Bisnis Online

Tak Kunjung Dapat Orderan Pertama di Shopee? Coba Lakukan 5 Hal Ini

orderan-pertama-Shopee

Begitu gencarnya promosi yang dilakukan Shopee di beberapa media massa terutama televisi, telah membuka mata publik terhadap marketplace ini. Tak ayal bila kemudian traffic Shopee terus meningkat dari promo yang dihadirkan tersebut. Tidak hanya dari pembeli atau konsumen, trafik di Shopee juga semakin meningkat dari kegiatan pengguna yang membuka toko baru. Dengan mencoba peruntungan jualan di Shopee, para pemilik toko baru ini tentu harus berjuang keras untuk bisa mendapatkan perhatian pembeli. Saat merintis toko atau mengawali jualan Shopee ini memang Anda akan mendapati kesulitan yang lebih. Ini karena toko Anda masih belum memiliki rating dan masih banyak yang perlu dipelajari. Tapi jangan khawatir, beberapa kiat dan tips berikut ini bisa Anda terapkan agar orderan pertama bisa segera Anda dapatkan.

  1. Berikan Harga yang Kompetitif

Pertama, hal yang perlu Anda lakukan untuk bisa mendapatkan order pertama di Shopee adalah dengan memberikan harga kompetitif. Bisa jadi hal yang membuat Anda tak kunjung mendapatkan order adalah harga barang di toko Anda yang terlampau mahal. Harga yang terlampau mahal memang bisa membuat konsumen kabur dan memilih toko yang menghadirkan harga lebih terjangkau. Maka dari itu cobalah Anda telusuri harga dari beberapa kompetitor. Bila benar adanya harga produk toko Anda terlalu mahal maka cobalah untuk mengedit harga dan cantumkan harga yang lebih terjangkau.

  1. Perbanyak Variasi Produk

Bila Anda memang memiliki produk dengan banyak variasi, maka cobalah menghadirkannya ke toko. Variasi produk ini bisa bermacam-macam aspek atau unsurnya seperti warna, motif, ukuran, model, dan lain sebagainya. Semakin banyak variasi produk yang Anda hadirkan maka akan semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan order pertama. Tapi bila memang produk Anda tidak memiliki variasi, maka cobalah untuk menghadirkan produk lain untuk dijual. Banyaknya produk yang Anda upload dan siap dijual, juga akan memperbesar kans memperoleh order pertama.

  1. Rajinlah Menaikkan Produk

Berikutnya, cara atau tips untuk bisa segera mendapatkan order pertama di Shopee adalah dengan rajin menaikkan produk. Di Shopee memang ada sebuah fitur ‘Naikkan Produk’ untuk setiap toko. Nah dari sinilah Anda sebagai pemilik toko harus rajin untuk mengaktifkan fitur ini dengan cara mengklik pada opsi di masing-masing produk. Dengan fitur ini sendiri maka produk Anda akan bisa tampil di pencarian teratas setiap 4-5 jam. Produk yang bisa dinaikkan sendiri adalah 5 produk untuk setiap periode pengaktifan fitur. Karena dibatasi waktu dan jumlah produk yang bisa dinaikkan, maka Anda harus rajin-rajin mengaktifkan fitur ini.

  1. Buat Voucher Toko

Siapa sih yang tak ingin membeli produk yang berpromo. Nah keinginan dari konsumen yang ingin mendapatkan promo ini bisa Anda akomodir dengan cara memakai fitur Voucherku di Shopee. Caraya, di Seller Center Shopee ada cari bagian ‘Promosiku’. Setelah itu pilih ‘Buat Voucher Baru’ dan mengisi semua informasi di kolom ‘Informasi Voucher’. Jangan lupa centang kotak ‘Berlaku untuk semua produk’ dan Klik ‘Simpan’. Nah dari sini maka toko Anda akan mendapatkan promosi dari pihak Shopee yang akan menghadirkan order pertama untuk toko Anda.

  1. Sebarkan di Media Sosial dan Apikasi Instan Messaging

Terakhir, langkah yang bisa dilakukan untuk menghadirkan order pertama pada toko rintisan Anda di Shopee adalah dengan menyebarkan ke media sosial dan aplikasi instan messaging. Bila bisnis Anda belum punya akun media sosial, buatlah terlebih dahulu. Setelah itu, agar banyak orang yang mengetahui Anda punya toko di Shopee, maka Anda bisa membagi link lapak Anda ke media sosial. Selain media sosial seperti facebook, Twitter dan Instagram, Anda juga bisa membagi informasi toko Shopee ke aplikasi instan messaging seperti WhatsApp. Dengan Anda rajin mempromosikan produk dan toko Shopee ke media sosial dan aplikasi instan messaging, maka peluang Anda mendapatkan order pertama dari pembeli akan semakin besar.

Itulah beberapa tips dan kiat yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan order pertama di Shopee. Tentu agar benar-benar mumpuni tips ini, maka Anda harus menjalankannya dengan sungguh-sungguh dan konsisten.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top