Lainnya

4 Cara Perkuat Koneksi Bisnis Walau Harus Bekerja dari Rumah

memperkuat-koneksi-bisnis-saat-pandemi-covid-19

cara memperkuat konekis bisnis saat pandemi covid-19/https://artikel.rumah123.com/

Koneksi atau relasi bisnis merupakan salah satu hal yang penting bagi seorang pebisnis. Sebab dengan adanya koneksi atau relasi, pebisnis bisa lebih mudah dalam menjalankan usaha dan mencapai target-targetnya. Tapi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini membuat banyak pengusaha menjadi kebingungan dan merasa sulit untuk memperkuat koneksi bisnis. Maklum ketika wabah virus corona ini muncul, membuat kita semua dianjurkan melakukan physical distancing untuk mencegah penularan. Tidak hanya itu, dalam situasi seperti sekarang, membuat kita juga diharuskan untuk di rumah aja serta tidak sering bepergian. Dari keadaan yang seperti itu lalu bagaimana caranya agar kita sebagai pebisnis tetap dapat memperkuat koneksi walau harus bekerja di rumah saat wabah virus corona? Berikut penjelasannya.

  1. Jalin Kontak Secara Online

Cara pertama untuk bisa memperkuat koneksi bisnis walau harus bekerja di rumah karena Covid-19 adalah dengan menjalin kontak secara online. Ketika physical distancing ini begitu penting untuk senantiasa dijalankan, maka Anda bisa jadi tidak bisa lagi bertemu dengan para relasi bisnis secara langsung. Untungnya saat ini ada teknologi daring atau online yeng memudahkan siapapun untuk berkomunikasi. Nah ketika bisnis Anda memang harus dijalankan dari rumah, maka dengan teknologi tersebut Anda akan masih bisa tehubung untuk melakukan komunkasi jarak jauh. Entah itu chat, telepon atau video, semua bentuk komunikasi tersebut akan bisa membantu Anda menjalin kontak dengan para relasi atau rekan bisnis.

  1. Seringlah untuk Menyapa dan Berkomunikasi

Berikutnya, cara untuk memperkuat koneksi bisnis saat pandemi Covid-19 yang membuat kita harus berada di rumah adalah dengan sering menyapa dan berkomunikasi. Intensitas Anda untuk menyapa dan berkomunikasi dengan relasi memang sangat penting untuk memperkuat koneksi. Sebab bila Anda tidak sering menghubungi relasi bisa saja mereka kemudian melupakan Anda. Apalagi di saat wabah virus corona yang membuat pertemuan secara langsung sulit dilakukan, maka komunikasi via online menjadi hal yang patut terus dilakukan. Melakukan komunikasi yang intens ini bukan berarti Anda harus terus-menerus menelepon relasi. Bentuk komunikasi ini juga tak melulu harus menelepon, tapi Anda juga bisa menyapa lewat media sosial atau sekedar hanya melakukan mention pada relasi.

  1. Bekerjasamalah untuk Sebuah Project Khusus

Dalam situasi wabah virus corona ini memang membuat banyak kalangan, termasuk pebisnis menjadi sulit untuk melakukan aktivitasnya. Namun bila kita mau kreatif mencari celah, maka kita bisa saja menemukan sebuah project untuk dikerjakan. Project ini bisa berupa kegiatan bisnis atau juga hal lain seperti berdonasi untuk mendukung pencegahan Covid-19 atau juga donasi untuk pemberian bantuan untuk masyarakat yang terdampak. Tentu kegiatan pemberian donasi ini bukan sesuatu yang sia-sia. Sebab dengan melakukan kegiatan donasi ini maka sebenarnya Anda juga sedang melakukan agenda marketing dengan membawa nama perusahaan. Bila kegiatan donasi ini dirasa terlalu berat, cobalah untuk menjalin kerjasama dengan rekan atau koneksi bisnis Anda. Tentu melihat positifnya kegiatan project donasi ini, relasi bisnis Anda akan tertarik untuk berpartisipasi.

  1. Jalankan Diversifikasi Jaringan

Terakhir, cara untuk bisa memperkuat koneksi bisnis walau harus menjalankan pekerjaan di rumah secara work from home adalah dengan melakukan diversifikasi jaringan. Anda memang tidak boleh berdiam diri saja ketika berada di rumah. Selain menyelesaikan beberapa pekerjaan kantor, saat berada di rumah, Anda juga perlu memperkuat koneksi dengan cara melakukan diversifikasi jaringan. Melakukan diversifikasi jaringan ini maksudnya adalah melakukan pemberagaman jaringan atau koneksi. Karena Anda tidak bisa keluar rumah, maka Anda bisa melakukan pemberagaman jaringan relasi ini lewat media online. Jadi cobalah berinteraksi dengan beberapa orang yang seprofesi atau sepeminatan yang sama. Beberapa media online yang tepat untuk Anda mencari teman seprofesi untuk meningkatkan koneksi bisnis antara lain LinkedIn, dan forum-forum yang sesuai dengan peminatan bisnis Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa memperkuat koneksi bisnis walau harus bekerja dari rumah karena pandemi Covid-19. Dengan beberapa cara yang Anda lakukan di atas maka bisnis pun akan tetap mendapatkan dukungan dari relasi atau rekan bisnis untuk bisa bertahan dalam situasi ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top