Lainnya

Mau Datangi Acara Penting? Jangan Lupa Perhatikan 5 Hal Ini

datangi-acara-penting-pebisnis

Seorang pebisnis tak jarang pastinya akan merencanakan untuk mendatangi acara penting. Apalagi bila Anda adalah pengusaha dengan perusahaan yang mulai tumbuh dan berkembang, maka akan ada beberapa agenda penting yang akan menghampiri Anda. Saat ada acara penting yang perlu didatangi, tentu Anda tak boleh bersikap acuh. Alih-alih acuh, Anda yang akan mendatangi acara penting seharusnya mempersiapkan beberapa hal supaya agenda tersebut membawa manfaat dan keuntungan untuk bisnis. Tapi seperti apa persiapan yang harus dilakukan untuk mendatangi acara atau agenda yang penting tersebut? Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan mendatangi acara penting bagi bisnis Anda.

  1. Penampilan Fisik

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat akan mendatangi acara penting yaitu penampilan fisik. Penampilan fisik memang akan memiliki pengaruh yang besar untuk menampilkan kesan yang berarti. Apalagi Anda yang merupakan seorang pebisnis, maka kesan profesional tentu akan sangat dinantikan oleh para tamu undangan di acara penting tersebut. Untuk berpenampilan dengan kesan profesional, Anda tak harus memakai jas. Tapi memakai setelah pakaian formil dengan rapi maka Anda pun sudah bisa memberikan kesan yang profesional. Satu hal lagi yang tak boleh Anda lupakan yaitu badan yang segar dan wangi. Sebab pakaian yang berkesan profesional tapi badan bau membuat kesan tersebut jadi sia-sia saja. Maka dari itu selaraskan saja pakaian resmi Anda dengan badan yang wangi dan  fresh.

  1. Barang yang Dikenakan

Tidak hanya pakaian saja yang bisa membuat pengaruh pada kehadiran Anda di agenda penting. Tapi barang-barang yang Anda bawa juga bisa menciptakan kesan tertentu dalam diri. Supaya Anda bisa menghadirkan kesan profesional maka barang-barang yang Anda bawa ke acara penting ini tidak boleh sembarangan. Barang-barang seperti smartphone, tablet, jam tangan klasik, serta kendaraan yang mumpuni merupakan beberapa contoh barang yang bisa membuat Anda tampil profesional dalam acara penting. Barang-barang yang dibawa tadi tentu bukanlah sebagai ajang kesombongan. Tapi memang barang-barang tadi penting untuk Anda sebagai pebisnis untuk menjalin relasi yang optimal atau juga mendapatkan klien atau customer baru.

  1. Kemampuan Komunikasi

Saat mendatangi sebuah acara penting, tentu Anda akan berkomunikasi dengan beberapa orang, entah itu adalah relasi atau calon klien. Nah karena orang-orang dalam acara ini merupakan orang penting maka Anda pun harus memiliki cara berkomunikasi yang mumpuni. Kemampuan berkomunikasi yang mumpuni memang akan menjadi ciri khas seorang pebisnis yang profesional. Ketika mereka berkomunikasi maka pebisnis yang profesional ini memang selalu menghadirkan pembicaraan yang berkualitas. Disela-sela pembicaraannya, mungkin mereka sesekali mereka para pebisnis ini bercanda. Ini dilakukan untuk membuat pembicaraan tidak kaku. Keterampilan bercanda dari para pebisnis ini sendiri juga menjadi ukuran kemampuan komunikasi yang baik. Dengan komunikasi yang cair maka memang akan muncul hubungan yang lebih hangat dan bersahabat. Dari hubungan yang hangat dan bersahabat maka kemungkinan Anda meraih kerjasama dengan klien di acara penting akan terbuka lebar.

  1. Bahasa Tubuh

Selanjutnya, hal yang perlu diperhatikan ketika akan mendatangi acara penting adalah bahasa tubuh. Seorang pebisnis profesional memang Anda bisa dinilai dari bahasa tubuhnya. Bahasa tubuh dari pebisnis yang sejati ini bisa dilihat dari tegapnya tubuh saat berjalan atau berdiri. Selain itu bahasa tubuh dari pebisnis sejati ini bisa dilihat dari tatapan matanya saat berbicara dan bagaimana ketika ia berjabat tangan. Ketika Anda berada di sebuah acara penting, bahasa tubuh Anda memang akan bisa dilihat dan dinilai. Maka dari itu saat akan mendatangi acara atau agenda pentin, Anda harus benar-benar memperhatikan hal ini.

  1. Kartu Nama

Terakhir, sesuatu yang harus Anda perhatikan saat akan menghadiri acara penting yaitu kartu nama. Dalam sebuah acara penting Anda memang akan bertemu dengan orang-orang penting seperti para pebisnis yang bisa menjadi relasi baru Anda. Selain itu bukan tidak mungkin dalam acara penting tersebut Anda akan bertemu dengan klien atau customer baru. Nah karena adanya orang-orang yang penting dalam acara tersebut maka Anda sebagai pebisnis harus menyiapkan kartu nama. Kartu nama memang akan berguna untuk memperluas relasi bisnis. Dengan memberikan kartu nama maka Anda akan bisa berpeluang mendapat relasi dan kliena atu customer baru.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top