StartUp dan UKM

Trik Khusus Mendisiplinkan Bawahan Yang Sulit Diatur

Tak semua karyawan dapat mengikuti aturan yang anda terapkan. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki karakternya masing – masing. Biarpun begitu dengan waktu adaptasi yang lama harusnya karyawan mulai bisa mengikuti pola kerja perusahaan anda. jika anda terlalu menekan karyawan maka mereka akan meningkatkan stress namun jika anda terlalu longgar dengan aturan maka karyawanpun akan bertindak seenaknya. Berikut beberapa trik yang bisa anda gunakan untuk mendisiplinkan bawahan yang sulit diatur untuk membuat perusahaan anda ke arah yang lebih baik lagi:

Masa Training

Untuk melihat apakah karyawan anda cukup handal atau tidak maka biasanya disediakan training untuk membantu karyawan dalam beradaptasi dengan pola kerja perusahaan. masa training ini memiliki rentan waktu yang berbeda – beda satu dengan lainnya. Ada yang hanya berjarak 3 bulan namun ada pula training yang memakan waktu hingga 1 tahun. Dalam masa training ini anda akan dengan mudah mengenali mana karyawan yang bisa anda ajak kerja sama dan mana yang tidak.

Kontrak Kerja Itu Penting

Untuk membuat karyawan anda tak semena – mena dalam bekerja penting bagi anda untuk membuat kontrak kerja. Kontrak kerja ini akan berisi berapa jumlah pendapatan yang akan diterima oleh karyawan tersebut. anda juga bisa menetapkan beberapa aturan yang ingin dititikberatkan. Adana kontrak kerja juga membantu para karyawan untuk selalu meningkatkan performa kerja agar bisa terus direkrut oleh anda.

Reward dan Punishment

Dalam bekerja tentu ada dimana karyawan anda sangat berjasa atas kemajuan perusahaan yang menaunginya. Untuk kinerjanya yang selalu baik maka penting memberikan reward baik berupa peningkatan gaji, cuti, ataupun voucher kepada mereka sebagai tanda penghargaan. Ketika mereka sudah keterlaluan dalam bertindak ataupun bekerja dengan tidak sungguh – sungguh maka punishment juga bisa jadi langkah untuk memperbaiki sikap mereka. punishment ini bisa berupa pemotongan gaji maupun teguran.

Diskusi Dua Arah Agar Tak Menimbulkan Kesalahpahaman

Diskusi juga dibutuhkan untuk mengatur bawahan yang sulit diatur. Mungkin saja terjadi kesalh pahaman antara anda dengan pegawai anda sehingga ia setengah hati dalam melakukan pekerjaan. Ada pula beberapa karyawan yang memiliki masalah diluar kantor seperti masalah keluarga yang turut membuat pekerjaannya tak kunjung selesai. Jika pegawai anda sedang tidak dalam keadaan stabil karena masalah pribadinya maka tawarkan untuk cuti agar tidak berpengaruh pada pekerjaannya.

Ciptakan Tempat Kerja Yang Asyik Pula Bagi Karyawan

Tempat kerja juga turut mendukung baik atau tidaknya karyawan anda dalam bekerja. Sebagai contoh saja anda bisa melihat tempat kerja Google atau start up lainnya yang cenderung mengedepankan kenyamanan karyawan sehingga mereka lebih inovatif. Tak semua bidang pekerjaan bisa anda adaptasi dari tempat kerja Google sebab ada beberapa divisi yang memang dibuat lebih tertutup seperti divisi keuangan atau perpajakan.Paling tidak anda menyediakan tempat kerja yang nyaman dan aman serta menyediakan beberapa fasilitas seperti tempat beribadatan, UKS maupun cafeteria.

Review dan Refreshing Untuk Menjernihkan Pikiran

Mungkin ada beberapa peraturan perusahaan yang anda tetapkan terlalu sulit untuk diikuti oleh karyawan yang anda miliki. Cobalah untuk mereview aturan tersebut beberapa kali bersama pihak departemen HRD. Sediakan kotak saran atau bentuk departemen kedisiplinan karyawan yang mana bertindak untuk memberikan punishment serta mereview kedisiplinan karyawan anda. Departemen ini tak hanya akan menindaklajuti kedisiplinan bawahan saja namun juga semua pegawai termasuk bagian eksekutif agar adil untuk semua pihak.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top