Keuangan

4 Hal di Akhir Tahun yang Perlu Anda Waspadai Karena Dapat Membuat Kantong Jebol

liburan-akhir-tahun

pengeluaran akhir tahun/https://www.cnbc.com/

Akhir tahun selalu menjadi momen yang banyak dinanti oleh sebagian besar masyarakat. Akhir tahun yang bersamaan waktunya dengan libur sekolah dan kantor, membuat momen tersebut semakin banyak dinantikan. Dengan berbagai rencana dan agenda di libur panjang akhir tahun membuat banyak orang terkadang tak sadar dengan keadaan finansialnya. Tentu dengan berbagai agenda yang ada, momen akhir tahun atau pergantian tahun ini seringkali membuat kita boros. Nah untuk menghindari kantong jebol akibat sifat boros yang muncul di akhir tahun, kita harus mengetahui hal-hal yang dapat menghadirkan keadaan tersebut. Nah berikut ini adalah hal-hal yang dapat membuat kantong jebol di akhir tahun yang perlu diwaspadai.

  1. Liburan

Hal pertama yang dapat membuat kantong jebol di akhir tahun untuk diwaspadai adalah liburan. Saat momen pergantian tahun memang banyak orang yang kemudian mengagendakan untuk liburan. Apalagi bila momen akhir tahun ini bersamaan dengan libur sekolah anak, maka hasrat untuk berlibur pun biasanya akan semakin besar. Kegiatan berlibur memang tidak ada yang menyalahkan. Bahkan baik dilakukan bila Anda membutuhkannya. Tapi berlibur di akhir tahun atau di masa high atau peak season seperti ini membuat Anda perlu menyiapkan dana yang cukup besar. Dari sinilah kemudian banyak keluarga yang kemudian mendapati kantong jebol setelah menjalankan liburan akhir tahun. Untuk solusinya bila Anda memang ingin mengagendakan liburan akhir tahun, cobalah menabung jauh-jauh hari. Bila memang anggaran liburan yang dimiliki terbatas, cobalah mencari tempat liburan yang murah meriah yang tidak menguras kantong terlalu banyak.

  1. Gelaran Diskon

Di momen akhir tahun biasanya banyak toko yang menggelar promo. Dari sinilah kemudian banyak orang yang kemudian menjadi kalap untuk berbelanja demi mengejar promo. Membeli barang promo ini terkadang memang bisa mendatangkan keuntungan karena bisa menghemat pengeluaran. Tapi bila Anda menjadi kalap dengan promo yang ada dengan kemudian berbelanja berbagai produk, tentu hal ini bisa memunculkan sifat boros. Jika sifat boros tersebut sudah muncul maka dompet Anda pun akan bisa jebol dibuatnya. Jadi agar keuangan tetap sehat diakhir tahun, Anda harus bisa menahan diri pada godaan diskon yang ada. Anda harus tetap memiliki prinsip bahwa membeli yang dibutuhkan adalah hal yang harus diprioritaskan dari pada membeli barang yang tidak diperlukan meski sedang promo.

  1. Pesta Akhir Tahun

Meski tidak pergi berlibur ke luar kota, biasanya di akhir tahun banyak orang yang kemudian menggelar pesta. Melakukan pesta akhir tahun ini memang bisa saja membuat kantong Anda jebol. Sebab dengan banyak hal yang harus dibeli dan dipersiapkan, maka pesta akhir tahun juga dapat membuat keuangan kita menjadi tidak sehat karena banyak terkuras. Dari sinilah Anda yang ingin mendapati keuangan sehat di momen pergantian tahun ini juga perlu mengantisipasi pesta-pesta akhir tahun yang akan dilakukan. Pastikan Anda merencanakan pesta akhir tahun ini yang sesuai budget. Jangan sampai membeli banyak produk hanya dengan tujuan untuk bersenang-senang atau menyemarakkan akhir tahun. Anda harus berpikir bahwa selepas akhir tahun ini ada tahun baru yang perlu dihadapi dengan serius.

  1. Belanja Hal Tidak Perlu

Terakhir, hal di akhir tahun yang perlu diwaspadai untuk mengantisipasi kantong jebol adalah belanja hal-hal yang tidak perlu. Saat akhir tahun yang bersamaan dengan masa liburan, tak jarang memang banyak orang yang kemudian menjadi boros. Sifat boros dengan membeli banyak hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan ini muncul karena tidak adanya aktivitas yang dilakukan. Bila seseorang tidak menjalankan kegiatan atau aktivitas karena libur panjang memang membuat mereka memikirkan untuk membeli atau melakukan sesuatu yang belum dijalankan. Dari sinilah kemudian mereka pun membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Itulah beberapa hal di akhir tahun yang perlu untuk diantisipasi agar keuangan atau kantong tidak jebol. Ingat sekali lagi bahwa akhir tahun bukanlah akhir dari segalanya. Sebab setelah akhir tahun, Anda akan berhadapan dengan awal tahun yang juga perlu dihadapi secara serius dan penuh kesungguhan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top