Keuangan

4 Alasan yang Membuat E-Wallet Makin Digemari

alasan-menggunakan-e-wallet

e-wallet/https://www.thevocket.com/

Dompet digital atau dompet elektronik (E-wallet) saat ini memang sangat meluas penggunaannya. Dengan pesatnya perkembangan teknologi membuat e-wallet telah bertransformasi menjadi alternatif alat pembayaran yang semakin banyak dipilih. E-wallet sendiri saat ini ada beragam macamnya, dari GoPay, OVO, Dana, Link Aja, Shopee Pay dan lainnya. Pada akhirnya keberadaan e-wallet tersebut memang menjadi fenomena tersendiri di era digital. Tapi mengapa dompet digital atau e-wallet ini sekarang begitu digemari masyarakat? Berikut alasannya.

  1. Banyak Merchant yang Menghadirkannya

Alasan pertama yang membuat e-wallet sekarang makin digemari adalah banyaknya merchant yang menghadirkannya. Saat ini bila Anda pergi ke mall maka akan ada banyak toko yang sudah melayani pembelian atau pembayaran dengan menggunakan dompet digital atau e-wallet. Tentu kehadiran e-wallet di sebuah toko tidak serta merta muncul begitu saja. Tapi hal ini terjadi karena inisiatif dari pihak pemilik toko untuk menghubungi pihak e-wallet untuk bekerjasama dan menghadirkannya di toko. Tidak hanya toko di mall, tapi keberadaan e-wallet ini bahkan sudah banyak di jumpai di bisnis kelas UMKM. Dari sini maka konsumen pun bisa berbelanja kebutuhan sehari-hari atau memesan makanan dari merchant UMKM dengan menggunakan e-wallet. Dari banyaknya merchant atau toko yang menghadirkan e-wallet inilah kemudian membuat publik semakin senang menggunakannya.

  1. Banyak Promo Menarik

Alasan utama dan paling digemari seseorang dari penggunaan e-wallet ini pastinya adalah keberadaan promo. Promo atau reward menarik dari pihak tertentu tersebut memang akan menarik konsumen untuk mencobanya. Apalagi keberadaan promo dari e-wallet yang terbilang cukup menggiurkan di periode waktu tertentu. Dari sini konsumen pun menjadi sangat antusias menggunakannya. Promo yang dihadirkan e-wallet ini sendiri bisa berwujud diskon atau potongan harga, cashback, buy 1 get 1 dan lainnya. Selain bisa menikmati harga miring, keberadaan promo ini jelas bisa menghemat pengeluaran konsumen ketika berbelanja menggunakan e-wallet.

  1. Aman dan Praktis dalam penggunaan

Berikutnya, alasan yang membuat e-wallet semakin digemari adalah aman dan praktis dalam penggunaannya. Seperti diketahui sistem pembayaran e-wallet ini adalah menggunakan uang digital melalui perantara perangkat eletronik tertentu. Karena pembayarannya menggunakan uang digital maka konsumen pun tak perlu lagi membawa uang cash atau fisik ketika akan keluar rumah untuk membeli sesuatu. Sebab dengan hanya membawa smartphone yang dilengkapi jaringan internet, mereka pun sudah bisa melakukan pembayaran dengan e-wallet. Tentu dari sini e-wallet akan menjadi sarana pembayaran yang aman dan praktis dalam penggunaannya.

  1. Keadaan Pandemi

Terakhir, alasan yang membuat e-wallet saat ini makin digemari yaitu adanya pandemi Covid-19. Pandemi atau wabah virus corona yang terjadi hampir di seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia memang kemudian membawa banyak perubahan. Selain perubahan pandangan terhadap kesehatan, pandemi juga menyebabkan munculnya beberapa gaya hidup baru. Salah satu gaya hidup baru yang muncul karena pandemi adalah kebiasaan menggunakan e-wallet. Kebiasaan menggunakan e-wallet di masa pandemi ini memang bukan tanpa alasan. Pasalnya, keberadaan virus corona yang dapat menempel di benda-benda mati, termasuk uang membuat banyak orang jadi khawatir membawa uang cash atau tunai. Sebagai gantinya untuk menghindari penularan virus corona dari uang tunai, banyak orang kemudian menggunakan e-wallet.

Itulah beberapa alasan yang membuat e-wallet atau dompet digital saat ini semakin digemari publik. Tuntutan zaman yang sudah sangat modern memang bisa saja membuat banyak keadaan dan gaya hidup yang berubah. Dan munculnya e-wallet serta pemakaiannya yang semakin populer menjadi salah satu contoh kasus betapa teknologi yang terus mendominasi kehidupan manusia saat ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top