Peluang Usaha

Menilik Peluang Usaha Co-Working Space di Perkotaan dengan Segala Kelebihannya

Seiring berkembangnya teknologi  yang semakin maju, pola kerja seseorang khususnya masyarakat kota-kota besar di Indonesia pun ikut berubah. Akibat dari perubahan pola kerja masyarakat tersebut, maka dari sini muncul beragam peluang usaha baru yang lebih kreatif. Peluang usaha yang kreatif ini makin besar seiring dengan meningkatnya sebuah perusahaan startup dan jumlah freelancer yang semakin banyak saat ini. Salah satu peluang usaha yang kini banyak bermunculan di perkotaan adalah bisnis co-working space. Nama co-working space ini memang belum begitu familiar di telinga masyarakat. Lalu, apakah yang dimaksud dengan co-working space?

Apa Itu Co-Working Space?

Co-working space adalah sebuah tempat di suatu ruangan atau gedung yang di dalamnya terdiri dari beberapa entrepreneur yang berbeda, yakni untuk mengerjakan tugas yang berbeda pula. Selain itu, co-working space juga dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan lain seperti tempat seminar, meeting, pertemuan dengan klien dan masih banyak lagi. Ditengah mahalnya biaya sewa gedung dan kantor, maka co-working space ini bisa dijadikan alternatif sebagai tempat dan ruang kerja bagi para pebisnis maupun freelancer yang ingin mempunyai tempat kerja yang suasananya nyaman dibandingkan dengan bekerja di rumah yang suasananya jenuh dan membosankan. Selain kenyamanan yang bisa Anda dapatkan, co-working space ini juga bisa menunjang aktivitas usaha Anda karena di dalamnya sudah dilengkapi beberapa fasilitas seperti wifi, telepon, faximile, scanner, printer dan lain-lain. Dengan demikian, co-working space akan menjadi sarana yang tepat untuk menunjang aktivitas kerja Anda.

Perkembangan Co-Working Space

Saat ini di Indonesia sudah tersedia lebih dari 50 co-working space yang tersebar di beberapa kota besar seperti Bandung, Jogjakarta, Jakarta, Surabaya, dan Bali. Diantara kota-kota tersebut yang memiliki banyak co-working space adalah Jakarta, yakni mempunyai lebih dari 20 co-working space. Hal ini dikarenakan Kota Jakarta memiliki perkembangan infrastruktur yang lebih cepat daripada kota-kota lainnya, tidak heran Kota Jakarta ini selalu terpilih menjadi tuan rumah di banyak event startup di Indonesia.

Peluang Usaha Co-Working Space

Harga sewa yang ditawarkan oleh para penyedia co-working space ini bervariasi, mulai dari harga sedang hingga harga yang mahal tergantung kepada fasilitas yang sudah disediakan. Dengan biaya sekitar Rp. 50.000 per jam atau Rp. 200.000 per hari dan ada juga biaya paket untuk waktu jangka yang lama. Maka, dari sini co-working space bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan bagi orang-orang yang menjalankannya.

Kelebihan Co-Working Space

Meskipun para entrepreneur berkumpul dalam ruangan yang sama, tapi di ruangan ini mereka tetap fokus mengerjakan tugas yang berbeda. Salah satu kelebihan menggunakan co-working space adalah disini para pekerja akan mendapatkan suasana bekerja yang sangat menyenangkan, yaitu meskipun bekerja ala kantor namun suasananya terasa lebih nyaman seakan mereka sedang bersantai di suatu kafe. Hal ini dikarenakan konsep ruangan co-working space diciptakan sangat cozy, sehingga disini pun Anda para pekerja juga bisa sambil bergabung dengan para pelaku co-working space yang lain untuk saling berinteraksi satu sama lain dan Anda bisa saling bekerja sama membangun relasi yang saling menguntungkan. Selain hal tersebut, co-working space juga masih memiliki banyak kelebihan lain yang diantaranya sebagai berikut.

  1. Suasana Kerja yang Kondusif dan Positif Serta Membuka Interaksi Sosial yang Lebih Luas

Kondisi ruangan memang dipenuhi banyak orang, namun hal ini tentu saja tidak menjadi suatu penghalang bagi mereka untuk terus fokus dalam menangani pekerjaannya. Karena pada saat orang-orang bekerja, mereka sibuk menyelesaikan pekerjaannya masing-masing. Meskipun di co-working space ini ada beberapa perusahaan, tapi hal itu pun tidak menjadi sebuah masalah bagi mereka. Disela-sela kesibukan, Anda juga bisa menjalin komunikasi sesama komunitas co-working space. Dengan ini Anda bisa membuka peluang interaksi sosial yang lebih luas lagi guna untuk perkembangan karir Anda.

  1. Waktu Bekerja yang Lebih Fleksibel

Menjadi pebisnis UKM memang sangat menguntungkan, karena dalam pekerjaannya tidak selalu dituntut oleh perusahaan. Ini artinya, Anda bisa lebih fleksibel untuk memilih waktu bekerja sesuai dengan keinginan Anda sendiri sehingga Anda akan merasa lebih bebas mendatangi lokasi kerja sesuai waktu yang Anda inginkan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: