Keuangan

Persiapkan 5 Hal Ini, Sebelum Anda Mengajukan Resign dan Belum Memiliki Pekerjaan Baru!

Bekerja di suatu perusahaan, memang menjadi pilihan yang sering kali tidak begitu menyenangkan. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu suasana kantor yang tidak kondusif dan pekerjaan yang menyita banyak waktu. Berbagai alasan ini, membuat seseorang memutuskan untuk berhenti bekerja di perusahaan tersebut. Namun saat Anda mau berhenti dari sebuah pekerjaan tanpa memiliki pekerjaan yang baru, memang akan terasa sulit untuk mengambil keputusan. Jika masih berkeinginan untuk mengajukan resign, maka ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan untuk mengundurkan diri tanpa mengganggu finansial. Lalu, bagaimana cara agar Anda bisa bertahan secara finansial di masa tersebut? Berikut 5 hal yang harus Anda persiapkan sebelum mengajukan resign.

  1. Mempersiapkan Tabungan

Hal pertama yang harus Anda persiapkan sebelum mengajukan resign, tanpa memiliki pekerjaan yang baru adalah mempersiapkan tabungan. Apalagi, saat ini mendapatkan pekerjaan baru dalam waktu yang singkat bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, agar bisa bertahan secara finansial di saat belum menemukan pekerjaan baru maka Anda harus mempersiapkan tabungan yang cukup. Biasanya, untuk mendapatkan pekerjaan baru dibutuhkan waktu rata-rata selama 6 bulan. Nah, bagi yang ingin mengajukan resign sebaiknya memiliki tabungan minimal untuk masa enam bulan tersebut. Contohnya, dalam kurun waktu sebulan kebutuhan dasar Anda sebesar Rp. 3 juta. Untuk menghadapi masa enam bulan, maka Anda harus mempersiapkan tabungan minimal Rp. 18 juta. Berbeda jika Anda memiliki tabungan lebih dari nilai itu, tentu kondisi finansial Anda akan semakin baik dan aman bukan?

  1. Mempersiapkan Sumber Penghasilan Lain

Sebelum resign, sebaiknya carilah sumber penghasilan tambahan lain dari pekerjaan utama Anda. Jika memiliki sumber penghasilan lain, maka Anda akan berpeluang untuk menabung lebih banyak. Ada banyak sumber penghasilan yang bisa Anda kerjakan, mulai dari bisnis waralaba hingga membuka kos-kosan. Apalagi, di era internet sekarang ini banyak peluang usaha untuk menambah penghasilan Anda. Diantaranya yaitu membuka toko online shop, menjadi seorang freelancer atau bahkan menjadi ojek online. Jangan salah, sumber penghasilan tersebut bisa saja jadi penghasilan utama Anda lho. Karena, potensi pendapatannya pun bisa dibilang cukup besar dibandingkan pekerja kantoran.

  1. Berinvestasi

Selain mempersiapkan tabungan dan sumber penghasilan lain, selanjutnya yang harus Anda lakukan sebelum mengundurkan diri adalah berinvestasi jangka pendek sebagai dana cadangan. Anda bisa mencari instrumen investasi yang memberikan return menguntungkan dalam waktu singkat seperti emas, menanam modal secara langsung di sebuah usaha atau bermain di pasar modal. Namun, dalam bermain investasi tersebut Anda harus berhati-hati. Karena semakin tinggi keuntungan yang didapatkan, maka akan semakin tinggi pula resiko kerugian.

  1. Bebas dari Jeratan Utang

Hal lainnya yang harus Anda perhatikan, sebelum memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan adalah bebas dari jeratan utang. Sebisa mungkin, pastikan Anda tidak memiliki cicilan sebelum mendapatkan pekerjaan baru. Apabila Anda sudah terlanjur memiliki kredit, maka segera lunasi utang tersebut agar terbebas dari beban angsuran yang harus dipenuhi setiap bulannya. Tapi jika Anda memang sudah memiliki cukup dana untuk mengangsur kredit tersebut, maka silahkan angsur tanpa harus mengorbankan kebutuhan sehari-hari Anda.

  1. Menggunakan Jaminan Aman Asuransi

Agar finansial Anda semakin aman, selama masa tunggu untuk mendapatkan pekerjaan baru. Maka, cobalah gunakan jaminan aman asuransi seperti asuransi kesehatan atau BPJS. Jika Anda menggunakan BPJS atau asuransi kesehatan, sebagai alat pembayaran biaya pengobatan. Sebaiknya, Anda membayar dana iuran di muka selama setahun ke depan. Dengan melakukan metode ini, maka Anda akan lebih berhati-hati jika suatu saat nanti terjadi masalah dengan kesehatan Anda. Apalagi, ketika Anda sedang dalam masa resign yang belum memiliki pekerjaan baru. Dengan membayarkan iuran di muka, tentu saja Anda akan lebih tenang dan tidak perlu khawatir memikirkan biaya pengobatan yang harus dibayar di masa mendatang.

Demikian beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, sebelum memutuskan untuk resign dari pekerjaan yang bahkan belum memiliki pegangan pekerjaan baru. Beberapa hal tersebut memang nampak sulit dan berat, karena membutuhkan cukup banyak biaya. Namun, akan lebih baik melakukannya dibandingkan Anda tidak memiliki persiapan finansial untuk masa yang akan datang bukan?

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top