Tips

4 Tips Sukses Jalankan Bisnis Kuliner di Era New Normal, Coba Saja!

bisnis-kuliner-new-normal

bisnis kuliner era new normal/https://www.pikiran-rakyat.com/

Di era New Normal yang sebentar lagi kita jalankan bersama-sama, membuat siapa pun yang ingin sukses harus bisa memiliki strategi khusus. Masa New Normal ini memang berbeda dengan kondisi sebelum-sebelumnya, walau banyak dari sektor kehidupan yang sudah mulai bergerak. Era New Normal yang berwujud tatanan kehidupan baru ini memang harus dijalankan oleh masyarakat dengan panduan protokol kesehatan seperti rajin mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan lainnya karena wabah virus corona yang belum selesai. Dari sini kamu yang menjalankan bisnis kuliner, tentu juga perlu menjalankan strategi tersendiri agar bisa meraih hasil maksimal di era New Normal. Nah, berikut ini ada beberapa tips sukses yang bisa kamu terapkan ketika menjalankan bisnis kuliner di era New Normal.

  1. Manfaatkan Media Online atau Daring

Tips pertama jalankan bisnis kuliner di era New Normal adalah memanfaatkan media online atau daring. Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa pada era New Normal di mana pandemi masih berlangsung, membuat masyarakat masih ragu untuk keluar rumah. Dari sinilah maka tren berbelanja online, termasuk kuliner online diprediksi akan tetap tinggi peminatnya di masa New Normal. Maka dari itu supaya Anda bisa suskes menjalankan bisnis kuliner di era New Normal, pastikan Anda juga memaksimalkan media online. Media online untuk berjualan sendiri saat ini banyak pilihannya. Selain memanfaatkan website atau media sosial, kamu juga bisa menjual dan mempromosikan produk kulinermu di beberapa marketplace atau juga pada beberapa aplikasi pesan makanan online seperti GoFood, GrabFood dan lainnya. Dengan menjalankan tips ini maka kamu akan membuka peluang besar untuk bisa menarik banyak konsumen.

  1. Perhatikan Kualitas

Bisnis kuliner memang akan selalu terkait dengan cita rasa, tidak peduli kapan pun itu terjadi. Meski kamu merasa keuangan tidak stabil atau bahkan goyah karena dampak dari pandemi, kamu tetap tidak boleh menurunkan kualitas menu atau produk. Sebab, bila kamu melakukannya, bukan tidak mungkin konsumen akan pergi meninggalkanmu. Dalam dunia kuliner, kualitas rasa memang menjadi perhatian utama dari konsumen. Dari kualitas rasa ini pula lah, sebuah bisnis kuliner dapat memiliki pelanggan tetap atau setia. Nah ketika kualitas rasa ini kamu turunkan saja dengan dalih keuangan yang belum stabil karena pandemi, hal ini bisa berakibat fatal. Alangkah baiknya bila memang terdesak dengan keadaan keuangan, kamu bisa memilih solusi menaikkan harga. Sebab tidak sedikit pelanggan yang pastinya mengerti dengan keadaan bila kemudian kamu menaikkan harga dari pada menurunkan kualitas rasa. Tapi untuk menaikkan harga ini kamu harus berhati-hati dengan terlebih dulu menjalankan riset.

  1. Miliki Ciri Khas Sendiri

Berikutnya, tips sukses jalankan bisnis kuliner di era New Normal adalah dengan memiliki ciri khas tersendiri. Bisnis kuliner pastinya punya tingkat persaingan yang tinggi. Karena tingginya persaingan dibidang kuliner inilah maka kamu perlu menciptakan kekhasan sendiri dalam bisnis agar terlihat berbeda dengan kompetitor. Kekhasan dalam segala sesuatu, termasuk bisnis memang dapat menghadirkan kesan tersendiri. Nah dengan kesan yang dihadirkan inilah membuat sebuah bisnis memiliki nilai tersendiri di mata konsumen. Ciri khas dari bisnis ini tidak harus kamu tampilkan dari produk saja, tapi kamu juga bisa menghadirkan ciri khas bisnis ini dari layanan atau dari hal lainnya. Semakin khas karakteristik bisnis yang kamu hadirkan maka akan semakin besar peluangmu untuk menarik konsumen datang. Dan dengan menghadirkan kekhasan pada bisnis kuliner di era New Normal, maka kamu pun akan bisa sukses memperoleh omset besar.

  1. Rajin Lakukan Inovasi

Terakhir, tips sukses jalankan bisnis kuliner di era New Normal adalah dengan rajin melakukan inovasi. Dunia bisnis memang sangat dinamis dan bisa berubah-ubah mengikutiperkembangan zaman. Contoh dari perubahan dibidang bisnis ini bisa kita lihat sekarang ketika munculnya pandemi Covid-19 dan era New Normal. Pada saat pandemi berlangsung dan New Normal muncul, kita memang kemudian disuguhi banyak perubahan diberbagai lini kehidupan. Nah dari sinilah kita memang harus melakukan inovasi ketika zaman menuntut untuk berubah. Inovasi yang kamu lahirkan nantinya bisa menjadi terobosan yang mampu membuat bisnismu kembali berkibar ditengah pandemi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: