Keuangan

Harus Menunda Liburan Akhir Tahun karena Pandemi? Manfaatkan Dana Liburan Akhir Tahun dengan Cara Ini

alokasi-dana-liburan

alokasi dana liburan/https://projectlifemastery.com/

Dunia termasuk Indonesia yang masih belum aman dari wabah virus corona membuat banyak rencana yang harus gagal dan ditunda. Salah satu rencana pada bulan ini yang bisa jadi akan banyak ditunda oleh masyarakat adalah liburan akhir tahun. Dengan masih tingginya tingkat penularan Covid-19 di Indonesia maka merencanakan liburan akhir tahun memang dirasa sangat berisiko. Nah buat kamu yang memang harus menunda liburan akhir tahun, jangan khawatir, kamu bisa menggunakan atau memanfaatkan dana liburan yang ada untuk beberapa hal yang lebih bermanfaat. Berikut caranya.

  1. Simpan Untuk Liburan yang Lebih Baik

Cara pertama membuat dana liburan akhir tahun yang tertunda agar bermanfaat adalah dengan menyimpannya untuk liburan yang lebih baik. Liburan memang tak hanya bisa dilakukan hari ini saja, tapi di waktu lain kamu masih bisa berkesempatan melakukannya. Bahkan bila kamu mau bersabar, bukan tidak mungkin liburan di waktu setelah pandemi akan lebih seru dan berkesan. Bila melihat kondisi sekarang, bukan tidak mungkin kamu tidak leluasa menjalankn liburan karena berbagai macam aturan protokol kesehatan. Nah nanti setelah pandemi usai, kamu akan lebih leluasa hingga liburan pun terasa lebih menyenangkan. Maka dari itu untuk sekarang simpan saja dana liburan yang ada. Bila ada tambahan dana, kamu nantinya akan bisa menjalankan yang lebih seru lagi. Pilihan lain selain menyimpan adalah menginvestasikan dana liburan dengan risiko rendah agar uangmu lebih berkembang.

  1. Penuhi Dana Darurat

Masa depan yang merupakan misteri memang membuat siapa pun seharusnya memiliki dana darurat yang mencukupi. Dengan adanya dana darurat ini kamu akan bisa lebih tenang dalam menjalankan kehidupan di depan. Mengingat dana darurat cukup penting untuk dipenuhi maka kamu bisa menggunakan anggaran liburan yang tertunda tadi untuk sektor ini. Apalagi mengingat dampak pandemi yang begitu besar, maka keberadaan dana darurat saat ini sangat-sangatlah penting dan selayaknya ditambah. Untuk memenuhi dana darurat sendiri kamu bisa membuat rekening tabungan sendiri atau juga menyimpannya dalam bentuk asuransi atau juga dalam wujud investasi jangka menengah.

  1. Self-reward

Berikutnya, cara memanfaatkan dana liburan yang tertunda akibat pandemi Covid-19 adalah melakukan self-reward. Self-reward atau memberi penghargaan pada diri sendiri atas usaha dan kerja keras yang telah kamu lakukan selama ini memang penting dilakukan sesekali waktu. Beberapa wujud self-reward yang bisa kamu lakukan adalah membeli dan membaca buku, menonton film, makan-makanan favorit dan lainnya. Tentu beberapa hal tadi membutuhkan biaya tersendiri. Nah dari sini kamu bisa menggunakan dana liburan tadi untuk self-reward dengan tetap mengontrol pengeluaran.

  1. Berbagi Kebahagiaan

Terakhir, cara untuk bisa memanfaatkan dana liburan yang tertunda adalah dengan berbagi kebahagiaan. Seperti kita tahu bahwa di masa pandemi seperti sekarang banyak sekali orang yang terdampak. Dari sinilah maka kita sebenarnya punya kesempatan besar untuk berbagi. Ketika kamu bisa berbagi maka kamu akan mendapatkan nilai atau kebahagiaan yang mungkin belum pernah kamu dapatkan selama ini. Kamu tak perlu khawatir dengan harus menyisihkan uang dari dana liburan, sebab kepedulianmu dengan cara berbagi pada oranglain yang membutuhkan akan membuatmu mendapatkan rezeki yang lebih besar.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa memanfaatkan dana liburan yang tertunda agar lebih bermanfaat. Dengan cara-cara di atas maka kamu akan bisa tetap merasakan sesuatu yang bernilai meski tidak bisa menjalankan liburan akhir tahun yang memang berisiko.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top