Keuangan

Cara Agar Tetap Hemat Saat Pandemi Mengharuskan Diri Berada di Rumah

hemat-saat-pandemi

hemat saat pandemi/https://www.barrons.com/

Masa pandemi yang belum berakhir membuat kegiatan di rumah masih lebih banyak mendominasi. Walau kegiatan perekonomian sudah banyak dibuka karena pemberlakukan New Normal, namun wabah virus corona yang masih mengancam memang menjadikan kegiatan di rumah harus diutamakan. Tapi berdiam diri di rumah selama seharian dan terus-menerus ini ternyata dapat membuat kejenuhan. Selain kejenuhan, ternyata secara tidak sadar kita menjadi lebih boros pada pengeluaran? Kok bisa? Hal ini terjadi karena kita harus mengeluarkan beberapa biaya untuk bisa mengurangi atau mengusir rasa jenuh tersebut. Untuk itulah kita seharusnya tetap bisa berhemat ketika harus berada di rumah saat masa pandemi. Tapi bagaimana caranya untuk bisa berhemat? Berikut penjelasannya.

  1. Masak

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk bisa berhemat saat harus tetap berada di rumah adalah dengan memasak. Ketika teknologi pesan makanan saat ini begitu memanjakan, memang tak sedikit orang yang terbujuk untuk menggunakannya. Namun ketika memesan makanan secara online, mereka harus mengeluarkan biaya yang terbilang besar. Nah bila hal ini terjadi setiap hari, kamu harus membayangkan berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membeli makanan secara delivery tersebut. Maka dari itu seharusnya kamu tidak boleh selalu mengandalkan pembelian makanan secara online bila ingin berhemat. Solusinya, cobalah untuk masak makanan sendiri di rumah. Dengan memasak menu makanan sendiri, kamu akan bisa menghemat banyak uang untuk di simpan di masa pandemi ini.

  1. Olahraga

Apa hubungannya olahraga dengan berhemat? Tentu saja ada. Bila kamu hanya berdiam diri di rumah tanpa ada kegiatan maka kamu akan selalu disibukkan dengan pembelian berbagai hal untuk mengusir rasa jenuh. Tapi bila kamu berolahraga maka waktu yang ada akan bisa digunakan untuk sesuatu yang tidak boros. Kegiatan berolahraga di masa pandemi ini memang akan membuatmu bisa menghemat uang karena kamu harus melakukannya di rumah saja. Menariknya lagi dengan berolahraga kamu tidak hanya bisa berhemat, tapi juga bisa menjaga kesehatan diri.

  1. Kurangi Penggunaan Listrik yang Tidak Perlu

Hal yang juga sering membuat boros ketika berdiam diri di rumah adalah penggunaan listrik yang berlebihan. Sering berdiam diri di rumah memang dapat membuat penggunaan listrik meningkat. Tapi sebagai orang yang bijak, kamu harus bisa membatasi diri untuk tidak terlalu berlebihan dalam penggunaannya. Untuk mengantisipasi penggunaan listrik yang berlebihan tersebut kamu perlu membatasi penggunaan barang-barang elektronik terutama yang memiliki daya besar seperti Air Conditioner. Usahakan untuk tidak terus-menerus menggunakan barang eletronik yang memiliki daya besar tersebut sepanjang waktu. Selain itu penggunaan lampu juga perlu kamu cermati. Jangan sampai ada lampu yang terus menyala walau sudah siang hari.

  1. Batasi Waktu Nonton Film

Terakhir, cara untuk tetap berhemat saat harus berada di rumah saat pandemi adalah dengan membatasi waktu nonton film. Nonton film memang telah menjadi kegiatan yang banyak dilakukan banyak orang saat harus sering berada di rumah. Namun kamu perlu tahu bahwa untuk menonton film ini kamu harus bersiap dengan tagihan bulanan listrik dan internet yang tinggi. Fakta di lapangan memang sudah banyak yang membuktikan bahwa aktivitas menonton film di rumah kala masa pandemi ini membuat tagihan listrik meningkat tajam. Maka dari itu agar kamu bisa menghemat pengeluaran ketika berada di rumah saja, pastikan untuk membatasi waktu menonton film.

Demikianlah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa berhemat ketika harus selalu berada di rumah kala pandemi yang berlum berakhir. Tentu apa-apa yang kamu lakukan ini merupakan sesuatu yang bijak karena pemborosan merupakan sebuah sikap yang tidak etis walaupun sebenarnya kita punya uang banyak. Alangkah lebih baiknya lagi kalau kita menyisihkan uang yang ada untuk membantu orang-orang yang terdampak ekonominya akibat pandemi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: