Peluang Usaha

Liburan? Jangan Lupa Ambil Ide dan Inspirasi Bisnis dengan 5 Cara Berikut Ini

Malioboro-Jogja

Menyambut hari libur Natal dan tahun baru membuat banyak agenda yang akan dijalankan seseorang diluar kegiatan biasanya. Biasanya kegiatan yang sering dilakukan pada masa libur Natal dan tahun baru adalah berlibur atau holiday. Kegiatan berlibur yang dilakukan pada masa libur panjang ini memang akan optimal dilakukan. Ini karena ada banyak waktu yang dimiliki seseorang untuk menjalankan liburan pada masa libur Natal dan tahun baru. Dari sini maka liburan yang dilakukan pada masa libur Natal dan tahun baru ini akan jadi memuaskan. Bagi Anda seorang pebisnis, kegiatan liburan yang dilakukan seharusnya membuat Anda mendapatkan keuntungan ganda. Selain sarana refreshing, liburan bagi pebisnis seharusnya juga membuatnya mendapatkan sesuatu yang bermanfaat seperti memperoleh ide dan inspirasi bisnis. Tapi bagaimana cara mendapatkan ide dan inspirasi bisnis pada saat menjalankan liburan? Berikut informasinya.

  1. Ambil Inspirasi dari Bisnis Tempat Wisata

Cara pertama untuk bisa mengambil ide dan inspirasi bisnis saat berlibur adalah dengan mengamati apa yang dihadirkan tempat wisata. Tempat wisata yang banyak dikunjungi pelancong pastinya akan mendatangkan omset yang besar. Nah, Anda yang sedang mencari ide bisnis tentu bisa menjadikan tempat wisata sebagai pilihan berwirausaha. Apalagi saat ini dengan semakin maraknya wisata instagramable membuat pilihan berwirausaha dibidang wisata ini akan semakin banyak opsinya. Jadi bila Anda mampu menghadirkan tempat yang menarik untuk fotografi bisa memilih wisata instagramable sebagai pilihan berbisnis atau berwirausaha.

  1. Sempatkan ke Pusat Ekonomi

Ketika Anda berlibur disuatu tempat biasanya ada tempat pusat ekonomi untuk dituju. Pusat ekonomi ini bisa berupa pasar atau mall tempat pasar modern. Nah di pusat ekonomi ini Anda bisa membeli oleh-oleh atau buah tangan untuk dibawa pulang. Tapi sebagai pebisnis Anda jangan hanya membeli oleh-oleh saja saat berada di pusat ekonomi. Namun pastikan Anda juga mencari ide dan inspirasi bisnis di pusat ekonomi ini. Karena memang bisa jadi di pusat ekonomi di tempat liburan ini ada sesuatu yang berbeda untuk kemudian dijadikan ide dan inspirasi bisnis. Ketika Anda mendapati sesuatu yang unik dan menarik untuk dijadikan ide bisnis maka Anda bisa melakukan proses pengamatan dan juga proses wawancara dengan pemilik usaha di pusat ekonomi tersebut.

  1. Kunjungi Rumah Makan Terakhir

Bisnis yang juga menjadi rekomendasi Anda untuk berwirausaha adalah kuliner. Nah untuk berbisnis kuliner Anda juga bisa mendapatkan ide dan inspirasi dari tempat liburan. Saat berlibur pastinya Anda membutuhkan tempat makan untuk mengisi perut yang kosong. Nah dari tempat kuliner yang Anda kunjungi di tempat berlibur inilah Anda bisa mencari ide-ide bisnis dan wirausaha. Tentu untuk bisa mendapatkan ide dan inspirasi bisnis kuliner yang mumpuni pastikan Anda mencari tempat makan yang ramai pengunjung. Sebab dengan ramainya pengunjung maka hal itu bisa berarti tanda bahwa bisnis kuliner tersebut banyak diminati konsumen.

  1. Datangi Pusat Kerajinan

Selanjutnya, cara untuk mengambil ide dan inspirasi bisnis adalah dengan mendatangi pusat kerajinan. Di tempat wisata memang biasanya ada tempat kerajinan yang bisa menjadi tujuan pelancong untuk mencari oleh-oleh. Nah dari sini maka Anda yang ingin mencari ide atau inspirasi bisnis bisa mendatangi pusat kerajinan di sekitar tempat wisata. Dengan keunikan dan kekhasan produk kerajinan yang dihadirkan maka hal ini memang bisa memikat konsumen untuk membelinya. Nah dari sinilah bisa menjadikan produk-produk kerajinan yang menarik dari tempat wisata untuk dijadikan ide dan inspirasi bisnis.

  1. Ajak Ngorbol Orang Lokal

Terakhir, cara untuk bisa mendapatkan ide dan inspirasi bisnis adalah dengan mengajak ngobrol orang lokal. Bila Anda kesulitan menjumpai tempat yang bisa dijadikan inspirasi bisnis, maka Anda bisa bertanya kepada orang setempat tentang tempat di sekitar lokasi wisata yang juga banyak dikunjungi orang. Tempat di sekitar lokasi wisata yang banyak dikunjungi orang ini sendiri bisa berupa banyak hal seperti cafe, pasar malam atau lainnya, yang mungkin ada yang belum kita ketahui. Nah dari sini Anda harus bertanya kepada orang lokal bila kemudian Anda kesulitan mencari tempat untuk mencari ide dan inspirasi bisnis.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top