Bisnis Online

3 Persiapan dan Teknologi Canggih Grab Untuk Hadapi New Normal

grab-hadapi-new-normal

grab hadapi new normal/https://news.prokal.co/

Masa pandemi Covid-19 memang membuat banyak hal berubah. Dari sini maka kita memang diharuskan untuk siap beradaptasi dengan segala perubahan yang ada. Beberapa pihak memang sudah memperiapkan segala sesuatunya untuk melakukan perubahan demi menyambut era baru New Normal. Dalam New Normal di mana wabah virus corona yang masih belum usai membuat kita memang perlu segera menyesuaikan diri dengan keadaan. Salah satu pihak yang telah mempersiapkan penyesuaian atau adaptasinya terhadap masa New Normal ini adalah Grab. Sebagai salah satu perusahaan atau bisnis dengan pelayanan dibidang transportasi online, Grab memang dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan keadaan yang ada. Terkait hal tersebut, Grab pun kemudian menghadirkan persiapan dan teknologi canggih untuk menghadirkan layanan yang aman di era New Normal.

  1. Teknologi Deklarasi Kesehatan Online dan Mask Selfie

Bentuk persiapan dan teknologi canggih pertama yang dihadirkan Grab untuk era New Normal adalah teknologi deklarasi kesehatan online dan mask selfie. Teknologi ini sendiri merupaka fitur in-app terbaru yang dihadirkan Grab yang nantinya direncanakan akan dimulai pada akhir bulan Juni. Fitur terbaru berupa deklarasi kesehatan dan kebersihan online ini sendiri berwujud keharusan mitra pengemudi Grab untuk memastikan dirinya dan penumpangnya aman dari Covid-19. Tentu untuk memastikannya, pengemudi dan penumpang harus menjalankan protokol kesehatan sebelum hingga selesai berkendara. Tidak hanya dalam mengantarkan penumpang, tapi untuk layanan pengantaran makanan dan barang juga dipastikan keamanannya dari penularan Covid-19. Untuk memastikan pengemudi dan penumpang menjalankan deklarasi tersebut maka akan dihadirkan formulir yang harus diisi sebelum mengantar. Setelah melengkapi formulir deklarasi, mitra pengemudi juga diharuskan menjalankan mask selfie. Mask selfie sendiri yaitu fitur mengharuskan mitra pengemudi untuk mengambil selfie dengan menggunakan masker.

  1. Melengkapi Kendaraan dengan Partisi Plastik dan Peralatan Kebersihan

Berikutnya, teknologi canggih yang dihadirkan Grab untuk menghadapi New Normal adalah melengkapi kendaraan dengan partisi plastik dan peralatan kebersihan. Untuk menghadapi masa pandemi dan New Normal sendiri, Grab telah mendistribusikan lebih dari 250.000 peralatan kebersihan kepada mitra pengemudi di seluruh kawasan Asia Tenggara. Tidak hanya itu pihak Grab juga telah menjalin kerjasama dengan produsen dan distributor guna memudahkan para mitra membeli produk kebersihan dengan harga terjangkau. Untuk mencegah penularan Covid-19 melalui droplet, pihak Grab juga telah membentuk armada GrabCar Protect dan GrabBike Protect yang dilengkapi dengan partisi plastik. Nantinya partisi plastik ini akan menjadi pemisah antara penumpang dan juga driver untuk mencegah penularan Covid-19. Sebagai bagian dari program kebersihan GrabProtect di Indonesia, pihak Grab juga akan mendistribusikan lebih dari 10.000 peralatan kebersihan yang terdiri dari masker wajah, hand sanitizer dan desinfektan kendaraan untuk mitra pengemudi. Grab sendiri mentargetkan partisi platik dan peralatan kebersihan ini untuk diberikan kepada 8.000 kendaraan GrabBike. Terakhir, terkait program kebersihan GrabProtect di Indonesia, Grab juga telah telah mendirikan lebih dari 40 stasiun sanitasi di Indonesia sebagai tempat kendaraan untuk disterilkan dengan disinfektan.

  1. Penumpang dan Mitra Pengemudi Dapat Membatalkan Perjalanan Apabila Persyaratan Masker Tidak Dipenuhi

Terakhir, bentuk persiapan yang dilakukan Grab untuk menghadapi era New Normal ini adalah kewajiban penggunaan masker bagi driver dan penumpang. Bila salah salah satu dari driver atau penumpang tidak menggunakan masker, maka pesanan bisa dibatalkan secara otomatis sebelum perjalanan tanpa adanya denda. Untuk proses pembatalan ini, driver atau penumpang tinggal memilih opsi “pengemudi/penumpang tidak memakai masker (driver/passengers did not wear a mask)” sebagai alasan pembatalan pada aplikasi. Tidak hanya itu, Grab juga telah memperbarui fitur penilaian dan tanggapan untuk pelaporan dari pengguna yang mendapati pengemudi yang terlihat tidak sehat atau tidak menggunakan atau melepas masker saat perjalanan. Nantinya pihak Grab akan melakukan monitor dan menanggapi pelaporan dari pengguna untuk kemudian diambil tindakan yang tepat.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: