Bisnis Online

Yuk Intip 6 Cara Jitu Menjual Barang di Situs Online Agar Bisnis Anda Laris Manis!

Jika Anda merupakan seseorang yang suka menjual atau membeli barang lewat internet, tentu Anda tahu bukan apa itu marketplace? Marketplace ini bisa dibilang sebagai pasarnya internet seperti Bukalapak, OLX, Tokopedia dan masih banyak lagi. Apabila Anda menjual barang melalui marketplace, berarti sama halnya dengan membuka toko di pasar atau mall yang ramai dikunjungi banyak orang. Bedanya, Anda tidak perlu membayar sewa tempat karena Anda sebagai calon penjual tidak dipungut biaya sepeser pun saat menjualkan produk-produk di marketplace tersebut. Nah, bagi Anda yang ingin berjualan melalui situs online. Yuk, simak 6 cara jitu menjual barang di situs online agar bisnis yang Anda jalankan laris manis.

  1. Kenali Produk yang Akan Anda Jual di Situs Online

Cara jitu pertama untuk menjual barang di situs online agar bisnis yang dijalankan laris manis adalah mengenali produk yang akan dijual. Hal ini perlu Anda pahami, bahwa setiap marketplace mempunyai karakter dan target yang berbeda-beda. Ada berbagai macam jenis seperti barang grosir, barang retail, barang bekas dan masih banyak lagi. Nah, jika Anda hendak membeli barang tentu tidak ingin salah alamat kan? Bayangkan saat Anda ingin membeli sebuah perlengkapan bayi namun malah membuka toko pasar ikan, tentu saja tidak nyambung bukan? Oleh karena itu, kenali produk Anda terlebih dahulu sebelum menjualkannya di marketplace tersebut. Selain itu, kenali juga apa saja karakteristik serta sistem dan ketentuan yang diterapkan dalam situsnya. Sehingga, produk yang Anda jual terlihat lebih rapi dan menarik perhatian calon pembeli.

  1. Lakukan Riset untuk Mengenali Pesaing dan Calon Pelanggan

Selanjutnya, lakukan riset untuk mengenali pesaing dan calon pelanggan sebelum Anda berjualan di marketplace. Sebab, riset kecil ini sangat penting diperhatikan lho. Jika Anda hendak membuka toko di mall, tentu harus tahu siapa saja toko yang menjual produk serupa bukan? Lalu perhatikan bagaimana cara marketing yang mereka lakukan, apa saja jenis produknya, hingga testimoni para konsumennya. Dari sini, Anda bisa mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan dari toko tersebut. Supaya, Anda bisa mengambil peran dalam mengatasi kekurangannya itu di dalam produk yang Anda jual.

  1. Isilah Informasi Toko Sedetail Mungkin Agar Calon Pelanggan Percaya dengan Toko Anda

Penamaan toko, menjadi hal yang perlu diperhatikan. Kemudian, isi informasi toko dengan sedetail mungkin untuk membuat para calon pembeli menjadi percaya dengan toko Anda. Tidak hanya itu, penamaan toko juga dipercaya dapat menarik perhatian para calon pembeli agar selalu ingat dengan nama toko Anda. Buatlah nama toko yang unik, mudah dieja dan gampang diingat. Lalu, isilah informasi toko untuk memudahkan transaksi serta memupuk kepercayaan pelanggan ataupun pengelola marketplacenya.

  1. Foto Produk Beserta Spesifikasinya

Jika di pasar atau mall, pelanggan bisa langsung melihat dan meraba produk sebelum membelinya. Berbeda dengan membeli di toko online, pelanggan hanya bisa mengandalkan foto serta deskripsi produknya saja. Untuk itu, lakukan keduanya dengan semaksimal mungkin seperti foto produk yang jelas, menarik dan disertai deskripsi yang menjual  namun tidak berlebihan. Dengan cara ini, tentu saja bisa menarik banyak perhatian calon pelanggan untuk membeli produk-produk yang Anda jual.

  1. Tentukan Harga yang Unik Agar Pembeli Semakin Tertarik

Hati-hati, persaingan harga menjadi suatu hal yang tidak bisa dihindari dalam aktivitas jual beli di marketplace. Apalagi, puluhan produk serupa akan muncul saat pelanggan mencari kata kunci produk yang spesifik. Sejak saat itu, harga produk akan menjadi sorotan para calon pembeli. Untuk mengakalinya, Anda bisa memasang harga yang unik dan lebih murah dari harga kompetitor. Contohnya mereka memasang harga produk sebesar Rp. 50.000, maka Anda bisa menjual produk dengan harga sebesar Rp. 49.900. Dengan memasang angka ini, para calon pelanggan bisa terkecoh oleh angka di depannya. Padahal, harganya hanya selisih Rp. 100 perak saja.

  1. Jalin Komunikasi yang Baik dengan Para Pelanggan untuk Membangun Reputasi Toko Anda

Untuk meningkatkan reputasi toko, maka jalinlah komunikasi dua arah yang baik dengan para pelanggan. Karena, pelanggan adalah aset dan sumber pendapatan Anda. Jawab setiap pertanyaan mereka di kolom komentar atau tanya jawab di lapak milik Anda. Hal ini tentu jangan dianggap remeh, sebab interaksi positif bisa menarik para pelanggan untuk membeli produk-produk Anda.

Itulah dia 6 cara jitu menjual barang di situs online agar bisnis Anda laris manis. Bagaimana? Yuk, terapkan cara jitu ini sekarang juga!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top