Bisnis Online

Tips Sukses Berjualan di Marketplace, Terapkan Yuk!

sukses-berjualan-marketplace

Sebagai tempat berjualan online, marketplace saat ini sedang banyak digandrungi para pebisnis. Dengan popularitas yang dimiliki, memang membuat peluang mendapatkan pembeli di marketplace semakin besar. Marketplace sendiri ibarat sebuah pasar atau mall di dunia maya di mana ada banyak pedagang yang berjualan di sana. Dari banyaknya pebisnis lain yang berjualan di marketplace, tentu membuat tingkat persaingan mendapatkan pembeli semakin sengit. Namun bukan pebisnis sejati namanya bila Anda langsung menyerah dengan persaingan. Nah, untuk memenangkan persaingan dan sukses berbisnis di marketplace, maka ada beberapa tips yang bisa Anda jalankan.

  1. Pilih Nama Toko yang Mudah Diingat

Pertama, tips sukses berjualan di marketplace adalah dengan memilih nama toko yang mudah diingat. Dengan memilih nama toko yang mudah diingat maka akan membuat Anda berpeluang untuk terus-menerus didatangi konsumen yang akan membeli produk Anda. Ketika toko Anda di marketplace sering dikunjungi pembeli maka peluang untuk sukses akan semakin terbuka lebar. Begitu banyaknya toko yang ada di marketplace memang membuat pembeli binggung dan akhirnya sulit mengingat namanya. Bila pembeli binggung, tentu hal ini akan membuat toko Anda sulit untuk dikunjungi lagi. Maka dari itu agar toko Anda di marketplace terus mendapat kunjungan dari para pembeli, Anda harus memilih nama yang mudah untuk dilafalkan dan mudah diingat.

  1. Beri Nama Produk dan Deskripsi yang Jelas

Berikutnya, tips untuk Anda dapatkan sukses berjualan di marketplace adalah dengan memberikan nama produk dan juga deskripsi yang jelas. Untuk meminimalisir kekecewaan serta review buruk dari pembeli, maka Anda memang harus memberikan nama dan deskripsi produk yang jelas. Meski Anda harus menuliskan dengan kata-kata yang panjang, hal ini bukanlah sesuatu yang berlebihan. Pasalnya, menuliskan nama dan deskripsi produk yang jelas adalah hal yang penting untuk Anda dan juga pembeli supaya tidak terjadi salah paham. Belanja di marketplace yang termasuk jual-beli online memang membuat pembeli tak bisa melihat serta merasakan langsung barang yang akan dibeli. Nah dari sinilah maka informasi berkaitan dengan nama dan deskripsi produk yang jelas sangat diperlukan.

  1. Tampilkan Foto yang Terbaik

Untuk bisa menarik para pembeli, maka Anda yang berjualan di marketplace harus menampilkan foto terbaik. Seperti yang telah dijelaskan, jualan online memang membuat pembeli tak bisa melihat serta merasakan langsung produk. Nah dari sinilah dibutuhkan gambar atau foto produk yang terbaik, jelas dan menawan agar konsumen tertarik untuk membelinya. Tidak hanya berguna untuk menarik pembeli, dengan foto yang jelas dan terbaik, Anda juga bisa meminimalisir kesalahpahaman dengan pembeli pada produk. Dari sini maka bisnis Anda pun bisa terhindar dari review buruk dari pembeli. Untuk mendapatkan foto terbaik maka Anda harus menggunakan kamera terbaik pula untuk memotret produk Anda. Jangan lupa juga untuk menerapkan teknik fotografi yang baik agar Anda mendapatkan hasil foto yang menawan.

  1. Hadirkan Produk Berkualitas dengan Harga Bersaing

Setiap pembeli pastinya ingin mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang bersaing. Nah sebagai penjual Anda yang ingin bisnis Anda sukses di marketplace harus mengakomodasi hal ini. Namun meski harus menyesuaikan dengan keinginan konsumen, Anda juga tak boleh membanting harga, karena hal ini dapat merugikan usaha Anda. Pastikan saja harga produk yang Anda jual sesuai dengan kualitas dan harga pasaran . Dengan tidak menjual harga yang lebih tinggi dari kualitas dan harga pasar saja, toko Anda akan dilirik konsumen.

  1. Layani Konsumen dengan Sebaik-baiknya

Terakhir, tips sukses berjualan di marketplace adalah dengan melayani konsumen dan pembeli dengan sebaik-baiknya. Meski ada orang yang hanya sekedar bertanya-tanya, bukan berati Anda dapat menyepelekan mereka. Tetap layani saja mereka sepenuh hati, karena bisa jadi mereka akhirnya akan membeli produk Anda. Pelayanan baik terhadap konsumen di marketplace ini sendiri bisa berwujud membalas chat dengan tanggap dan cepat, merespon cepat pesanan pembeli atau juga melayani jika ada kekurangan. Dengan melayani konsumen sebaik-baiknya maka Anda akan bisa berpeluang membuat bisnis Anda di marketplace jadi sukses.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top