Lainnya

10 Faktor Penyebab Mahasiswa Gagal Lulus Tepat Waktu

Menjadi mahasiswa yang berprestasi dan lulus tepat waktu adalah dambaan bagi semua orang. Mahasiswa yang berprestasi dan lulus tepat waktu akan dianggap pintar di lingkungannya dan dapat membahagiakan orang tuanya. Namun, terkadang adanya kendala juga membuat impian lulus tepat waktu menjadi terhambat. Kendala-kendala yang sering terjadi di antaranya adalah:

  1. Ikut Organisasi

Saat ini sudah banyak mahasiswa yang lebih mementingkan organisasi dari pada kuliahnya. Bahkan mereka juga lebih aktif di beberapa organisasi yang diikuti dan memilih menyepelekan kuliahnya. Boleh saja ikut organisasi untuk menambah pengalaman di dunia luar kampus, namun anda juga harus pintar membagi waktu. Anda juga harus memikirkan tujuan awal anda masuk kuliah untuk apa?

  1. Kerja Part Time atau Full Time

Kerja sampingan memang menjadi pilihan yang baik untuk menambah uang saku tambahan. Namundibalik itu, banyak diantaranya yang terlalu nyaman dalam bekerja namun ia seakan lupa memiliki kewajiban untuk menyelesaikan kuliahnya. Hal ini dapat membuat mereka lulus tidak tepat waktu.

  1. Terlalu Banyak Cuti

Mungkin banyak alasan mahasiswa memilih cuti kuliah karena hamil, melahirkan, magang, dan lainnya. Namun tanpa disadari, terlalu banyak cuti juga membuat seorang mahasiswa tidak bisa lulus tepat waktu. Saat memutuskan mengambil cuti, pastinya mereka akan tertinggal memprogram mata kuliah dari mahasiswa yang tidak cuti. Oleh karena itu jika anda ingin lulus tepat waktu, anda harus memikirkan hal ini?

  1. Terhambat Masalah dengan Dosen Pembimbing

Dosen pembimbing yang sibuk dan tidak bisa ditemui juga sangat menentukan nasib tugas akhir mahasiwa. Untuk itu, saat anda sudah menginjak semester akhir, ada baiknya anda harus pintar-pintar memilih trik agar masalah dosen pembimbing dapat terselesaikan dan anda lulus tepat waktu.

  1. Terlalu Banyak Bermain-Main

Terkadang banyak mahasiswa yang tidak mengetahui bahwa mereka salah memilih teman. Teman yang buruk akan menjerumuskan seseorang dalam hal-hal yang buruk juga. Seperti halnya terlalu sering mengajak bermain-main, nongkrong sana-sini, menghabiskan uang, dan lainnya. Sehingga mereka melupakan kewajibannya belajar. Hal inilah yang membuat mahasiswa tidak lulus tepat waktu karena waktu mereka dibuat untuk hal yang tidak bermanfaat.

  1. Sakit

Sakit juga termasuk dalam daftar penyebab mahasiswa gagal lulus tepat waktu. Mahasiswa yang sering sakit dan tidak masuk kuliah akan tertinggal oleh mahasiswa yang aktif kuliah. Oleh karena itu, mahasiswa yang sering sakit-sakitan biasanya akan gagal lulus tepat waktu.

  1. Bermasalah dengan Administrasi Keuangan

Biasanya ini terjadi saat menjelang tanggal pembayaran SPP. Mahasiswa yang bermasalah dengan keuangannya seperti telat membayar SPP akan sulit untuk memprogram mata kuliah. Hal inilah yang membuat mereka tertinggal dengan mahasiswa yang tidak memiliki masalah dengan keuangannya.

  1. Salah Menentukan Penelitian Yang Akan Dikerjakan

Terkadang mahasiswa yang sudah menyelesaikan skripsinya hingga setengah jalan namun terhambat kendala pada bab inti, mereka akan sulit untuk lulus tepat waktu. Jika mereka tidak bisa menyelesaikannya, mereka akan cenderung untuk memilih ganti judul penelitian. Sehingga bab yang sudah dikerjakan akan sia-sia. Hal inilah yang membuat mahasiswa gagal lulus tepat waktu.

  1. Terlalu Sering Pacaran

Mungkin sebagian mahasiwa beranggapan bahwa memiliki pacar yang selalu ada sangat menyenangkan. Namun, mereka juga harus tahu bahwa tujuan utama mahasiswa adalah kuliahnya. Jika mereka hanya mementingkan pacarnya saja, bagaimana mereka bisa fokus untuk menyelesaikan kuliahnya.

  1. Menyepelekan Tugas

Menyepelekan tugas adalah hal yang sangat sering dilakukan sebagian besar mahasiswa. Adanya faktor malas yang membuat mereka terkadang menyepelekan tugas yang diberikan dosen. Tugas yang tidak dikerjakan akan membuat nilai IPK turun dan mau tidak mau harus mengulang di semester lain. Hal ini yang membuat mahasiswa gagal lulus tepat waktu.

Itulah 10 faktor penyebab mahasiswa lulus tepat waktu. Jika anda seorang mahasiswa yang sudah berkomitmen sejak awal untuk bisa berprestasi dalam menempuh pendidikan, ada baiknya anda menghindari ke sepuluh penyebab tersebut. Jadilah mahasiswa yang dapat mengatur waktu dengan baik dan  jangan pernah mengecewakan orang tua anda yang sudah membiayai anda untuk berkuliah!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top