebuah produk, dalam rangka menarik minat calon pembeli. Informasi yang harus ada, yaitu.
1. Deskripsi detail tentang produk yang dijual
2. Biaya dan harga produk
3. Untuk produk dengan pembayaran berkala (recruiting billing product), kamu harus menyertakan informasi detail mengenai jadwal penagihan dan berapa kali penagihan tersebut akan dilakukan, sebagai contoh, kamu bisa mengatakan :”Biaya pertama yang calon pembeli keluarkan adalah Rp 200.000 dan selanjutnya tagihannya adalah Rp 100.000 per bulan untuk 11 bulan ke depan.
4. Karena berupa produk digital, kamu harus menginformasikan calon pembeli, format dari file yang kamu jual, dan apa saja kebutuhan pendukung lainnya, seperti jenis sistem operasi, aplikasi apa saja yang ada di sana (MS Word, MS Excel, Acrobar Reader, dan lain-lain).
5. Kamu harus memberikan informasi yang jelas apabila produk tersebut hanya berguna untuk daerah tertentu saja.
6. Waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan produk tersebut ke konsumen, jika konsumen telah melakukan pembayaran, apakah langsung atau tidak. Metode yang digunakan dengan metode direct download, yaitu konsumen langsung mendownload sofware berdasarkan link yang kamu berikan, kamu juga bisa mengirim produk yang dibeli calon konsumen lewat e-mail.
7. Untuk pembayaran berkala, kamu harus menjelaskan bagaimana produk tersebut dikirimkan, contoh : bila kamu menjual majalah online, kamu bisa menginformasikan majalah tersebut akan dikirim melalui e-mail setiap tanggal 1 di setiap bulannya.
8. Calon konsumen harus bisa menghubungi kamu jika mereka memiliki pertanyaan mengenai produk, karena itu kamu harus memasukkan informasi kontak yang dapat dihubungi beserta alamat e-mailmu.

Thank You Page
Halaman lainnya yang perlukamu persiapkan sebagai vendor adalah halaman thank you page (halaman terima kasih), Halaman ini akan ditampilkan ketika calon konsumen telah melakukan pembayaran. Informasi yang harus ada di halaman ini adalah alamat e-mail dan nomor kontakmu, agar calon konsumen yang tidak mengetahui cara menggunakan produk tersebut bisa menghubungimu jika menemukan kendala.

Sumber Referensi:
Internet Business Classroom, Affiliate Marketing, jasacom.com, Mei 2010, Jakarta.

Sumber Gambar:

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/84/Mysore_-_Fruit_vendor.jpg

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: