Keuangan

Lebaran Takut Dana Jebol? Atasi dengan 4 Cara Ini

antisipasi dana jebol lebaran

Sebentar lagi lebaran akan menyambut kita semua. Saat mendekati lebaran, hampir semua orang berhadapan dengan kebutuhan yang lebih besar dan lebih banyak dari hari-hari sebelumnya. Untuk merayakan lebaran yang lebih berkesan, memang banyak orang harus memenuhi banyak kebutuhan. Dari kebutuhan untuk hari-H hingga kebutuhan sebelum dan setelah hari-H lebaran. Dari banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi pada masa lebaran inilah maka banyak orang yang khawatir dana atau anggarannya jebol karena pengeluaran yang berlebihan. Kekhawatiran ini tentu hal yang wajar. Tapi Anda tak perlu terlalu khawatir karena dengan menerapkan beberapa cara atau tips berikut ini maka dana Anda tidak akan jebol.

  1. Manfaatkan Belanja Promo

Cara atau tips pertama yang bisa Anda terapkan untuk membuat dana tidak jebol untuk kebutuhan lebaran adalah dengan memanfaatkan belanja promo. Saat jelang lebaran memang kita akan bisa mendapati banyak toko atau tempat belanja yang menghadirkan promo. Tidak hanya toko offline, keberadaan toko online juga tidak mau ketinggalan untuk menghadirkan promo. Promo sendiri bisa berbentuk macam-macam seperti diskon, cashback, hadiah hingga gratis ongkir. Nah dari sini Anda yang tidak ingin dana jebol maka harus bisa memanfaatkan belanja promo tersebut. Dengan memanfaatkan belanja promo ini maka Anda tentu akan mendapatkan harga yang lebih murah daripada harga biasanya. Nah dengan demikian maka Anda pun bisa berhemat dalam hal pengeluaran untuk lebaran. Ketika Anda sudah bisa berhemat maka dana jebol pun akan bisa Anda hindari.

  1. Beli Tiket Mudik Jauh-jauh Hari atau Manfaatkan Mudik Gratis

Tidak hanya biaya belanja kebutuhan lebaran saja yang bisa membuat seseorang khawatir anggarannya jebol. Tapi keperluan untuk pulang ke kampung halaman alias mudik juga bisa membuat dana bisa jebol bila tidak bisa mengantisipasinya. Mudik ke kampung halaman yang jauh memang membutuhkan dana yang besar. Sialnya, dana untuk mudik ini bisa membengkak dua atau bahkan sepuluh kali lipat jika sudah mendekati lebaran. Maka dari itu, Anda yang tidak ingin mengalami dana jebol akibat harga tiket mudik yang naik berkali-kali lipat ini harus menghindari pembelian mendekati hari-H. Agar tidak terkena tarif tiket mudik yang mahal dan dapat membuat dana jebol, maka solusinya Anda harus membelinya jauh-jauh hari. Dengan membeli tiket mudik jauh-jauh hari maka Anda akan bisa mendapatkan tiket yang normal. Cara lain yang lebih menguntungkan berkaitan dengan dana tiket mudik ini adalah dengan memanfaatkan mudik gratis yang sering diagendakan oleh beberapa pihak kementrian atau BUMN dan perusahaan swasta.

  1. Berikan Hadiah Pada Orang-orang Penting Saja

Hal yang juga bisa membuat dana jebol saat lebaran adalah pemberian hadiah. Hadiah baik itu berupa parcel, THR atau yang lainnya memang sering menjadi tradisi lebaran. Tapi sayangnya pemberian hadian yang berlebihan dan tak terkontrol dapat membuat dana jebol. Biasanya hal ini terjadi karena seseorang memberikan hadiah ke banyak orang. Tentu saja hal ini membutuhkan anggaran yang lebih besar. Nah solusi untuk hal ini adalah Anda harus membatasi orang-orang yang akan mendapatkan hadiah dari Anda. Utamakan hadiah lebaran ini menjadi prioritas bagi orang-orang yang penting dalam hidup Anda. Sebut saja misalnya keluarga inti atau juga keluarga besar terdekat. Dari pembatasan ini maka Anda akan bisa meminimalisir jebolnya dana atau anggaran.

  1. Liburan Dekat di Dalam Kota

Terakhir, cara untuk mengatasi dan meminimalisir jebolnya dana atau anggaran saat lebaran yakni dengan melakukan liburan di dalam kota. Liburan memang selalu menjadi agenda orang-orang saat lebaran. Nah untuk melakukan liburan ini jelas ada ongkos atau biaya yang harus ditanggung. Sayangnya bila liburan ini Anda lakukan jauh ke luar kota maka biaya atau ongkos yang harus ditanggung pun akan semakin mahal. Dan dari sini maka dana atau anggaran yang Anda miliki bisa saja jebol dengan konsep liburan seperti di atas. Maka untuk mengantisipasi dana yang jebol tersebut maka Anda bisa menjadikan liburan di dalam kota sebagai pilihan. Dengan liburan lebaran di dalam kota saja maka budget atau ongkos yang harus ditanggung memang akan jauh lebih murah dan akan terhindar dari jebolnya anggaran.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top