Tips

Tips Mudik Hemat, Aman dan Lancar Bagi Anda yang Ingin Minimalkan Pengeluaran

mudik-hemat

Kegiatan mudik atau pulang ke kampung halaman pada saat jelang lebaran memang telah menjadi kebutuhan sebagian besar masyarakat Indonesia. Panjangnya masa libur dan rasa kangen untuk berkumpul bersama keluarga besar di tanah kelahiran menjadikan mudik menjadi sesuatu yang diusahakan agar bisa terlaksana. Namun jauhnya jarak perjalanan yang menyebabkan membengkaknya besaran biaya mudik seringkali menjadi hambatan seseorang untuk pergi mudik. Tapi bagi Anda yang memang ingin mudik ke kampung halaman dengan budget terbatas, jangan berputus asa. Sebab kini ada solusi yang dapat membuat Anda pulang ke kampung halaman dengan pengeluaran yang minimal. Bagaimana caranya, terapkan saja beberapa tips berikut ini.

  1. Pilih Waktu Mudik yang Tepat

Pertama, tips untuk bisa mudik hemat, aman dan lancar dengan minimal pengeluaran adalah dengan memilih waktu mudik yang tepat. Pemilihan waktu mudik memang berpengaruh besar pada besaran biaya mudik yang akan Anda keluarkan. Sebab, semakin dekat waktu mudik Anda dengan lebaran maka biaya mudik Anda pastinya akan semakin membengkak. Untuk itulah guna menghindari membengkaknya biaya perjalanan mudik, Anda harus memilih waktu berangkat mudik di jauh-jauh hari sebelum lebaran. Pastikan Anda memilih waktu mudik sebelum masa musim mudik di mulai. Ini karena saat Anda mudik jauh-jauh hari sebelum masa mudik lebaran maka Anda akan bisa mendapatkan tiket dengan tarif yang masih normal. Tapi jika Anda berangkat pada saat masa mudik lebaran dimulai, maka tiket yang Anda beli biasanya akan naik dan membuat pengeluaran jadi membesar. Bila pun Anda mudik dengan kendaraan pribadi, dengan mudik jauh-jauh hari akan membuat Anda bisa menghemat konsumsi bahan bakar karena jalanan yang tidak macet.

  1. Manfaatkan Program Mudik Gratis

Tips berikut ini bukan hanya akan membuat Anda bisa menghemat pengeluaran mudik, tapi juga akan membuat Anda terbebaskan dari beban biaya apapun. Caranya ikuti saja program mudik gratis yang diselenggarakan beberapa pihak yang mengadakannya, terutama pihak BUMN dan Kementerian. Saat ini beberapa BUMN dan Kementerian memang mengadakan program mudik gratis. Berikut beberapa BUMN dan kementerian yang mengadakan program mudik gratis :

  • PT Pindad (Persero) dengan program mudik gratis Jakarta-Purwokerto pada tanggal 9 Juni 2018 menggunakan bus.
  • PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) juga menyelenggarakan program mudik gratis bagi masyarakat di Indonesia Timur. Program mudik gratis ini dibuka bagi pemudik dengan tujuan ke Ambon, Ternate, dan Bau-bau.
  • Pelindo 1 juga ikut menyemarakkan program mudik gratis untuk 11 rute via jalur darat dengan menyediakan 4750 kursi.
  • Kementerian Perhubungan yang mengadakan program mudik gratis dengan beberapa moda transportasi.
  1. Ikuti Promo Travelling

Bila Anda adalah orang yang tidak asing dengan penggunaan aplikasi online pada smartphone, maka Anda bisa memanfaatkan aplikasi travelling yang ada di Play Store dan App Store untuk mendapatkan promo traveling. Aplikasi traveling seperti Traveloka, Pegi-Pegi dan lainnya memang tak jarang memberikan promo perjalanan untuk para penggunanya, termasuk saat jelang lebaran. Nah dari sinilah Anda yang akrab dengan penggunaan ponsel pintar dapat memanfaatkan promo yang ada pada aplikasi traveling tersebut untuk keperluan perjalanan mudik.

  1. Nebeng atau Ikut Bersama Patungan Rental Mobil

Berikutnya,tips hemat mudik ke kampung halaman adalah dengan cara nebeng atau ikut bersama patungan rental mobil. Jika Anda hanya berangkat sendirian maka hal ini memang akan membuka peluang Anda untuk bisa ikut mudik bareng temen dengan cara nebeng atau patungan bersama. Dengan kedua cara tersebut maka Anda akan bisa lebih menghemat pengeluaran untuk mudik. Bahkan bila Anda bisa nebeng maka Anda bahkan bisa tidak mengeluarkan uang sepeser pun.

  1. Membawa Beli Bekal Konsumsi dari Rumah

Terakhir, tips mudik hemat mudik adalah dengan membawa bekal konsumsi dari rumah. Tak jarang memang besaran pengeluaran dalam perjalanan mudik ini berasal dari Anda yang membeli beberapa konsumsi di luar. Ketika Anda membeli makanan dan minuman dalam perjalanan mudik di luaran maka harganya akan lebih mahal. Tapi bila Anda membawa perbekalan sendiri dari rumah maka pastinya Anda akan bisa menghemat pengeluaran saat dalam perjalanan mudik.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top