Bisnis Online

6 Hal yang Perlu Kamu Cermati Sebelum Berjualan di Marketplace

hal-yang-perlu-dicermati-dari-marketplace

jualan di marketplace/https://www.vexsoluciones.com/

Berjualan atau berbisnis di marketplace sekarang memang menjadi pilihan banyak orang. Dengan semakin besarnya pangsa pasar atau konsumen di marketplace bahkan membuat beberapa pebisnis besar tak mau melewatkan platform digital ini sebagai media pemasarannya. Namun karena persaingan di marketplace ini setiap harinya semakin ketat maka Anda tidak bisa sembarangan ketika akan terjun berbisnis di sini. Nah agar bisnismu di marketplace ini sukses maka perlu kamu perlu mencermati beberapa hal berikut ini.

  1. Traffic Marketplace

Pertama, hal yang perlu kamu cermati sebelum berjualan di marketplace adalah traffic yang ada. Setiap marketplace memang punya traffic yang berbeda-beda. Perbedaan traffic dari marketplace ini sendiri salah satunya disebabkan oleh banyak tidaknya pengguna yang menggunakan aplikasi. Semakin banyak penggunanya biasanya akan membuat traffic marketplace tinggi. Nah dari sini kamu yang ingin sukses berjualan di marketplace tentu harus memilih yang mempunyai traffic tinggi. Karena dari traffic tinggi inilah kamu punya peluang terbuka untuk mendapatkan banyak pembeli serta peningkatan penjualan.

  1. Traffic Toko atau Lapak

Setelah memilih marketplace yang tinggi traffic-nya, hal berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah mendorong traffic ke lapakmu. Ingat di marketplace ini kamu bukanlah satu-satunya penjual. Tapi di sini kamu akan bersaing dengan banyak seller. Untuk itulah tugasmu ketika telah membuka lapak atau toko yaitu mendorong traffic menuju lapak atau toko yang telah kamu buat tersebut. Untuk menarik traffic ke toko ada banyak cara yang bisa dilakukan seperti promosi dengan intens, optimalisasi keyword, menghadirkan promo dan lain sebagainya.

  1. Sistem Fee Marketplace

Untuk mendapatkan profit yang menguntungkan maka kamu perlu memilih marketplace yang menghadirkan sistem fee yang tepat. Pastikan saja saat membuka toko kamu tidak dikenakan biaya. Hal lain yang perlu kamu cemati adalah sistem bagi hasil, biaya ads dan biaya pengiriman serta maketing dalam maketplace tersebut. Pastikan semua berpihak dan menguntungkanmu sebagai seller.

  1. Ads dan Marketing Tools Marketplace

Berikutnya, kamu juga perlu mencermati ads dan marketing tools di sebuah marketplace. Ketika akan melakukan promosi kamu memang akan membutuhkan marketing tools dan juga ads di waktu-waktu tertentu. Nah karena di setiap marketplace ini ada beberapa perbedaan dalam dua hal tersebut, maka pastikan kamu memilih yang terbaik. Jadi pastikan saja kamu memilih marketplace yang punya ads dan tools marketing yang efektif nan efisien.

  1. Peraturan dan Kebijakan Marketplace

Setiap marketplace pastinya punya peraturan dan kebijakan tersendiri yang mengikat setiap penggunanya baik itu seller atau buyer. Nah sebagai penjual, kamu yang terikat dengan aturan yang ada, perlu memahami secara jelas bentuk peraturan dan kebijakan tersebut. Maka dari pastikan kamu memilih marketplace yang memiliki aturan dan kebijakan yang tidak banyak merugikan kamu dan konsumenmu. Salah satu aturan dan kebijakan yang perlu dicermati yaitu mengenai pengembalian produk. Jadi pahami dengan serius aturan dan kebijakan tentang pengembalian produk tersebut.

  1. Pengelolaan di Banyak Marketplace

Terakhir, hal yang perlu dicermati sebelum berjualan di marketplace adalah pengelolaannya. Bila kamu akhirnya memilih beberapa marketplace sebagai tempat berjualan ,maka pastikan untuk bisa mengelolanya dengan baik. Sebab bila kamu tidak bisa mengelola beberapa toko di banyak marketplace, hal ini bisa memunculkan risiko dan masalah besar. Salah satu contoh pengelolaan yang tidak baik dari banyaknya marketplace yang dipilih yaitu human error saat input stok atau harga. Dari satu kesalahan saja bukan tidak mungkin toko dan bisnismu di marketplace akan ditinggalkan konsumen dan akhirnya menghadirkan kegagalan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top