Tips

Tips Membangkitkan Ide Bisnis Menjadi Lebih Kreatif dan Inovatif

Di dunia bisnis startup, seseorang bisa menjadi legenda apabila memiliki sebuah ide besar dan menakjubkan. Namun, menjadi legenda tentu dibutuhkan ide bisnis yang lebih kreatif untuk sampai pada satu gagasan besar. Lalu, bagaimana cara membangkitkan ide bisnis yang lebih kreatif dan inovatif? Sebenarnya seorang arsitek terkenal seperti Frank L1yod Wright dan seorang komposer musik klasik seperti Beethoven dan Mozart juga sangat kreatif, karena mereka memiliki gagasan yang terus menerus berkembang sepanjang hidupnya. Alih-alih menunggu momen kreatif tunggal, dalam hal ini Anda juga bisa membangun ide sesering mungkin agar dapat membangkitkan ide bisnis menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain yang disebutkan tadi, ternyata untuk membangkitkan ide bisnis juga masih banyak. Berikut kami rangkum beberapa tips untuk membangkitkan ide bisnis kreatif dan inovatif.

  1. Berpikirlah Seperti Seorang Kreator

Ide bisnis kreatif yang pertama, bisa dibangkitkan dengan cara berpikir seperti seorang kreator atau pencipta. Misalnya seorang seniman, biasanya ia mendapatkan inspirasi secara terus menerus dengan cara berada di sekitar karya seniman lain. Karya seniman tersebut dibangun di sekitar model karya seniman lain, lalu nantinya secara aktif diberikan dan diterima sebagai umpan balik dari seniman lain. Untuk bisa menjadi seperti seorang seniman tadi, sebenarnya Anda tidak harus menjadi seniman professional. Namun, di sini Anda bisa membiasakan diri untuk belajar berpikir seperti seorang kreator atau pencipta yang kreatif. Anda bisa memulainya dengan membuat daftar gagasan singkat, lalu mintalah kepada rekan bisnis untuk melakukan hal yang sama selama pertemuan bisnis secara informal. Kemudian, minta kepada setiap orang di sekeliling Anda untuk melihat dan mengevaluasi ide masing-masing. Setelah hasilnya muncul, maka paparan terhadap berbagai kemungkinan baru akan membuka pikiran Anda. Dari sini, kemungkinan akan muncul gagasan baru  yang datang pada pikiran Anda.

  1. Dorong Setiap Perbedaan Pendapat

Mendorong perbedaan pendapat juga bisa membangkitkan gagasan yang lebih kreatif dan inovatif. Memang, perbedaan pendapat atau kritik dalam lingkungan bisnis terdengar berlawanan dengan instuisi. Padahal seniman terbaik pun sangat terbuka terhadap kritik yang membangun, karena ini akan membantu mereka untuk memperbaiki kesalahan dalam pekerjaannya. Dengan demikian, perbedaan pendapat dalam lingkungan bisnis bukan berarti bertentangan dengan tujuan dan sasaran perusahaan. Justru, hal ini merupakan suatu proses dimana perusahaan dapat membedakan dirinya dari kompetisi dan nantinya akan tumbuh kreativitas dalam lingkungan kerja yang kolaboratif. Dengan adanya keragaman pendapat, selama tahap pengembangan membantu penggerakkan proses untuk menempuh kreatif bersama maka dapat membantu pembuat konten untuk melihat produk mereka dari berbagai sudut pandang.

  1. Tidak Hanya Junior, Senior Juga Bisa Kreatif

Ide bisnis kreatif bisa muncul dari siapapun, termasuk seorang senior yang berusia senja. Pada kenyataannya, para pemimpin startup pun yang usahanya didukung oleh investor rata-rata berusia 40 tahunan. Meskipun orang muda cenderung memiliki kejeniusan yang lebih abstrak, namun orang tua memiliki lebih banyak pengetahuan berdasarkan pengalaman mereka. Untuk mengembangkan bisnis yang kreatif, Anda bisa mempertimbangkan beragam sudut pandang untuk menghasilkan gagasan asli dan berharga. Jadi jangan ragu untuk berbicara, gunakan saja wawasan Anda untuk mengarah pada fitur yang membedakan produk dari para pesaing.

  1. Bekerja di Ruang Terbuka

Salah satu cara yang sangat ampuh untuk membangkitkan ide bisnis kreatif dan inovatif adalah dengan bekerja di ruangan terbuka atau outdoor. Jika Anda bekerja di ruangan tanpa jendela kecil, langit-langit rendah serta pencahayaan yang redup, maka hal ini akan membatasi pemikiran Anda. Oleh karena itu, carilah tempat terbuka dimana Anda bisa bekerja dengan nyaman dan berkonsentrasi pada gagasan tanpa gangguan apapun. Selain itu, Anda juga bisa memecah hari kerja dengan pergi ke cafe atau dengan duduk di ruang kerja outdoor yang menyenangkan pikiran. Jika memungkinkan, lakukan pembuatan gagasan dengan berjalan sendiri atau bersama anggota tim. Bila perlu, simpan perekam suara saat Anda berjalan. Sehingga, Anda tidak perlu menunggu sampai kembali ke kantor untuk menuliskan semua pemikiran kreatif Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: