StartUp dan UKM

Menilik Usaha Kerajinan Barang Bekas

Menilik Usaha Kerajinan Barang Bekas – Jika anda memiliki keterampilan dalam membuat sebuah kerajinan maka anda bisa memanfaatkan barang bekas disekitar anda. Anda bisa mengubah barang bekas tersebut untuk dijadikan sebuah benda yang memiliki nilai ekonomis. Anda bisa bereksplorasi dan mencoba berbagai barang bekas untuk dijadikan barang lain yang memiliki barang dengan nilai guna. Saat ini, banyak sekali usaha yang didirikan dengan memanfaatkan barang bekas.

Usaha dengan memanfaatkan barang bekas memiliki banyak keuntungan. Anda bisa memulai usaha ini dengan modal yang kecil, bahkan dengan strategi tertentu mungkin anda tidak membutuhkan modal uang. Anda hanya membutuhkan bahan baku utama yaitu barang-barang bekas. Barang bekas juga cenderung lebih mudah untuk anda temukan disekitar anda. Anda juga bisa memulai bisnis ini dari rumah. Pemasaran produk pun juga tidak perlu menjadi hal yang menyulitkan. Berbagai media sosial bisa anda manfaatkan secara maksimal untuk menjadi media pemasaran produk anda.

Nilai suatu barang bukan hanya dipengaruhi oleh bahan baku pembuatannya, namun dipengaruhi oleh banyak faktor. Jika anda membuat usaha yang dibuat dari bahan bekas bukan berarti barang yang akan anda pasarkan memiliki nilai jual yang rendah. Terbukt saat ini banyak sekali produk dari bahan bekas yang dijual dengan nilai yang sangat mahal karena mengandung nilai seni yang cukup tinggi. Keterampilan dan kreativitas merupakan hal utama yang menjadi modal anda dalam memulai usaha kerajinan barang bekas.

Kerajinan barang bekas yang menjadi barang dengan nilai jual ada banyak jenisnya. Di pasaran anda bisa menemukan berbagai barang seperti ini seperti barang yang menjadi sovenir atau oleh-oleh, hiasan, perabotan dan sebagainya. Beberapa barang dibawah ini adalah barang bekas yang sering dimanfaatkan untuk dijadikan produk kerajinan:

  • Botol bekas

Botol bekas minuman banyak dimanfaatkan untuk dijadikan produk kerajinan. Biasanya botol plastik bekas yang mudah ditemui yang lebih sering diolah. Botol plastik sangat mudah untuk dijadikan kerajinan seperti pot bunga. Anda bisa membeli botol bekas ini dari pihak lain, anda bahkan dapat mencarinya sendiri. Anda bisa membuat botol bekas ini menjadi aneka bentuk. Berikan sentuhan seni dan hiasan untuk mempercantik sekaligus menambah nilai jualnya.

  • Kertas dan koran

Kertas dan koran bekas dapat didaur ulang. Anda bisa mendaur ulang benda ini untuk menjadi kertas kembali. Banyak orang yang berminat pada kertas daur ulang. Kertas daur ulang banyak dimanfaatkan untuk dijadikan kerajinan tangan seperti bingkai foto. Anda bisa membuat kertas daur ulang yang bertekstur unik dengan bemacam warna untuk lebih menarik minat pembeli.

  • Kaleng minuman

Kemasan minuman selain botol bekas yaitu kaleng bekas juga bisa anda manfaatkan untuk dijadikan kerajinan. Anda akan lebih sulit untuk menemukan kaleng bekas daripada botol bekas. Anda bisa membelinya dari pengepul barang bekas. Modal yang perlu anda keluarkan untuk membeli kaleng bekas tentu akan jauh dibawah harga barang jadi. Kreativitas yang anda miliki dalam membuat kerajinan dapat mengubah kaleng minuman yang dianggap sampah menjadi barang dengan nilai guna seperti miniatur mobil. Harga produk dari kaleng bekas biasanya cukup mahal karena kerumitan dalam proses pembuatannya.

  • Kain bekas atau kain perca

Anda pasti sudah tidak asing dengan kain perca. Saat ini kain perca telah banyak dimanfaatkan untuk menjadi barang lain yang memiliki nilai jual lebih tinggi. Kain perca bisa anda dapatkan dari penjahit. Penjahit biasanya memiliki potongan kain yang tidak terpakai dan akan dibuang. Anda bisa memanfaatkan bahan bekas ini untuk dijadikan tas atau fashion item lain yang unik dan bernilai.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top