Peluang Usaha

Musim Kemarau Panjang Tiba, Cobalah Membuka Usaha Ini

Ketika musim kemarau tiba banyak petani gulung tikar. Keterbatasan air yang tersedia mempengaruhi tingkat kesuburan tanaman yang ditanamnya. Alhasil tak sedikit petani yang mengalami gagal panen atau memiliki hasil panen yang tidak sesuai dengan yang diharapkannya. Bagi beberapa orang musim kemarau bisa jadi peluang untuk banting stir ke bisnis lainnya. Beberapa peluang usaha ini malah menguntungkan saat musim kemarau tiba. Penasaran? Yuk ikuti ulasan selengkapnya dibawah ini siapa tahu anda cocok membangun usaha tersebut di lingkungan anda.

Minuman Dingin

Saat udara panas tentu saja paling mantap jika menyeduh minuman dingin. Tak sedikit kok yang membuka usaha ini bahkan membangun lapak sederhana di depan rumah. Ini artinya bisnis minuman dingin cukup menguntungkan dan mampu membantu keuangan anda. Ada banyak sekali minuman dingin yang bisa anda tawarkan. Anda bisa berjualan aneka jus, es degan, es krim atau sirup. Kunci dalam bisnis ini ialah adanya mesin pendingin atau es batu agar minuman tetap dingin ketika pelanggan datang.

Berdagang Buah Segar

Saat musim kemarau buah-buahan banyak dicari masyarakat. Adanya permintaan ini bisa jadi peluang untuk anda membuka usaha buah segar. Anda bisa menjual buah di lapak atau berjualan keliling. Anda juga bisa menjual frozen fruit bila memiliki alat pendingin yang mumpuni. Bekerja samalah dengan pemilik kebun atau petani buah untuk mendapatkan harga yang terbaik sehingga keuntunganmu bisa dimaksimalkan.

Berjualan Rujak

Makanan seperti rujak selalu dicari saat musim panas. Rujak buah sendiri terdiri dari irisan beberapa buah yang disiram dengan saus yang memiliki cita rasa manis pedas.  Rujak ini bisa dijual dengan gerobak maupun dititipkan di toko-toko kecil. Harganya juga bervariasi mulai dari ribuan rupiah hingga puluhan ribu. Pelanggannya juga bisa berasal dari segala umur bahkan hingga anak-anak juga menyukai jenis makanan ini.

Baju Katun

Anda juga bisa berjualan baju dengan bahan-bahan yang bersahabat dengan musim kemarau. Salah satunya ialah baju katun yang dikenal adem saat dipakai. Baju katun juga mudah menyerap keringat. Tak hanya baju anda juga bisa berjualan jilbab atau hijab yang memiliki bahan tipis. Anda bisa memilih jenis hijab paris ataupun rawis yang memiliki bahan tipis. Apalagi bagi wanita yang berhijab tentu butuh pakaian dan hijab yang memiliki ketebalan kain yang tipis saat bepergian agar tidak mudah gerah saat kemarau.

Bisnis Sayuran Musiman

Ada beberapa sayur yang tumbuh subur saat musim kemarau tiba. Beberapa sayuran yang dimaksud diantaranya ialah jagung, mentimun, tomat hingga labu. Anda bisa membelinya dari petani langsung untuk mendapatkan harga terbaik. Selain menjajaki bisnis sayuran musiman anda juga bisa membuka usaha lainnya dengan memanfaatkan sayuran tersebut. Anda juga bisa berjualan jagung bakar ataupun bubur bayi dari labu. Manfaatkan sisa sayuran yang belum terjual untuk diproses lagi kemudian dijual kembali.

Saat kemarau tiba ingatlah untuk menghemat air yang digunakan. Hal ini selain menghemat biaya air bulanan juga mengantisipasi adanya kekeringan pada sumber air anda. Saat menjalankan usaha musiman seperti diatas anda juga perlu memperhatikan beberapa poin berikut ini :

  1. Jangan lupa untuk mengutamakan kualitas produk agar konsumen awet berlangganan dengan produk anda
  2. Gencar melakukan promosi baik online maupun offline
  3. Tak lupa kenali target konsumen anda dan cermati produk apa yang diminati agar tak merugi dikemudian hari
Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top