Keuangan

5 Cara Berhemat Saat Perekonomian Lesu Akibat Wabah Virus Corona

berhemat-saat-pandemi-virus-corona

berhemat saat pandemi virus corona/https://www.housers.com/

Pandemi Covid-19 memang telah merontokkan perekonomian. Bahkan bila keadaan ini terus terjadi, beberapa pakar memprediksi Indonesia akan kembali mengalami krisis ekonomi. Di saat situasi sulit seperti ini, maka kita dituntut untuk bisa melakukan penghematan. Penghematan ini dilakukan sebagai antisipasi keadaan yang memang semakin memperlemah perekonomian. Meski Anda punya banyak uang, di tengah wabah viris corona, tentu tidak etis bila kemudian Anda menghambur-hamburkan uang. Sebab, di luar sana ada banyak orang yang kekurangan dan lebih membutuhkan uluran tangan. Tapi bagaimana cara untuk bisa berhemat ketika perekonomian lesu akibat wabah virus corona? Berikut ulasannya.

  1. Hindari Membeli Barang yang Tidak Dibutuhkan

Cara berhemat pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari pembelian barang-barang yang tidak perlu. Cobalah menahan dulu untuk tidak membeli barang-barang yang diinginkan. Alih-alih membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, Anda lebih baik fokus untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Ini penting karena di masa pandemi seperti sekarang bukan tidak mungkin bahan-bahan keperluan sehari-hari ini bisa menjadi langka karena pembelian yang massif. Karena juga Anda tidak dianjurkan sering-sering keluar rumah, maka selayaknya pemenuhan kebutuhan yang penting perlu dikedepankan dibanding pemenuhan keinginan.

  1. Jangan Berlebihan dalam Makan dan Minum

Anda yang selama ini suka berkuliner, maka cobalah di masa pandemi ini untuk mulai menguranginya. Kita memang tidak ada yang pernah tahu sampai kapan pandemi ini berakhir. Maka dari itu untuk mengatasi dampak perekonomian yang terus merosot akibat dampak virus corona, lebih baik kamu harus mulai bisa mengurangi kegiatan kuliner yang biasa dijalankan. Berkuliner dengan menu makanan dan minuman yang terbilang mahal memang bisa membuat uang cepat habis. Mungkin saat ini Anda masih memegang banyak uang, tapi cobalah untuk bijak melihat ke depan dan mengerti bahwa pandemi ini cukup mengkhawatirkan. Bila Anda memang punya dana lebih, akan lebih baik mengalihkan dana kuliner tersebut untuk membantu orang-orang yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi.

  1. Hematlah untuk Tagihan Bulanan

Berikutnya, cara untuk berhemat di saat perekonomian lesu akbibat pandemi Covid-19 adalah dengan tidak boros dalam tagihan bulanan. Anda yang memiliki tagihan bulanan yang cukup besar harus mulai berpikir untuk menghemat. Jangan sampai di masa pandemi yang membuat perekonomian lesu ini Anda malah membuat tagihan bulanan membengkak. Walau harus terus berada di rumah karena work from home dan anjuran pemerintah, Anda harus bisa memastikan bagaimana tagihan listrik, air, internet dan lainnya ini tetap terkontrol.  

  1. Hindari Menyimpan Bahan Makanan yang Tidak Tahan Lama

Anda yang sedang mempersiapkan segala kebutuhan untuk masa karantina di rumah, tak perlu berlebihan membeli barang. Apalagi untuk bahan-bahan pangan, maka pastikan tidak terlalu banyak membeli kebutuhan yang tidak bisa disimpan dalam waktu lama. Sebab bila Anda membeli bahan-bahan yang tidak tahan lama, maka hal tersebut akan membuat pemborosan karena kemungkinan tidak akan bisa dikonsumsi saat expired atau kadaluarsa. Jadi pastikan saat berbelanja untuk persediaan makanan atau minuman untuk mencermati tingkat keawetannya agar pembelian Anda tidak sia-sia.

  1. Berhematlah dalam Belanja Online

Terakhir, cara berhemat saat perekonomian lesu akibat pandemi Covid-19 adalah dengan berhemat dalam belanja online. Walaupun pemerintah menganjurkan untuk belanja online guna mencegah penyebaran virus corona di luar rumah, Anda tetap harus bijak. Sebab bila Anda tidak bisa mengontrol pembelian Anda dalam belanja online, hal ini bisa membuat keuangan goyah. Anda harus mengerti bahwa keadaan pandemi ini tidak stabil dan sewaktu-waktu bisa memicu perubahan yang drastis. Dari sinilah maka selayaknya kamu bisa mengerem pembelian online pada barang-barang yang tidak penting yang bisa memicu pemborosan. Meski ada banyak promo yang dihadirkan, cobalah mulai sekarang lebih bijak dan memahami kondisi yang tidak menentu ini.

Demikianlah beberapa cara penghematan yang bisa Anda terapkan di saat perekonomian lesu akibat pandemi virus corona. Tentu beberapa cara di atas sangat mungkin kurang nyaman untuk Anda. Tapi demi kepentingan di masa depan, maka kita harus bisa menelan pil pahit ini agar kita bisa merasakan khasiat dari apa yang kita lakukan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top